bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

Cara Mengatasi Unlicensed Product Microsoft Office 2016, 2019, 2021 dan 365

Cara Mengatasi Unlicensed Product
Jika Anda menggunakan versi Office offline seperti Microsoft Office 2016, 2019, 2021 ataupun Microsoft 365 maka Anda harus mengaktifkannya dengan kunci produk yang diberikan kepada Anda saat Anda membeli perangkat lunak. Jika, karena alasan tertentu, produk tetap tidak aktif atau Anda menggunakan perangkat lunak uji coba gratis, Anda akan menemukan masalah Unlicensed Product.

Masalah Produk Microsoft Office yang Unlicensed Product dapat membatasi fitur Office dan bahkan terkadang menghalangi Anda menggunakan semua perangkat lunak yang disertakan dengan rangkaian Office. Jika Anda dihadapkan pada kesalahan ini dan ingin menghilangkannya, artikel ini akan membantu Anda mengatasinya. Baca terus untuk mengetahui cara mengatasi unlicensed product office 2016, 2019, 2021 dan 365.

Apa itu Unlicensed Product di Microsoft Office?

Unlicensed Product pada Microsoft Office
Unlicensed Product merupakan kesalahan aktivasi yang umumnya terjadi ketika Microsoft Office gagal diaktivasi. Microsoft memeriksa keaslian produk yang Anda gunakan, dan jika Microsoft mendeteksi sesuatu yang mencurigakan dengan lisensi produk Office, maka Anda akan melihat eror notifikasi seperti pada gambar di atas. Alasan paling umum mengapa Unlicensed Product dapat terjadi adalah:

  • Anda mungkin mengalami masalah ini jika ada masalah dengan internet Anda saat Anda mencoba mengaktifkan produk.
  • Masalah ini juga dapat terjadi jika Anda menggunakan uji coba gratis Office 2016, 2019, serta 2021 dan sekarang sudah habis masa berlakunya.
  • Alasan lain terjadinya masalah ini adalah kunci produk yang salah.
  • Waktu tunggu server habis atau batas waktu aktivasi adalah alasan lain yang dapat menyebabkan masalah ini.
  • Anda dapat menghadapi masalah ini jika ada perubahan pada perangkat lunak atau perangkat keras sistem.
  • Jika Anda menghadapi kesalahan produk tidak berlisensi di Microsoft Office 2016, 2019, 2021, dan Office 365, hal ini mungkin disebabkan oleh konflik perangkat lunak pihak ketiga, antivirus, dan firewall.
  • Jika instalasi saat ini rusak, itu juga bisa menjadi penyebab masalah ini.
  • Anda tidak boleh memiliki beberapa instalasi Office di PC Anda. Jika beberapa Office yang terinstal atau file data versi Office lama apa pun tetap ada di PC Anda, hal itu juga dapat menyebabkan masalah ini.
  • Alasan paling umum lainnya di balik nasalah Unlicensed Lroduct adalah penggunaan perangkat lunak Office bajakan.

Cara Mengatasi Unlicensed Product pada Microsoft Office

Jika masalah ini terjadi pada Anda dan Anda tidak dapat menggunakan Office, maka jangan khawatir; kami di sini untuk membantu Anda. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa membantu Anda memperbaiki masalah Unlicensed Product pada Microsoft Office:

Perbaiki Masalah Internet

Anda mungkin menghadapi masalah ini karena internet Anda lambat atau tidak stabil. Jika Anda mengalami masalah internet, Anda harus memperbaikinya dengan beralih ke akses wi-fi yang berbeda.

