bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Rumus Lightroom Urbex (Urban Exploration)

Foto dengan teks Rumus Lightroom Urbex dan ikon lightroom serta background foto dari selebgram Kang Taeri
Rumus Lightroom Urbex - Kesempatan kali ini saya akan membagikan dan memandu anda untuk menerapkan efek urban exploration atau yang biasa disingkat urbex pada sebuah foto terbaik kamu dengan menggunakan aplikasi Lightroom Mobile pada perangkat android.


Rumus Lightroom Urbex ini memang sangat populer dikalangan pengguna media sosial terutama Instagram baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan warna hitam sebagai komponen utamanya dipadu dengan warna orange dan coklat menghasilkan paduan warna yang memikat mata.

Penggunaan rumus lightroom urbex ini sangat cocok diterapkan pada foto yang berlatar tempat di luar ruangan, bangunan tua, jalanan beraspal dan foto-foto yang memiliki warna sekunder seperti jingga dan kuning.

Sama seperti rumus lightroom aqua dark, rumus lightroom urbex memiliki unsur warna yang dominan gelap. Pada rumus lightroom aqua dark mengubah warna langit jadi warna teal, namun di rumus lightroom urbex warna langit yang biru justru dimatikan.

Berikut di bawah ini adalah foto sebelum dan sesudah diterapkan efek urbex menggunakan lightroom mobile di android.
Foto sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) menerapkan rumus lightroom urbex.
Suka dengan efeknya? Jika suka kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini untuk menerapkannya ke foto kesayangan kamu.

Cara edit Foto dengan Rumus Lightroom Urbex

Seperti biasa saya tekankan lagi bahwa tiap foto memiliki warna dasar yang berbeda-beda. Jadi silakan pilih foto yang tepat untuk diterapkan rumus lightroom urbex.

Cahaya (Light)

Pertama-tama masuk ke menu Cahaya (Light). Karena saya menggunakan foto dengan kecerahan yang sedang maka untuk mengatur Pencahayaan (Exposure) maka saya buat menjadi lebih gelap.

Jadi apabila kamu memiliki gambar dengan kecerahan yang rendah, silakan naikkan angka Pencahayaan (Exposure) atau lebih baik sesuaikan saja dengan gambar yang kamu miliki.

Untuk menu Cahaya (Light) kamu bisa mengikuti pengaturan yang ada pada gambar dan tabel di bawah ini:
Menu Cahaya (Light) yang ada Lightroom Mobile
Pencahayaan -0,20EV
Kontras 50
Highlight -23
Bayangan 46
Rona Putih -80
Hitam 60

Masih di menu Cahaya (Light) buka Kurva (Curve), pilih warna Putih dan atur pola garisnya seperti pada gambar di bawah ini:
Pengaturan Kurva (Curve) pada Lightroom Mobile di Android

Warna (Color)

Pada menu Warna (Color) kita hanya akan mengubah Vibrance dan Kejenuhan. Sisanya kita biarkan saja secara default seperti Temperature dan Corak. Untuk pengaturannya bisa kamu ikuti sesuai pada gambar dan tabel berikut:
Tampilan menu Warna (Color) dari rumus lightroom urbex di Lightroom Mobile Android
Temp 0
Corak 0
Vibrance 50
Kejenuhan -10

Campuran Warna (Color Mix)

Berbeda dengan rumus lightroom sebelumnya yang hanya mengatur warna tertentu saja, di tutorial kali ini saya membuatnya aktif untuk delapan warna yang tersedia. Silakan ikuti deretan warna campuran yang ada di bawah ini (klik gambar untuk zoom):
Deretan warna campuran dari delapan warna di Lightroom Mobile Android
Warna Rona Kejenuhan Lumians
Merah -14 50 14
Orange -10 -23 26
Kuning -99 -30 26
Hijau 0 -100 0
Biru Muda 0 -100 0
Biru 0 -100 0
Ungu 0 -100 0
Merah Jambu 0 -100 0

Efek (Effect)

Dalam menu Efek (Efect), kita cuma mengatur bagian Kejernihan, Efek Kabut dan Vignette. Untuk pengaturannya kamu bisa mengikuti nilai-nilai yang ada pada gambar dan tabel berikut:
Pengaturan menu efek untuk rumus lightroom urbex di lightroom mobile android
Kejernihan 60
Efek Kabut 20
Vignette -10

Masih di Menu Efek (Effect), pada bagian atas klik Split Tone dan atur Highlight dan Bayangan seperti bada gambar dan tabel di bawah ini:
Pengaturan nilai split tone rumus lightroom urbex di lightroom mobile android
Tone H S
Highlight 219 27
Bayangan 219 22

Detail

Terakhir adalah Menu Detail. Pada bagian ini kita akan sedikit melakukan modifikasi. Untuk lebih jelasnya simak gambar dan tabel di bawah ini:
Pengaturan menu detail untuk rumus lightroom urbex di lightroom mobile android
Menajamkan 20
Radius 1,00
Detail 25
Pengurangan Noise 35

Agar efeknya terlihat kebih maksimal, silakan atur sesuai dengan karakteristik foto yang sedang kamu edit menggunakan Lightroom Mobile. Dan diperlukan juga akan pemahaman terhadap tools-tools yang ada di Lightroom.

Nah jika foto atau gambar yang kamu edit tidak sesuai dengan hasil yang saya tunjukkan di atas, mungkin saja warna dasar fotomu berbeda. Maka dari itu sesuaikan dengan karakteristik foto yang kamu miliki.

Jika ada yang perlu ditanyakan silakan tanyakan di kolom komentar. Demikianlah yang saya bagikan tentang rumus lightroom urbex untuk lightroom mobile di android. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

1 komentar

  1. Bagi kamu yang mau file DNG untuk rumus lightroom urbex, kirim emailnya di komentar.

    BalasHapus
Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.