bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

Cara Membuka Kunci Jaringan 4G untuk Semua Tipe HP

Cara Membuka Kunci Jaringan 4G
Pernahkah kalian tidak bisa melakukan panggilan telepon dan tidak bisa mengecek pulsa menggunakan kode USSD dari operator? Nah itu disebabkan karena HP kalian terkunci di jaringan 4G, sehingga tidak bisa menggunakan jaringan 2G dan 3G untuk melakukan panggilan serta dial USSD operator. Solusinya adalah dengan cara membuka kunci jaringan 4G tersebut. Dalam artikel ini kami akan membahas itu dan memberikan solusinya.

Efek Samping Mengunci Jaringan di 4G

Sebelum membahas cara mengatasi masalah ini, penting untuk memahami mengapa hal ini terjadi. Jaringan 4G merupakan teknologi jaringan yang menawarkan koneksi internet yang cepat dan stabil beberapa tahun lalu sebelum 5G muncul. Namun, tidak semua perangkat, operator telekomunikasi dan wilayah mendukung panggilan suara melalui jaringan 4G atau fitur tersebut biasa disebut sebagai VoLTE.

Sebelum ada VoLTE, jaringan 4G pada awalnya di Indonesia hanya bisa internetan saja dan tidak bisa digunakan untuk menelpon, sms dan mengirim kode USSD. HP atau smartphone yang tidak mendukung fitur VoLTE tidak akan bisa melakukan panggilan suara dan menggunakan kode USSD operator saat berada dalam jaringan 4G. Jadi jika ingin melakukan panggilan suara dan mennggunakan kode USSD operator, maka haruslah menggunakan jaringan 2G dan 4G.

USSD adalah fungsi subsistem telepon suara, dan hanya terjadi melalui LTE jika VoLTE tersedia dan berfungsi. Jika VOLTE tersedia, permintaan USSD akan menggunakannya untuk menyelesaikan melalui LTE. Tanpa VoLTE, USSD akan menyebabkan penyerahan antar-RAT ke UMTS/HSPA+ atau GSM/EDGE, tergantung pada apa lagi yang tersedia di area tersebut, untuk menyelesaikan permintaan USSD.

Tapi bagaimana jika daerah smartphone kesayangan kita masih belum atau tidak mendukung VoLTE (Voice over LTE)? Satu-satunya cara adalah dengan cara membuka kunci jaringan 4G pada smartphone kita. Bagaimana caranya? Simak cara membuka kunci jaringan 4G langkah demi langkah di bawah ini.

Cara Membuka Kunci Jaringan 4G

  1. Buka aplikasi Telepon yang ada di homescreen HP.
  2. Selanjutnya ketik kode *#*#4636#*#* pada dialpad.
Cara Membuka Kunci Jaringan 4G
Cara Membuka Kunci Jaringan 4G
  1. Pada Set Preferred Network Type (Setel Jenis Jaringan yang Disukai) klik dropdown LTE only.
  2. Untuk menggantinya, pilih opsi GSM/WCDMA/LTE (PRL).
Cara Membuka Kunci Jaringan 4G
Cara Membuka Kunci Jaringan 4G
Setelah melakukan dan mengikuti langkah-langkah penyelesaian di atas, maka kalian sudah bisa melakukan panggilan dan menerima panggilan, mengirim dan menerima SMS dan bisa mengecek pulsa menggunakan kode USSD operator. Itulah tadi penjelasan dan panduan bagaimana cara membuka kunci jaringan 4G yang bisa diterapkan untuk semua perangkat android.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Apa yang menyebabkan masalah ketika tidak bisa melakukan panggilan atau mengakses USSD saat ponsel terkunci di jaringan 4G? Masalah ini terjadi karena jaringan 4G awalnya dirancang untuk koneksi internet saja, tidak mendukung panggilan suara atau USSD kecuali jika fitur VoLTE (Voice over LTE) tersedia dan berfungsi. Jika tidak, perangkat perlu beralih ke jaringan 2G atau 3G untuk fitur tersebut.
Apa itu VoLTE dan mengapa penting dalam konteks ini? VoLTE adalah Voice over LTE, sebuah fitur yang memungkinkan panggilan suara melalui jaringan 4G. Ini penting karena tanpa VoLTE, perangkat tidak dapat melakukan panggilan suara atau mengakses USSD melalui jaringan 4G.
Bagaimana cara mengetahui apakah perangkat dan operator mendukung VoLTE? Kalian dapat memeriksa pengaturan perangkat untuk melihat apakah opsi VoLTE tersedia. Selain itu, operator kalian harus mendukung VoLTE di wilayah kalian. Jikalau perlu kalian juga bisa menghubungi operator untuk informasi lebih lanjut.
Bagaimana cara membuka kunci jaringan 4G pada smartphone? Langkah-langkah untuk membuka kunci jaringan 4G dapat diikuti pada artikel di atas, tetapi ini dapat berbeda tergantung pada merek dan model smartphone Anda. Namun penggunaan kode *#*#4636#*#* bisa berlaku di sebagian besar perangkat Android.
Posting Komentar

Posting Komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.