bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

Cara Cepat Untuk Uji Reliabilitas dengan Excel

Uji Reliabilitas dengan Excel
Uji Reliabilitas dengan Excel - Dalam penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitas pengumpulan data akan ditentukan oleh kualitas instrumen yang digunakan. Instrumen penelitian dikatakan berkualitas dan baik jika sudah terbukti validitas serta reliabilitasnya.


Dan dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana cara melakukan uji reliabilitas dengan menggunakan Excel? Bagaimana cara menghitungnya? Bagaimana rumus uji reliabilitas di Excel? Nah sebelum lanjut ke praktiknya kita pahami dulu apa itu uji reliabilitas.

Apa Itu Uji Reliabilitas?

Menurut Sukadji, uji reliabilitas adalah seberapa besar derajat tes mengukur secara konsisten sasaran yang diukur. Reliabilitas dinyatakan dalam bentuk angka, biasanya sebagai koefisien. Koefisien yang tinggi berarti reliabilitas yang tinggi.

Cara Uji Reliabilitas dengan Excel

Reliabilitas merupakan derajat ketetapan suatu instrumen dengan mengukur apa yang harus diukur. Ada 3 cara dalam melakukan uji reliabilitas yaitu tes tunggal (single test), tes ulang (test retest), dan tes ekuivalen (alternate test). Dan tutorial di bawah ini akan menjelaskan cara uji reliabilitas dengan tes tunggal.

1. Pertama-tama kamu harus menyiapkan data yang diperlukan. Kemudian dari data tersebut pisahkan jawaban responden menjadi dua bagian yaitu yang bernomor ganjil dan bernomor genap.
Uji Reliabilitas dengan Excel
Jadi semisal kamu punya 10 item maka item ganjil akan terdiri dari 1, 3, 5, 7 dan 9 sedangkan untuk item genap ada nomor 2, 4, 6, 8 dan 10. Lebih jelasnya lihat pada gambar di atas. Biru adalah ganjil dan merah adalah genap.

2. Buatlah jumlah skor dari masing-masing responden untuk item nomor ganjil dan item nomor genap seperti pada gambar di bawah dengan menggunakan fungsi SUM.
Uji Reliabilitas dengan Excel
3. Setelah langkah nomor 1 dan 2 kamu lakukan, maka di sebelah kanan tabel data buatlah tempat untuk mengisi nilai r hitung, df, t tabel, α (taraf signifikan) dan r tabel untuk mempermudah proses menghitung dengan Excel nantinya.
Uji Reliabilitas dengan Excel
4. Terlebih dahulu cari nilai r hitung dengan menggunakan fungsi CORREL pada Excel. Caranya adalah dengan mengetikkan rumus di bawah ini di sebelah kanan r hitung.

=CORREL(L3:L22;M3:M22)

Dimana:
  1. L3:L22 merupakan range data dari hasil jumlah item nomor ganjil tiap responden.
  2. M3:M22 merupakan range data dari hasil jumlah item nomor genap tiap responden.
Uji Reliabilitas dengan Excel
5. Lanjut dengan mencari nilai dari t tabel dengan menggunakan fungsi TINV pada Excel. Caranya adalah klik cell sebelah kanan t tabel dan masukkan rumus di bawah ini:

=TINV(Q7;Q5)

Dimana:
  1. Q7 merupakan taraf signifikansi yang bernilai 0,05.
  2. Q5 merupakan derajat kebebasan atau degree of freedom yang bernilai 18. Nilai df didapatkan dari jumlah responden - jumlah variabel/parameter yang digunakan.
Uji Reliabilitas dengan Excel
6. Berikutnya adalah mencari nilai dari r tabel. Secara matematis rumus untuk r tabel adalah sebagai berikut:

$r_{tabel}=\frac{t_{tabel}}{\sqrt{df+(t_{tabel})^2}}$

Namun karena di sini kita menggunakan Excel maka rumus yang digunakan untuk mencari r tabel adalah sebagai berikut:

=Q6/SQRT(Q5+(Q6)^2)

Dimana:
  1. Q6 merupakan letak cell t tabel, dan
  2. Q5 merupakan letak cell df atau derajat kebebasan (degree of freedom).
Uji Reliabilitas dengan Excel
Berdasarkan data di atas kita memperoleh nilai r hitung (0,55) > r tabel (0,44). Karena r hitung lebih besar dari r tabel maka variabel yang digunakan tersebut reliabel.

Itulah tutorial mengenai bagaimana cara cepat untuk uji reliabilitas dengan excel, rumus uji reliabilitas lengkap dengan contoh uji reliabilitas. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa.
Posting Komentar

Posting Komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.