bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Mudah Verifikasi Blog di Facebook Agar Tidak Dianggap Spam

Cara Verifikasi Blog di Facebook
Untuk menghindari sebuah blog dianggap spam oleh Facebook, tentunya Anda harus melakukan verifikasi domain blog di Facebook. Akhir-akhir ini banyak Blogger yang mengeluh oelh karena blognya diblokir Facebook sehingga tidak bisa lagi menautkan blognya.


Apabila tips menghindari kemungkinan blog diblokir Facebook yang Saya posting kemarin masih kurang efektif, langkah verifikasi ini bisa menjadi langkah yang ampuh jika pengajuan yang Anda berikan ke pihak Facebook belum tuntas.

Apa yang Harus Disediakan?

Sebelum lanjut ke tutorial verifikasi, Saya anggap Anda sudah memiliki Akun Bisnis di Facebook. Jika belum punya, silakan cari sendiri tutorial membuat Akun Bisnis Facebook. Banyak kok diluar sana yang sudah buat artikelnya.

Juga setidaknya Anda memiliki Fanspage dimana domain blog sudah tertaut. Selain itu Saya sarankan blog Anda sudah berdomain TLD. Mengapa harus domain TLD? Karena nanti sistem verifikasinya hanya tersedia "Verifikasi DNS" dan "Unggah File HTML". Jika blog Anda masih memakai domain blogspot, Anda tidak bisa melanjutkan tutorial ini.

Langkah-Langkah dalam Verifikasi Blog di Facebook

Tahap 1: Sebagai langkah awal, buka dasbor atau halaman depan akun bisnis Anda. Kemudian temukan tombol "Pengaturan Bisnis" yang belatar biru atau klik ikon yang ada di atasnya. Selengkapnya pergatikan gambar yang ada di bawah ini.
Dasbor atau Halaman Akun Bisnis Facebook
Tahap 2: Anda perhatikan bagian menu yang ada di sebelah kiri/sidebar. Di situ pilih "Keamanan Merek" dan klik "Domain". Sesudah Anda mengklik "Domain", klik tombol " Tambahkan" sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
Tambahkan Domain
Tahap 3: Masukkan domain blog Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memasukkan dengan unsur "www" atau bisa juga "tanpa www". Setelah memasukkan domain blog, klik tombol "Tambahkan Domain". Jika sudah menambahkan domain, akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
Halaman Verifikasi
Tahap 4: Disana ada dua metode verifikasi yang harus Anda pilih. Untuk saat ini Saya akan memilih menggunakan metode "Verifikasi DNS" (TXT Record). Silakan Anda salin konfigurasi TXT-nya pada poin kedua sesuai dengan gambar di atas.

Tahap 5:Selanjutnya, akses Client Area penyedia domain blog Anda. Disini yang Saya gunakan berdasarkan gambar di bawah ini adalah Client Area daru Rumahweb. Silakan Anda pilih domain mana yang akan diverifikasi.
Client Area Rumahweb
Tahap 6: Pada menu sebelah kiri/sidebar, cari dan klik "DNS Management". Karena Client Area tiap penyedia domain berbeda, maka cari saja yang sama persis dengan pengaturan DNS. Letak tombol "DNS Management" bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.
Cari Menu DNS Management
Tahap 7: Di halaman DNS Management, klik tombol "Add New Record". Perhatikan gambar di bawah, pada kolom domain kosongkan saja atau isi dengan karakter "@". Kolom TTL biarkan seadanya dan untuk "Record Type" silakan Anda pilih "TXT". Isi kolom "Text Information" dengan kode verifikasi yang Anda salin tadi pada Tahap 4. Setelah semuanya sudah terisi, klik "Add Record".
Tambahkan DNS Record Baru
Tahap 8: Setelah selesai menambahkan DNS Record baru, silakan kembali lagi ke Pengaturan Akun Bisnis Facebook Anda. Di halaman verifikasi domain, klik tombol "Verifikasi" berwarna hijau yang ada paling bawah. Jika verifikasinya berhasil, akan muncul tampilan pop up seperti pada gambar di bawah ini.
Domain Berhasil Diverifikasi
Jika DNS pada domain Anda tidak terdeteksi, silakan tunggu lagi 1 sampai 2 menit. Dengan diverifikasinya domain blog Anda, ini berarti tidak perlu takut dianggap spam oleh Facebook jika membagikan link.

Anda merasa artikel ini membantu? Jika berkenan silakan like dulu Fanspage Tahupost.Net. Besok masih ada tutorial sambungan dari postingan ini agar blog Anda bertambah aman. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa.
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

5 komentar

  1. Sangat bermanfaat terlebih untuk saya yang rajin posting via Fp dan Fb. Terima kasih

    Esai Edukasi - Blog Pendidikan & Pengembangan Diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih juga sudah datang berkunjung 😊

      Hapus
  2. Udah aku lakuin 3 bulan yang lalu bray dan hasil NIHIL..
    Tapi artikelnya keren nih buat berbagi ke yang lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sharenya juga harus beraturan. Jangan copy paste link jika ingin share. Cukup Anda membuat fanspage. Fanspage itu nantinya dijadikan sebagai tempat artikel disatukan. Artikel yang ada di fanspage, dishare ke grup lain..

      Atau alurnya begini:

      Tombol share blog -> Fanspage -> Tombol share postingan fanspage -> Grup lain.

      Jangan keseringan meninggalkan link blog di komentar.

      Hapus
  3. Panduan tepat. Agar tidak dianggap spam oleh Facebook, ya harus daftarkan dulu blognya ke bisnis Facebook.. gratis.

    BalasHapus

Posting Komentar

Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!