bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Menggunakan Pinterest Untuk Pemula dengan Baik dan Benar

menggunakan pinterest untuk pemula
Tahupost.Net - Pernah mendengar Pinetrest? Pinterest memang tidak seterkenal Youtube, Facebook, Twitter dan Instagram di Indonesia. Tetapi penggunanya cukup besar di seluruh dunia. Pinterest sendiri merupakan media sosial yang berfokus pada media seperti gambar atau foto.


Apa Itu Pinterest?

Pinterest merupakan sebuah virtual pinboard yang memungkinkan kita untuk mengunggah gambar atau foto lalu dimasukkan ke dalam beberapa kategori atau papan (semacan folder pada filemanager) yang bisa dikustomisasi.

Sejarah Pinterest

Pinterest lahir pada bulan Maret 2010. Awalnya sosial media ini masih bersifat beta sehingga jika ada orang yang ingin mendaftar harus mendapatkan undangan dari pengguna yang memang sudah terdaftar atau langsung dari admin Pinterest.

Pembuat Pinterest, Ben Silbermann tidak menyangka bahwa situs yang ia buat menjadi besar. Ben mengelola situsnya itu secara mandiri sampai penggunanya mencapai 10 ribu. Tahun 2011, Barulah Ben membuka diri kepada khalayak umum.

Pada tahun itu juga, kunjungan dari Pinterest sudah mencapai 11 juta per minggu. Karena perkembangannya yang sangat pesat, Pinterest menjadi buruan para pengusaha untuk berinvestasi. Kini pengguna aktif Pinterest mencapai 300 juta dan masih akan terus bertambah.

Istilah yang Harus Diketahui

Bayangkan Pinterest adalah aplikasi galeri foto yang ada pada ponselmu.
  1. Pertama adalah Pin. Pin ini merupakan gambar yang ingin anda simpan nantinya ke dalam Papan yang telah dibuat.
  2. Kedua adalah Papan. Papan di Pinterest sejenis dengan kategori pada blog dan folder pada galeri ponselmu. Di dalam Papan terdapat beberapa Pin relevan yang sudah tersimpan.

Mengapa Harus Menggunakan Pinterest?

Alasan pertama adalah sebuah pin bisa tersebar lebih jauh dari pada postingan yang ada pada media sosial lain seperti Twitter. Ini memungkinkan pin anda banyak dilihat tanpa harus promosi.

Alasan kedua khusus untuk para Bloger, gambar yang ada di postingan blog bisa disimpan ke Pinterest dan tentunya terdapat link asal serta deskripsi di dalamnya. Ini memungkinkan orang bisa mengunjungi blog Anda dan mendapat trafik tambahan.

Kemudian alasan yang ketiga adalah penyebaran dan munculnya sebuah pin butuh waktu berminggu-minggu untuk bisa tenggelam. Berbeda jauh dengan Facebook yang akan tenggelam hanya dalam hitungan hari bahkan jam.

Cara Mendaftar di Pinterest

Sangat disayangkan jika Anda tidak membuat akun di Pinterest. Apalagi Anda adalah orang yang memiliki hobi dan bakat di bidang fotografi. Bagi Anda yang minat daftar di Pinterest, silahkan ikuti langkah demi langkah di bawah ini.

Langkah 1: Silakan kunjungi Pinterest.com. Di halaman awal langsung saja klik Daftar dan Anda akan disuguhkan tampilan seperti ini:
Daftar akun di Pinterest
Langkah 2: Pendaftaran di Pinterest ada 3 macam. Silahkan pilih antara Facebook, akun Google atau langsung pakai E-mail. Saya sarankan Anda untuk memilih lanjut menggunakan akun Google.

Langkah 3: Pilih akun Google yang ingin Anda gunakan untuk mendaftar di Pinterest. Setelah itu Anda akan disuruh untuk mengisi umur saat ini. Umur sangat berpengaruh pada apa saja yang tampil di indeks Pinterest. Silakan klik tombol Lanjutkan.
isi umur di pinterest
Langkah 4: Tahap selanjutnya adalah Anda akan disambut seperti gambar di bawah ini. Langsung saja klik Berikutnya. Pada tahap ini Anda akan disuguhkan beberapa pertanyaan untuk dijawab seperti jenis kelamin, bahasa dan wilayah (negara).
menjawab pertanyaan
Langkah 5: Berikutnya Anda diwajibkan untuk memilih 5 (bisa lebih) kategori apa yang anda minati. Pilih sesuka hati Anda. Di sini saya memilih kategori Anime, Humor, Hewan, Selebriti dan Kutipan. Sudah itu klik tombol Selesai.
memilih minat di pinterest
Langkah 6: Taraaa! Akun Pinterest Anda sudah jadi. Gambar-gambar yang muncul di halaman depan adalah gambar yang relevan dengan kategori yang Anda pilih pada Langkah 5 tadi. Lihat ada gambar Luffy, Tokyo Ghoul dan kutipan bergambar babi.
halaman depan pinterest
Setelah membuat akunnya, Anda juga bisa beralih ke Akun Bisnis seperti yang ada pada gambar di bawah ini. Dengan beralih ke Akun Bisnis, Anda bisa memantau tayangan dan berapa kali pin disimpan oleh pengguna lain.
akun bisnis pinterest

Cara Membuat Papan

Untuk menambahkan Papan, silahkan menuju profil akun dengan mengklik foto profil atau nama akun Anda. Setelah di halaman profil, silakan klik ikon dan pilih Buat papan.
menambahkan papan di pinterest
Isi nama papan dengan kategori yang Anda inginkan. Bisa nama tempat, orang, merek, film, dan lain sebagainya. Isi Papan tersebut dengan gambar yang relevan dengan namanya.

Menyimpan Pin ke Dalam Papan

Misalkan tadi Anda membuat papan dengan nama "Kang Taeri". Untuk mendapatkan pin yang sesuai untuk dimasukkan ke dalam papan, gunakan kolom pencarian disediakan. Masukkan kata kunci "Kang taeri" di kolom pencarian.
mencari gambar di pinterest
Pilih gambar yang menurut Anda cocok untuk dimasukkan ke dalam papan yang dibuat sebelumnya. Klik Simpan dan pilih papan untuk gambar yang ingin Anda simpan. Selengkapnya lihat gambar di bawah ini.
memilih papan untuk pin di pinterest
Ulangi mencari dan menyimpan pin pada papan yang relevan sampai pin yang anda koleksi mencapai ribuan. Jika Anda konsisten mengoleksi pin yang banyak dicari, follower Anda juga akan semakin bertambah banyak.

Cara Menambah Followers Pinterest

Seperti yang saya katakan sebelumnya, untuk menambah followers cukup konsisten mengoleksi pin dan membuat papan yang bervariasi dan menarik. Semakin banyak pin yang disimpan, semakin banyak juga followers yang didapatkan.

Oh iya. Di Pinterest ada dua macam follower. Ada follower profil dan ada juga yang follower papan. Untuk follower profil mutlak mengikuti semua papan yang Anda buat tidak terkecuali. Sedangkan untuk follower papan hanya bisa mengikuti satu papan tertentu saja.

Khusus cara menggunakan Pinterest untuk blog, besok saya akan buat tutorialnya. Jadi tunggu saja update blog ini. Demikianlah mengenai tips menggunakan pinterest untuk pemula semoga bermanfaat. Sampai jumpa.
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar