bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Mudah Mendaftar dan Mengirim Artikel Blog di VivaLog

Mengirim Artikel di VivaLog
Banyak dari Kita yang mungkin ingin sekali artikel dari blognya bisa muncul dan ditampilkan pada situs VIVA.co.id. Yang mau tahu bagaimana tips atau cara agar artikel blog Anda bisa muncul VIVA, silakan simak uraian dibawah ini.


Tentang Situs VIVA.co.id

VIVA adalah sebuah situs portal berita atau daring yang dikelola oleh PT. Viva Media Baru. Situs portal berita dan daring ini diluncurkan pada tahun 2008. Jadi VIVA tidak jauh beda dengan situs berita lainnya seperti Detik, Kompas dan Liputan 6.

Mengapa Harus Mengirim Artikel ke VIVA?

VIVA memiliki fitur VivaLog yang memungkinkan Anda untuk bisa mengirim artikel di VIVA. Situs ini sendiri memiliki pengunjung aktif setiap hari sampai angka ribuan, jadi dengan mengirim artikel di VIVA dipastikan blog Anda bisa mendapatkan banyak pengunjung. Ini merupakan salah satu alasan mengapa banyak sekali blogger yang ingin artikelnya bisa tampil di VIVA.
Link Dofollow VIVA
Masih ingat tentang SEO Off Page Link Dofollow dan Nofollow? Siapa yang tak mau dapat Backlink Dofollow? Dari VIVA Anda bisa mendapatkan backlink Dofollow yang gratis dan berkualitas. Link Dofollow menandakan bahwa mereka percaya pada blog Anda. Maka dari itu bisa berdampak baik pada kesehatan blog Anda.

Pengalaman Saya Mengirim Artikel di VIVA

Selama ini Saya mengirim dan mengajukan 6 artikel ke VivaLog. Dari 6 artikel tersebut hanya ada 2 saja yang berhasil lolos dan tampil di VIVA. Ternyata agar artikel kita diterima oleh pihak VIVA sangat sulit. Bayangkan 6 artikel yang diajukan hanya 2 yang diterima dan kesemuanya adalah artikel terbaik Saya akhir ini.

Kedua artikel yang diterima itu adalah "Masih Polos. Inilah Foto Masa Kecil Dari 5 Artis Cantik Asal Thailand" dan "Apa yang Bisa Kita Harapkan dari Media Sosial di Tahun 2020?". Setelah saya perhatikan lebih lanjut dua artikel ini memang berbeda dari keempat artikel lainnya.

Kedua artikel ini memang artikel yang murni hasil pemikiran Saya sendiri dan cuma ada satu di dunia. Sedangkan 4 artikel lainnya merupakan artikel rewrite walaupun tidak terdeteksi plagiat dan sudah banyak blog lain yang membahasnya.

Syarat yang Harus Dipenuhi

Berdasarkan pengalaman Saya pada poin sebelumnya dapat disimpulkan bahwa originalitas dan keunikan konten merupakan hal wajib yang harus dipenuhi ketika ingin mengirim artikel di VivaLog. Jadi sebelum benar-benar ingin mengirim artikel di VivaLog jangan lupakan hal ini.

Cara Mendaftar di VIVA

Apabila ingin mendaftar silakan klik link ini. Di halaman pendaftaran, ada 3 metode yang disarankan untuk Anda gunakan mendaftar. Diantaranya adalah dengan akun Facebook, akun Google dan daftar langsung. Disini Saya menggunakan metode pendaftaran langsung.
Mendaftar di VIVA
Silakan cek pesan yang masuk ke e-mail Anda dan klik link verifikasi yang telah diberikan tim VIVA. Setelah mengklik link verifikasi, Anda akan diarahkan ke halaman login. Masukkan e-mail yang Anda gunakan mendaftar sebelumnya beserta kata sandinya.

