bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Google Camera Mediatek Helio G95 Untuk Redmi Note 10S

Google Camera Mediatek
Google Camera Mediatek - Google Camera merupakan aplikasi kamera bawaan smartphone Google Pixel yang mampu menandingi kualitas fotografi iPhone. Oleh karena itu banyak yang melakukan modifikasi aplikasi ini agar bisa digunakan pada smartphone selain Google Pixel.

Bagi smartphone yang menggunakan prosesor Snapdragon bukanlah hal sulit untuk menemukan Google Camera (GCam) yang kompatibel. Ini dikarenakan Google Pixel sendiri menggunakan Qualcomm Snapdragon sebagai prosesor. Jadi sudah jelas mengapa smartphone selain Google Pixel yang menggunakan Snapdragon kompatibel dengan Google Camera.

Namun beda halnya dengan Mediatek. Ketika kita mencoba menginstal salah satu varian Gcam pada smartphone yang menggunakan prosesor Mediatek terkadang beberapa sensor kamera tidak terbaca sampai ada yang hang dan force close ketika dibuka pertama kali.

Tidak semua GCam kompatibel dengan smartphone yang menggunakan prosesor Mediatek. Namun setelah beberapa kali bereksperimen dan mencari GCam kompatibel, akhirnya saya menemukan satu aplikasi yang sesuai dan cocok untuk smartphone Quad Camera dengan prosesor Mediatek Helio G95.

Untuk contoh smartphone yang sesuai dengan kriteria di atas (Quad Camera & Mediatek Helio G95) adalah Redmi Note 10S dan Realme 8. Namun yang akan saya coba kali ini adalah Redmi Note 10S. Untuk spesifikasi kamera dari Redmi Note 10S adalah sebagai berikut:
  • 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.97", 0.7µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm
  • 2 MP, f/2.4, (macro)
  • 2 MP, f/2.4, (depth)

Nah itulah spesifikasi kamera belakang dari Redmi Note 10S. Jika kalian punya spesifikasi kamera hampir sama seperti di atas, berarti kemungkinan besar smartphone kalian support dengan aplikasi dan konfigurasi xml yang saya bagikan ini.

1. Pertama-tama, download dan instal terlebih dahulu GCam untuk Mediatek Helio G95 di bawah. Jangan lupa download juga file konfigurasinya.

GCam Mediatek Helio G95 8.1 Aplikasi Android

2. Sesudah menginstal aplikasinya maka lanjut dengan memasukkan konfig yang saya sertakan di atas. Caranya adalah buka terlebih dahulu aplikasinya. Habis itu klik dua kali secara cepat ruang kosong yang ada di antara tombol ganti kamera dengan tombol ambil atau antara foto terakhir dengan tombol ambil seperti yang saya lingkari pada gambar di bawah.
Google Camera Mediatek
3. Pilih file konfig yang sudah kamu donwload tadi pada langkah 1.
Google Camera Mediatek
Setelah memasang konfig-nya kamu akan melihat tiga angka seperti di bawah ini:
Google Camera Mediatek
Ketiga angka tersebut masing-masing mewakili 3 sensor kamera yaitu:
  • 0.4 adalah kamera Ultrawide
  • 1.0 adalah kamera utama (Wide) 64 MP
  • 1.1 adalah kamera Makro

Lalu kemana sensor depth yang 2 MP? Saya matikan di pengaturan. Soalnya sensor depth cuma bisa menangkap gambar hitam putih. Untuk mengaktifkannya silakan masuk ke modul 0.9.

Untuk hasil jepretan dari Google Camera versi 8.1 (Pixel 5) di Redmi Note 10S adalah sebagai berikut.
Dan ini adalah foto pada kondisi malam hari (sudah saya atur otomatis dalam konfig).
Hasilnya silakan nilai sendiri. Jika ada yang ingin menanyakan atau punya masalah seputar artikel gcam untuk mediatek ini sampaikan di kolom komentar. Oke cukup itu saja tutorial kali ini, sekian dan terima kasih.
Related Posts
John Asto
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

Posting Komentar