bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

Dasar - Dasar Cara Menulis Rumus di Microsoft Word

Cara Membuat Rumus di Word
Tahupost.Net - Sebelumnya saya pernah membagikan cara menulis rumus matematika di blog menggunakan LaTex beberapa bulan yang lalu. Dan kini saya akan membagikan cara membuat rumus di word atau membuat persamaan matematika di Microsoft Word untuk pemula.


Pada postingan hari ini saya akan menunjukkan dan memandu teman-teman sekalian bagaimana cara membuat rumus di word dengan mudah untuk pemula. Postingan ini mencakup cara membuat, mengedit dan mengubah posisi rumus di Microsoft Word.

Untuk menyisipkan rumus atau persamaan matematika di Microsoft Word yang perlu diketahui adalah bahwa rumus yang akan dipakai semuanya ada dalam menu Equation di Tab Insert. Bagi yang pernah menggunakan Photomath pasti membuat notasi rumus di word lebih gampang karena terbiasa.

Tanpa banyak basa-basi berikut di bawah ini adalah tutorial untuk membuat rumus di Microsoft Word. Silakan simak uraiannya.

Cara Membuat Rumus di Word

Dalam membuat rumus di Microsoft Word akan saya kelompokkan dalam 5 bagian antara lain adalah:

1. Cara Membuat Pecahan atau Per

Yang pertama adalah bagaimana cara membuat pecahan atau per di Microsoft Word. Untuk membuat pecahan atau per di Microsoft Word, yang pertama dilakukan adalah membuka Tab Insert lalu mengklik Equation yang ada di ujung paling kanan.
Cara Membuat Rumus di Word
Setelah mengklik Equation, silakan cari di sebelah kiri dan klik Fraction. Pilih dan klik jenis pecahan yang kamu inginkan kemudian hasilnya akan muncul di lembar kerja. Klik masing-masing kotak untuk mengisi angkanya.

2. Cara Membuat Perpangkatan atau Kuadrat

Yang kedua adalah bagaimana cara membuat angka berpangkat di Microsoft Word. Sama seperti sebelumnya, buka Tab Insert lalu klik Equation yang ada di sisi paling kanan tab Insert.
Cara Membuat Rumus di Word
Kemudian di sebelah kiri klik Script dan pilih serta klik tipe perpangkatan yang tersedia. Setelah itu jenis perpangkatan yang kamu pilih akan muncul di lembar kerja. Silakan klik masing-masing kotak untuk mengisi angka yang kamu inginkan.

3. Cara Membuat Akar dengan Radical

Sama seperti dua bagian sebelumnya, masuk Tab Insert dan klik Equation. Selanjutnya adalah mengklik Radical yang ada dalam grup Structures.
Cara Membuat Rumus di Word
Pilih dan klik salah satu tipe akar yang ingin kamu gunakan. Setelah itu format bilangan akarnya akan muncul di lembar kerja. Silakan isi angka apa saja dengan mengklik tiap kotak yang tersedia.

4. Cara Mengedit Rumus yang Sudah Ada

Cara mengedit dan mengganti rumus yang memang sudah tersedia sangatlah mudah. Yang cukup kamu lakukan adalah seperti mengedit teks biasa. Klik angka yang ingin diganti lalu hapus dan isi lagi dengan angka yang kamu mau.
Cara Membuat Rumus di Word
Silakan perhatikan gambar di atas untuk lebih jelasnya.

5. Cara Mengatur Posisi Rumus

Untuk mengatur posisi rumus yang telah kamu buat, klik tanda panah ke bawah yang ada di sebelah kiri rumus. Kemudian klik Justification dan pilih Left untuk kiri, Right untuk kanan atau Centered untuk Tengah. Lebih jelasnya lihat gambar berikut:
Cara Membuat Rumus di Word
Demikianlah yang bisa saya bagikan mengenai bagaimana cara membuat rumus di word dengan mudah untuk pemula. Jika ada yang ingin ditanyakan sampaikan di kolom komentar. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa.
Posting Komentar

Posting Komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.