Cara Mengirim Artikel di VivaLog

Sebelum memulai bagian ini, Saya sarankan Anda untuk menggunakan PC atau jika tidak punya gunakan Chrome pada ponsel dan aktifkan mode tampilan desktop. Mengapa harus pakai PC atau browser mode desktop? Karena tombol "Kirim Blog" tidak akan tampil di ponsel.
Tampilan Profile VIVA
Pada deretan menu yang ada di bagian header VIVA, cari dan klik "V-LOG" atau langsung saja klik link ini. Dengan demikian akan muncul tampilan VivaLog kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini.
Beranda VivaLog
Di kolom atau sidebar sebelah kanan, klik "Kirim Blog" yang ada dalam kotak warna ungu. Sebelum itu jangan lupa untuk memasang widget Iframe VIVA di dalam artikel Anda sebagai related post. Tim VIVA sendiri lebih memprioritaskan blog yang memasang widget tersebut.
Melengkapi Formulir
Setelah klik "Kirim Blog", Anda akan diwajibkan untuk mengisi semua isian yang dibutuhkan tanpa terkecuali. Isian tersebut diantaranya:
  1. Judul. Adalah judul artikel blog yang ingin anda ajukan.
  2. Kategori. Semacam label pada Blogspot yang relevan dengan artikel. Jika tidak ada yang sesuai, pilih Lainnya.
  3. Isi Blog. Adalah deskripsi artikel yang ingin Anda ajukan. Copy paste saja sebanyak 3 paragraf. Buat juga deskripsi yang membuat orang lain penasaran.
  4. URL Blog. Merupakan URL artikel dari blog Anda.
  5. File. Pilih gambar yang ingin Anda jadikan thumbnail. Kalian harus menyesuaikan gambarnya dengan perbandingan dimensi 16:9 dan ukuran maksimal 1MB. Usahakan buat gambar seunik mungkin dan gambar itu diambil dari artikel yang dikirim.
  6. Keterangan File. Keterangan gambar yang sudah Anda unggah.
Setelah semua isian selesai, baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan VivaLog. Silakan centang setuju pada syarat dan ketentuan, lewati Captcha dan terakhir klik tombol "Kirim Blog".

Jika tim VIVA menyetujui artikel dari blog Anda, maka dalam beberapa jam kemudian artikelnya akan muncul di beranda VivaLog. Apabila sudah lebih sehari dan belum muncul, harap bersabar Anda tidak beruntung. Jangan putus asa, tetap buat artikel yang unik dan orsinil. Semoga beruntung!
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten memasak dan kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

8 komentar

  1. Apa manfaat kita mendaftar di vivalog ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pertama adalah kita mendapatkan pengunjung tambahan dari VIVA.

      Kedua adalah bagus untuk otoritas blog kita karena mendapatkan backlink dofollow. Backlink dofollow ini yang paling banyak diburu orang. Jarang banget situs sebesar VIVA bisa ngasih backlink dofollow ke kita. Quora aja ngasih kita nofollow.

      Ada lagi satu fitur dari VIVA yaitu V-Story. Nah ini kita dapat duit Rp. 2 setiap satu kunjungan. Bayangkan 1k kunjungan kita sudah mendapatkan 2 rupiah. Tapi ini belum Saya coba karena fokus Saya itu untuk mendapatkan backlink difollow yang berkualitas.

      Hapus
  2. Kereen banget ya bisa tembus di VIVA, ga gampang looh, dan banyak bgt blogger yg kepingin bisa eksis tpi susah... Klo sy mah masih dlm tahap belajar nulis aja 😁 thks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya ialah artikel yang akan dikirim itu berlum pernah ada yang bahas.

      Happy blogging 😊

      Hapus
  3. Nais info gan. Perlu dicoba nih nulis di VIVA, moga aja lolos dan bisa jadi BL ke blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan bang. Lagian backlinknya jenis dofollow..

      Hapus
  4. Apakah artikel blog harus relevan dengan viva?
    Ngepost berita juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak juga, asalkan jangan artikel download aplikasi, template dll. Kalau mau diterima silakan kirim artikel yang belum pernah dibahas alias unik dan itu cuma anda yang buat di dunia ini..

      Hapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!