bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong
Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong - Salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh perangkat android kelas bawah adalah masalah memori atau penyimpanan. Setelah menginstal beberapa aplikasi yang diperlukan seperti Whatsapp, Facebook, dan Instagram, tidak akan ada ruang tambahan lagi untuk game dan aplikasi lain.


Banyak yang bingung mengapa mereka mendapatkan pemberitahuan bahwa memori internal penuh padahal masih kosong penyimpanannya. Hampir semua perangkat android memiliki dua jenis penyimpanan yang tersedia yakni penyimpanan internal dan penyimpanan eksternal.

Penyimpanan Internal

Penyimpanan internal adalah tempat untuk menyimpan semua file penting yang dibutuhkan untuk smartphone. Misalnya sistem operasi disimpan di penyimpanan internal. Hampir semua aplikasi juga disimpan di penyimpanan interna. Selain aplikasi ini, cache dan datanya juga disimpan di memori internal.

Penyimpanan Eksternal

Penyimpanan eksternal adalah tempat penyimpanan musik, gambar, dan file lainnya. Jika Anda mengambil foto menggunakan kamera smartphone, maka foto tersebut mungkin disimpan di penyimpanan eksternal karena kapasitasnya kadang lebih besar dari penyimpanan internal.

Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

1. Mengubah Lokasi Penyimpanan Kamera Ke Kartu Memori

Tips ini hanya berlaku bagi smartphone yang sudah memiliki penyimpanan eksternal seperti kartu memori. Terkadang ukuran foto dari hasil jepretan kamera beresolusi tinggi juga ukurannya lumayan besar.

Caranya adalah membuka aplikasi kamera bawaan smartphone lalu silakan menuju ke pengaturan. Gulir ke bawah dan klik opsi "Lokasi penyimpanan" seperti pada gambar di bawah ini. Terakhir pilih "Kartu memori".
Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

2. Pindahkan Aplikasi Ke Kartu Memori

Beberapa aplikasi terutama game memiliki data yang sangat besar bahkan ada yang sampai ukuran gigabyte. Ini yang paling sering membuat penyimpanan internal jadi penuh. Bagaimana solusinya?

Pertama silakan buka pengaturan dab menuju Manajer Aplikasi. Setelah itu periksa satu per satu aplikasi dan game yang memiliki data besar. Buka aplikasi atau game yang memiliki data besar, gulir ke bawah dan klik tombol "PINDAHKAN KE KARTU SD".
Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

3. Menghapus Cache Aplikasi

Cache sendiri merupakan data sementara yang digunakan aplikasi ketika masih berjalan dan terkadang cache tersebut menjadi menumpuk jika tidak pernah dibersihkan. Bagaimana cara membersihkannya?

Kamu tidak perlu menginstal aplikasi pembersih cache dan boosting yang justru membebani smartphone. Sistem sendiri sudah menyediakan tombol pembersih cache bawaan di Manajer Aplikasi.

Sama seperti sebelumnya silakan akses dan buka Manajer Aplikasi melalui pengaturan. Cari aplikasi yang baru kamu pakai terakhir kali atau yang sering dipakai. Buka, gulir ke bawah dan klik "HAPUS MEMORI".
Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

4. Hapus Aplikasi atau Game yang Tidak Terpakai

Ada waktunya ketika sebuah aplikasi sudah jarang kita gunakan bahkan tidak pernah lagi. Atau sebuah game yang sudah kamu tamatin tapi ikonnya masih terpampang jelas di layar smartphone.

Sebaiknya uninstall aplikasi dan game yang sudah tidak kamu butuhkan lagi. Penuh-penuhin memori saja dan jadi beban. Untuk cara uninstall aplikasi dan game tidak usah saya jelaskan lagi ya. Gampang kok!

Oke, mungkin itu saja tips mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong penyimpanannya. Ada dua solusi utamanya yaitu pindahkan ke penyimpanan eksternal atau dihapus. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa.
Related Posts
Terbaru Lebih lama
John Asto
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

Posting Komentar