bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Menulis Rumus Matematika di Blog Menggunakan LaTeX

Cara Menulis Rumus Matematika di Blog - Cara Membuat Rumus Matematika di Blog
Menulis dan Membuat Rumus Matematika di Blog - Menulis sebuah rumus matematika adalah salah satu kendala yang dialami bloger ketika membuat blog dengan niche pendidikan. Terkadang kita harus menulis rumusnya di Ms Word kemudian discreenshot dan diupload pada blog. Oleh karena itu seringkali hasilnya tidak menarik karena dalam gentuk gambar.

Apa itu LaTeX?

Sebelum memulai tutorial ini alangkah baiknya bagi yang belum tahu, kenal terlebih dahulu apa itu LaTeX. LaTeX adalah sistem penyusunan huruf teknis berkualitas tinggi. Sebagian besar matematikawan dan banyak orang lainnya menggunakan LaTeX untuk menyusun jurnal, soal ujian, buku fisika, komputer, dan masih banyak lagi.

Cara Menulis Rumus Matematika Menggunakan LaTeX

Selanjutnya dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menampilkan notasi dan rumus matematika dengan baik pada sebuah blog menggunakan tools yang bernama LaTeX. Tampilan rumusnya sama seperti yang ada pada Ms Word. Namun bedanya Anda harus mengetik beberapa kode LaTeX di antara dua tanda dollar () yang kemudian akan dirender oleh browser.

Sebelum bisa memulai praktik kode LaTeX-nya, Anda harus memasang atau menginstal script MathJax ini sebelum </body> atau bisa saja bagian paling bawah artikel Anda:

<script type="text/x-mathjax-config">
MathJax.Hub.Config({
  tex2jax: {inlineMath: [['$','$'], ['\\(','\\)']]}
});
</script>
<script async="" src="https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/mathjax/2.7.1/MathJax.js?config=TeX-MML-AM_CHTML" type="text/javascript">
</script>

Penulisan kodenya cukup sederhana. Hanya mengetikkan beberapa kode di antara dua tanda dollar () untuk bisa menampilkan notasi dan rumus dalam matematika. Berikut di bawah ini adalah beberapa kode LaTeX paling dasar yang sering digunakan:

KodeHasil Render
\sqrt{16}$\sqrt{16}$
10^{-9}$10^{-9}$
V_{in}$V_{in}$
\frac{1}{2}$\frac{1}{2}$
\int {f(x) dx}$\int {f(x) \, dx}$

Cukup sudah untuk kode dasarnya. Untuk versi yang lebih lengkap dan rumit Anda bisa membuka laman Help:Displaying a formula pada WikiPedia. Dengan beberapa kode dasar LaTeX di atas, Anda sudah bisa dengan mudah menggabungkan kode di atas membentuk sebuah notasi seperti ini:

$\int {\frac{2x^2+3}{\sqrt{3x^2-9x+6}}} \, dx$

Maka hasil dari rendering kode LaTeX di atas adalah seperti di bawah ini:

$\int {\frac{2x^2+3}{\sqrt{3x^2-9x+6}}} \, dx$

Nah bagaimana? Mudah bukan? Dengan mengikuti tutorial ini dan mempelajari perintah LaTeX dalam pustaka MathJax, Anda bisa dengan mudah menulis notasi dan rumus matematika yang lebih tertata dan estetik. Jika mengalami kesulitan, silakan sampaikan di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

Posting Komentar