Jalankan Office sebagai Administrator

Microsoft Office mungkin memerlukan izin tertentu untuk berjalan tanpa masalah apa pun. Anda dapat memastikan bahwa Office memiliki semua izin dengan menjalankannya sebagai administrator. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  1. Pada tampilan desktop, cari dan klik kanan salah satu aplikasi Office yang ingin dijalankan.
  2. Pilih dan klik opsi Run as administrator.
  3. Di prompt UAC (User Account Control), klik Yes. Ini akan menjalankan aplikasi sebagai administrator.
Runs as Administrator Office

Pastikan Tanggal dan Waktu dengan Tepat

Jika Anda mendapatkan masalah Produk Tidak Berlisensi, hal ini mungkin disebabkan oleh tanggal dan waktu yang salah. Anda harus memeriksa tanggal dan waktu dan memastikan kebenarannya. Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini untuk menetapkan tanggal dan waktu dengan tepat:

  1. Klik Start SettingsTime & language.
  2. Berikutnya klik menu Date & time dan nyalakan opsi Set time automatically.
Set time automatically

Memperbarui Micsoroft Office

Versi Office yang ketinggalan jaman sering kali memiliki bug. Pengembang mencoba mengatasi bug pada versi sebelumnya dengan pembaruan terkini. Anda harus memperbarui Office Anda ke versi terbaru untuk memperbaiki Unlicensed Product pada Microsoft Office 2016, 2019, 2021 dan 365. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaikinya:

  1. Buka aplikasi Office apapun yang ada pada PC/Laptop Anda.
  2. Pada tampilan awal, buka menu AccountUpdate OptionsUpdate Now.
Update Microsoft Office

Menjalankan Program OSPPREARM.EXE

Jika keempat metode di atas belum bisa menyelesaikan masalah Unlicensed Product pada Office, maka dengan mereset pengaturan Office menggunakan program bawaan dari Office (ESPPREARM.EXE) akan menjadi solusi terakhir. Untuk panduannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tutup semua aplikasi Office yang dijalankan.
  2. Buka File Explorer pada taskbar atau dengan membuka shortcut This PC pada desktop.
This PC & File Explorer
  1. Buka drive (C:)Program FilesMicrosoft OfficeOffice16.
  2. Cari dan klik kanan file OSPPREARM.EXE kemudian klik Run as administrator.
OSPPREARM.EXE
  1. Di prompt UAC (User Account Control), klik Yes. Tunggu hingga prosesnya selesai dan jalankan kembali aplikasi Office.
Catatan: Jika Anda masih tidak dapat menemukan file OSPPREARM.EXE, buka lokasi yang di bawah ini dan temukan di sana.

(C:)Program FilesCommon Filesmicrosoft sharedOfficeSoftwareProtectionPlatform

Penutup

Itulah panduan mengenai cara mengatasi Unlicensed Product pada Microsoft Office 2016, 2019, 2021 dan Office 365. Ini akan memperbaiki masalah Unlicensed Product pada semua versi Microsoft Office. Jika, karena alasan tertentu, Anda masih menghadapi masalah Unlicensed Product, Anda dapat menyampaikannya pada kolom komentar. Terima kasih.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Apa itu Unlicensed Product pada Office? Unlicensed Product pada Microsoft Office mengacu pada versi perangkat lunak yang tidak memiliki lisensi resmi atau sah dari Microsoft. Ini berarti pengguna menggunakan atau menginstal produk Office tanpa membayar atau mendapatkan izin resmi dari Microsoft untuk melakukannya. Menggunakan produk Office yang tidak berlisensi dapat melanggar hak cipta dan persyaratan penggunaan perangkat lunak Microsoft.
Apa risiko menggunakan produk tanpa lisensi? Menggunakan produk tanpa lisensi dapat berisiko. Anda dapat menghadapi tuntutan hukum, risiko keamanan, dan masalah teknis yang merugikan.
Kenapa Microsoft Office saya tidak bisa digunakan? Lisensi Microsoft Office yang bermasalah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya produk belum ter-aktivasi, masa lisensi telah habis, atau mungkin dikarenakan Anda menggunakan software Office bajakan.
Bagaimana cara mendapatkan kunci produk Microsoft Office? Anda dapat membeli kunci produk Microsoft Office secara online atau di toko komputer.
Posting Komentar

Posting Komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.