bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Rumus Excel Penjumlahan Antar Kolom, Baris, Tabel dan Sheet

Rumus Excel Penjumlahan Antar Kolom
Rumus Excel Penjumlahan Antar Kolom - Kesempatan kali ini kita akan membahas cara untuk melakukan penjumlahan antar kolom, baris, tabel sampai sheet yang berbeda dengan menggunakan rumus-rumus atau formula yang tersedia di Microsoft Excel.


Melakukan operasi penjumlahan merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai semua orang yang belajar agar bisa mahir menggunakan Microsoft Excel.

Secara umum untuk melakukan operasi aritmatika berupa penjumlahan kamu bisa menggunakan tanda tambah (+) untuk menjumlahkan beberapa nilai yang ada di Microsoft Excel.

Sebagai contoh kamu ingin menjumlahkan angka 10, 30 dan 50 maka rumus untuk melakukan penjumlahan dari ketiga angka tersebut adalah:
= 10 + 30 + 50
Nah apabila ketiga nilai tersebut masing-masing terletak di sel A1, A2 dan A3 maka untuk penulisan rumus jumlahnya adalah sebagai berikut:
= A1 + A2 + A3
Menjumlahkan data atau nilai yang banyak dengan cara satu per satu tentu saja efisien dan melelahkan. Maka dari itu selain menggunakan tanda tambah (+) kamu juga bisa menggunakan rumus atau fungsi SUM.

Semisal kamu ingin menjumlahkan nilai dari A1 sampai A200 dalam sekali eksekusi tanpa harus mengetik satu per satu A1 sampai A200 maka dengan menggunakan fungsi SUM rumusnya adalah sebagai berikut:
=SUM(A1:A200)
Adapun cara lain untuk menjumlahkan nilai dan langsung menampilkannya di samping atau di bawah sebuah range data menggunakan tombol shortcut Alt + =.

Misalnya kamu ingin menjumlahkan data A1 sampai A3 maka letakkan kursor dan klik sel A4 kemudian tekan tombol Alt + = lalu Enter. Setelah itu secara otomatis hasil penjumlahan data A1 sampai A3 akan muncul di sel sebelahnya yaitu A4.

Itulah tiga cara paling dasar untuk melakukan operasi penjumlahan data atau nilai di Microsoft Excel. Sesuai dengan judul, kita akan membahas contoh penjumlahan antar kolom, baris, tabel dan sheet yang berbeda.

Rumus Excel Penjumlahan Antar Baris

Pertama-tama perhatikan dan buatlah contoh data tabel seperti di bawah ini:
Untuk menghitung jumlah total skor semua grup untuk sesi 1, maka kamu bisa menerapkan cara penggunaan tanda tambah (+) dan meletakkan hasilnya di sel B9.
= B5 + B6 + B7 + B8
Rumus Excel Penjumlahan Antar Baris
Namun cara di atas kurang efektif jika ingin menjumlahlan data dalam jumlah yang besar karena harus dimasukkan satu per satu. Maka dari itu kita akan menggunakan alternatif lain yaitu fungsi SUM.
=SUM(B5:B8)
Rumus Excel Penjumlahan Antar Baris
Adapun cara yang lebih cepat adalah menggunakan tombol shortcut Alt + = pada sel B9 tanpa harus capek memblok sel dan mengetik.

Rumus Excel Penjumlahan Antar Kolom

Penjumlahan antar kolom adalah penjumlahan data atau nilai yang berada pada satu baris namun berbeda kolom contohnya adalah mengisi kolom Total Semua Sesi Tiap Grup pada tabel sebelumnya. Caranya kurang lebih sama dengan penjumlahan antar baris.

Jika kamu ingin menggunakan operator tambah, maka rumus excel penjumlahan antar kolom untuk mengisi sel E5 adalah sebagai berikut:
= B5 + C5 + D5
Rumus Excel Penjumlahan Antar Kolom
Seperti yang saya katakan, penulisan rumus excelnya sama seperti sebelumnya. Cuma yang membedakan adalah referensi tiap sel yang dijumlahkan.

Selanjutnya adalah menggunakan fungsi SUM. Jika ingin menggunakan fungsi SUM untuk melakukan operasi penjumlahan maka rumus excel yang bisa kamu gunakan mengisi sel E5 adalah sebagai berikut.
=SUM(B5:D5)
Rumus Excel Penjumlahan Antar Kolom
Menjumlahkan data menggunakan fungsi SUM merupakan metode yang paling sering digunakan semua pengguna Microsoft Excel.

Rumus Excel Penjumlahan Antar Tabel dan Sheet

Misalnya di bawah ini kita membuat 3 buah sheet pada Microsoft Excel. Masing-masing sheet diisi sebuah tabel dengan data yang berbeda.
Tabel Sheet 1
Sheet 1 berisi skor dari sesi 1-3.
Tabel Sheet 2
Sheet 2 berisi skor dari sesi 4-6.
Tabel Sheet 3
Dan sheet 3 berisi tabel total skor perolehan.

Cara penjumlahan data antara sheet yang berbeda sebenarnya relatif sama dengan rumus-rumus excel penjumlahan yang kita bahas sebelumnya.

Hanya saja penulisan referensi sel atau range datanya ditambahkan nama sheet dan tanda seru (!) sebelum alamat sel atau range yang akan dijumlahkan.

Untuk penjumlahan berbeda sheet dan tabel, kamu bisa menggunakan rumus penjumlahan excel yang ada di bawah ini:
=SUM(Sheet1!E5;Sheet2!E5)
Rumus Excel Penjumlahan Antar Sheet
Sampai di sini saja pembahasan mengenai rumus excel penjumlahan antar kolom, baris, tabel dan sheet. Jika ada yang belum paham silakan bertanya. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

Posting Komentar