bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Mengirim dan Menyimpan Gambar Blog ke Pinterest Dengan Mudah

Mengirim dan Menambahkan Gambar dari Blog ke Pinterest
Artikel ini merupakan lanjutan dari postingan "Cara Menggunakan Pinterest Untuk Pemula dengan Baik dan Benar" yang saya posting beberapa hari lalu. Yang saya akan bahas kali ini adalah cara untuk mengirim dan menambahkan gambar yang ada di Blog ke Pinterest.


Sebelum lanjut, pastikan Anda sudah memiliki sebuah akun Pinterest baik itu akun pribadi maupun akun bisnis. Dalam akun yang telah Anda buat setidaknya sudah memiliki satu atau lebih papan sebagai tempat untuk menyimpan gambar dari blog nantinya.

Apa Manfaatnya Menyimpan Gambar Blog ke Pinterest?

Gambar dari Blog Anda yang telah ditambahkan ke Pinterest akan dengan cepat menyebar. Jika ada orang melihat gambar Anda yang tadi, maka kemungkinan dia akan mengklik sumber gambar yang merupakan blog Anda sendiri.
Backlink Nofollow dari Pinterest
Dengan demikian Anda bisa mendapatkan trafik tambahan dari Pinterest walaupun link yang tertaut di sana adalah jenis link nofollow. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan trafik tambahan dari Pinterest?

Menyimpan Gambar yang Ada di Blog ke Pinterest

Pilih salah satu postingan Blog yang menurut Anda memiliki gambar yang menarik. Nah sebelum Anda menyimpan gambarnya ke Pinterest, di bawah ini ada 4 metode yang akan digunakan. Jadi silahkan pilih sendiri mana yang lebih bagus dan cocok untuk Anda.

1. Menggunakan Fitur Tombol Share ke Pinterest

Hampir semua blog memiliki tombol share yang mengarah ke Pinterest. Caranya sangat mudah! Cukup buka postingan blog yang ingin Anda simpan gambarnya ke Pinterest. Kemudian cari tombol share Pinterest-nya dan pilih salah satu papan untuk menyimpan gambarnya.

Tetapi metode ini punya kekurangan yang sangat menonjol. Gambar yang bisa Anda simpan hanya gambar pertama dari postingan tersebut. Gambar lain yang ada di bawahnya tidak bisa Anda simpan.

2. Menyalin URL Postingan Blog

Cara kerjanya dalam menyimpan gambar sama dengan yang metode share, tapi ini lebih ribet. Untuk memulainya, buka situs Pinterest lewat ponsel Anda. dan masukkan URL postingan yang sudah disalin.
Simpan Pin Via URL - Pinterest
Setelah Anda memasukkan URL postingannya, akan muncul beberapa gambar yang dideteksi oleh sistem Pinterest (jika gambar dalam postingan lebih dari satu). Pilih salah satu gambar dan masukkan ke pin board/papan yang relevan.

3. Memasang Script Tombol Pin It di Blog

Script Pin It akan mempermudah Anda dalam menyimpan gambar blog ke Pinterest. Jika ingin pekerjaan Anda menjadi ringan, silahkan pasang Script tombol Pin It yang ada di bawah ini.

<script async='' data-pin-color='white' data-pin-hover='true' src='//assets.pinterest.com/js/pinit.js'/>

Pasang script diatas tepat sebelum </head> atau </body>. Jangan takut pasang scriptnya karena tidak akan akan memperlambat loading blog Anda secara signifikan.
Tombol Pin It di Blog
Cara menggunakannya ialah dengan scroll gambar yang diinginkan tepat di tengah layar (on scroll) lalu di pojok kiri bagian atas akan muncul tombol Simpan/Save. Klik tombol tersebut untuk menyimpan gambar yang dipilih ke Pinterest.

4. Memasang Ekstensi Pinterest Save Button di Chrome

Metode ini hanya diperuntukkan untuk pengguna desktop. Jika belum memiliki Ekstensi Pinterest Save Button, Anda bisa mengambilnya melalui link ini. Jika sudah terpasang, silahkan buka postingan yang gambarnya ingin disimpan ke Pinterest.
Menggunakan Extention Pinterest Save Button
Sama seperti metode sebelumnya, arahkan kursor pada gambar yang ingin disimpan lalu klik tombol Simpan/Save yang ada di pojok kiri sebelah atas. Pilih papan yang sesuai dengan gambar tadi.

Niche Blog yang Cocok untuk Menggunakan Pinterest

Semua blog yang berada dalam lingkup desain grafis dan fotografi sangat cocok untuk kolaborasi dengan Pinterest. Selain fotografi, blog kuliner dan blog tentang artis dan dunia hiburan juga punya potensi besar.

Mengapa blog-blog seperti itu lebih cocok untuk menggunakan Pinterest? Karena di Pinterest orang paling banyak menyukai foto-foto fashion, wisata alam, artis cantik/tampan kuliner dan gambar meme pun bisa dikatakan populer di Pinterest.
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

3 komentar

  1. thanks gan, bagus ni sebgai back data gambar kita di blog.

    jangan lupa kunjungi juga ya
    Looper Day

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maka dari itu jangan pandang sebelah mata gambar yang ada di blog kita masing-masing. Mereka sebenarnya bisa mendatangkan trafik yang cukup lewat Pinterest.

      Saya siap berkunjung ke blog Anda! On the way..

      Hapus
  2. wow, tutorialnya bisa di praktekkan nih, saya pernah mau coba tapi tidak caranya. thanks ya min
    by:marlin hidayat

    BalasHapus

Posting Komentar

Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!