bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

Tips Menghindari Koneksi Internet Yang Lambat Di Kawasan Pedesaan

Mempercepat Jaringan Di Pedesaan atau Perkampungan Versi Tahupost.Net
Tahupost.Net - Masalah koneksi internet yang lambat/lemot memanglah hal yang paling sering kita jumpai di pedesaan atau perkampungan. Bahkan di beberapa titik tertentu hanya bisa melakukan komunikasi panggilan suara dan SMS.

Sederhananya, kondisi kecepatan akses internet tiap wilayah dipengaruhi oleh kondisi geografis. Medan yang bergunung-gunung lebih cocok untuk mode jaringan generasi lama seperti GPRS - HSDPA. Oleh sebab itu sinyal generasi terbaru seperti 4G dan 5G tidaklah efektif digunakan pada medan yang banyak penghalang.

Jaringan generasi lama seperti GPRS, EDGE, 3G dan HSDPA memiliki cakupan yang lebih luas serta lebih stabil walaupun ada banyak penghalang. Ini disebabkan karena frekuensi mereka rendah. Coba bandingkan 4G dan 5G yang punya frekuensi tinggi. Semakin tinggi frekuensi semakin kecil cakupannya dan juga semakin sensitif terhadap penghalang.


Bagi kalian yang tinggal di pedesaan atau perkampungan seperti mimin, tips di bawah ini bisa dicoba untuk menghindari koneksi internet yang lambat.

1. Memilih operator dan jenis sinyal yang paling stabil

Telkomsel operator paling stabil di pedesaan atau perkampungan
Hampir semua wilayah non-kota memiliki Telkomsel sebagai operator terbaik dan paling stabil di wilayah tersebut. Walaupun paket lebih mahal, tetapi yang terpenting adalah kualitas. Untuk operator selain Telkomsel masih belum stabil.

Di pedesaan sebenarnya sudah ada jaringan 4G namun tidak sestabil dengan yang ada di perkotaan. Walaupun demikian di beberapa titik, terdapat sinyal 4G yang cukup stabil namun hanya muncul pada kondisi tertentu saja.

Lebih bagus jika kita menggunakan sinyal HSDPA pada saat 4G tidak stabil. Atur mode jaringan hanya untuk 3G saja biar perangkat kalian tidak cepat panas saat mencari jaringan yang stabil. Jika 3G dan HSPDA tidak stabil, silahkan beralih ke EDGE (2G).

Jika dirasa 4G sudah stabil di lokasi kalian, tidak usah beralih ke 3G gunakan itu saja. Jenis sinyal paling stabil ditandai dengan indikator yang penuh dengan garis putih seperti di bawah. Lihat, H+ jauh lebih stabil dibandingkan dengan 4G.
3G HSDPA vs 4G

2. Batasi jaringan kepada aplikasi yang selalu menggunakan data di latar belakang

Logo whatsapp dan telegram, matikan aplikasi yang menggunakan paket data di latar belakang
Maksudnya disini ialah bagaimana kita membatasi jaringan yang digunakan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini bertujuan agar kecepatan koneksi kita tidak terbagi-bagi.

Semakin banyak aplikasi di latar belakang yang menggunakan jaringan maka semakin lambat pula koneksi internet demikian pun sebaliknya.

Maka dari itu, untuk menjaga koneksi internet yang stabil silahkan batasi aplikasi online yang jalan di latar belakang seperti Whatsapp, Telegram, Line, Messenger, dan lain-lain.

3. Memilih kapan waktu yang tepat

Memilih kapan waktu yang tepat
Memilih waktu untuk berselancar di internet sangatlah penting, apalagi kalian yang lagi bermasalah koneksi lambat. Hindari waktu-waktu kosong dimana banyak juga orang yang mengakses internet.

Jam-jam istirahat pada tengah hari biasanya koneksi internet menjadi lambat karena banyak orang yang memiliki waktu luang pada saat itu. Jadi usahakan untuk menghindari jam-jam istirahat.

Kemudian waktu yang paling sakral adalah sore hari menjelang malam hingga waktu tidur tepatnya pukul 17.30 sampai pukul 21.00. Koneksi pada jam tersebut sangatlah lambat karena orang sudah dalam fase santai sebelum tidur.

Mengatasi JARLET Atau Ping Tinggi Saat Bermain Game Mobile Legends
Jika ingin memaksimalkan pengalaman kalian dalam berselancar di dunia maya diharapkan untuk mengambil shift pagi pada pukul 05.45 sampai pukul 08.30 dan shift malam pada pukul 21.45 sampai pukul 02.00. Pada jam tersebut kecepatan koneksi internet sudah maksimal.

Mimin sarankan untuk shift malam bagi yang tidak berpengalaman dalam begadang cukup sampai pukul 23.00. Karena belum terbiasa begadang biasanya kalian bakalan sakit.

Itulah tiga tips bagi kalian yang tinggal di pedesaan/perkampungan untuk menghindari kemungkinan koneksi internet yang lambat.
4 komentar

4 komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.
  • Dadang Sugiman
    Dadang Sugiman
    29 Januari, 2020 22:31
    bener tuh gan rata-rata koneksi internet di perkampungan itu sangat sulit, apalagi jika ingin memasang WI-FI .
    • Dadang Sugiman
      John Asto
      30 Januari, 2020 09:57
      Makanya salah satu usaha yang tidak akan berjalan baik di kampung adalah WIFI.. Jaringan seluler sudah cukup..
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    24 Januari, 2020 00:14
    Good artikel
    • Anonim
      John Asto
      30 Januari, 2020 09:56
      Terima kasih atas pendapatnya. 😊
    Reply