bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

Rumus Lightroom iPhone Camera

Rumus Lightroom iPhone
Rumus Lightroom iPhone - Sudah lama tidak update lagi di blog ini, baru sekarang punya kesempatan untuk menulis artikel tutorial di blog ini. Seperti biasa, pastinya saya akan selalu mendokumentasikan hasil pembuatan Preset Lightroom di blog.

Sesuai judul, Preset Lightroom atau Rumus Lightroom yang akan saya bagikan dalam artikel ini adalah Preset Lightroom iPhone dengan efek foto yang mirip dengan atau mendekati hasil foto kamera ponsel iPhone. Preset Lightroom ini cocok diterapkan pada foto oudtoor dan selfie.
Preset Lightroom iPhone
Efek yang dihasilkan oleh Rumus Lightroom iPhone ini berfokus pada pencerahan skin tone ke warm (hangat) dan agak pinky (cocok untuk cewek). Kemudian diikuti warna hijau daun yang lebih kalem dengan kontras rendah dan tidak terlalu mencolok. Selain itu bagian shadow (bayangan) juga dicerahkan.

Preset Lightroom iPhone Camera

Untuk settingan Rumus Lightroom iPhone, silakan ikuti detail yang sudah saya sediakan di bawah ini. Sebagai langkah awal jalan kan aplikasi Lightroom pada Android maupun yang di desktop kalau lagi pakai PC. Jangan lupa pilih foto yang akan diedit.

1. Menu Cahaya (Light)

Silakan kamu masuk ke menu cahaya (light) lalu atur exposure, contrast, highlights, shadows, whites dan blacks sesuai dengan nilai pada gambar dan tabel di bawah ini.
Lightroom iPhone
Exposure 0.00EV
Contrast -37
Highlights -100
Shadows 56
Whites -80
Blacks 14

Kurva (Curve)

Masih di dalam Menu Cahaya (Light), di bagian atas klik tombol Curve untuk mengatur kurva pencahayaan. Setelah itu ikuti model kurvanya seperti pada hasil screenshot di bawah ini. Ingat, atur warna putih saja, jangan atur warna yang lain.
Rumus LR iPhone

2. Menu Warna (Color)

Masuk ke menu warna (color) lalu ikuti settingan temp, tint, vibrance dan saturation seperti pada gambar dan tabel di bawah ini.
Preset Lightroom iPhone
Temp 8
Tint -4
Vibrance 18
Saturation -10

Campuran Warna (Color Mix)

Masih di dalam Menu Warna (Color), pada bagian atas klik lingkaran warna-warni dengan tulisan Mix. Kemudian atur tone warna satu per satu sesuai dengan tabel di bawah ini.
Color Hue Saturation Luminance
Red -30 -12 60
Orange -10 14 44
Yellow -14 -20 0
Green 0 36 14
Aqua 100 0 0
Blue -12 20 0
Purple 66 67 0
Pink 26 0 0

3. Menu Efek (Effects)

Untuk pengaturan dalam Menu Efek (Effects) di aplikasi Lightroom, silakan ikuti gambar dan tabel yang tersedia di bawah ini.
Efek iPhone Lightroom

4. Menu Detail (Detail)

Selanjutnya adalah masuk ke Menu Detail. Di sini yang akan disetting adalah sharpening (radius dan detail), noise reduction dan color noise reduction (detail dan smoothness). Ikuti tabel di bawah untuk mendapatkan hasil efek yang lebih baik.
Preset iPhone
Settingan Value
Sharpening 6
Radius 1.00
Detail 25
Noise Reduction 26
Detail 50
Color Noise Reduction 17
Detail 55
Smoothness 61

Oke cukup itu saja tutorial Preset Lightroom iPhone Camera yang saya bagikan, semoga bermanfaat. Jika ada yang perlu ditanyakan sampaikan langsung di kolom komentar. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.
Posting Komentar

Posting Komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.