bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Memahami Link Dofollow Dan Nofollow, Perbedaannya Serta Cara Membuatnya

Link Dofollow Dan Nofollow
Tahupost.Net - Berbicara tentang SEO pasti sesekali kita akan membahas SEO off page dan SEO on page. Dari SEO off page kita akan mengandalkan link dari luar. Ada beberapa istilah link yang kita ketahui berdasarkan arahnya. Jenis link tersebut terdiri dari internal link, eksternal link, dan backlink.

Nilai dari atribut rel yakni dofollow dan nofollow adalah salah satu unsur terpenting dari link (tag anchor) untuk keperluan SEO. Dalam SEO on page dan SEO off page, penerapan link harus dilakukan dengan baik. Apakah link tersebut termasuk dofollow atau nofollow?


Membuat link dofollow dan nofollow

Semua penulisan tag anchor (<a>) secara default termasuk jenis link dofollow. Alasannya karena tag anchor tanpa memasukkan atribut rel akan bernilai mutlak dofollow.

Jadi untuk membuat link dofollow, anda tak perlu repot lagi untuk menambahkan rel="dofollow". Hal ini tentu berbeda jika anda ingin membuat link nofollow. Untuk membuat link nofollow anda harus menambahkan atribut rel="nofollow".

<a href="https://www.tahupost.net">Contoh link dofollow</a>

<a href="https://www.tahupost.net" rel="nofollow">Contoh link nofollow</a>

Tentu keberadaan link dofollow dan nofollow ada pengaruhnya. Karena hal ini menyangkut tentang fungsi robot perayap dari mesin pencari.

Link DoFollow

Secara etimologi, dofollow terdiri dari dua kata yaitu do dan follow. Do berarti melakukan dan follow memiliki arti mengikuti. Jadi dengan demikian, dofollow dapat diartikan mengikuti.

Link dofollow memperbolehkan robot perayap dari mesin pencari untuk mengindeks dan mengikuti link bahkan mendapatkan halaman web yang dituju sesuai dengan nilai dari atribut href.

Selain mendapatkan trafik tambahan, link dofollow juga terdapat transfer nilai SEO kepada website yang dituju link tersebut. Link dofollow bisa bermakna pedang bermata dua. Jika diterapkan dengan benar maka akan memberikan hasil yang baik, begitupun sebaliknya.

Link NoFollow

Secara etimologi, nofollow terdiri dari dua kata yaitu no dan follow. No dapat diartikan tidak dan follow memiliki arti mengikuti. Jika digabungkan maka kata nofollow akan memiliki arti tidak mengikuti.

Berbeda dengan link dofollow, link nofollow tidak memperbolehkan robot perayap mesin pencari untuk mengindeks dan mengikuti link yang tertaut. Dengan demikian tidak akan terjadi tranfer nilai SEO, namun link nofollow tetap akan memberikan trafik tambahan.

Link nofollow banyak digunakan ketika ingin membuka portal link atau jalan ke situs yang memiliki otoritas domain kurang bagus atau situs yang tidak terpercaya. Dengan demikian dengan menggunakan link nofollow tidak akan memberikan pengaruh buruk pada situs anda.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai link dofollow dan nofollow. Semoga bisa bermanfaat, sampai jumpa.
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar