bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Berikut Cara Mengedit Video di KineMaster untuk Pemula

Icon aplikasi KineMaster dan teks Cara Mengedit Video di KineMaster
Cara Mengedit Video di KineMaster - Kebanyakan orang ketika mengedit video pasti larinya ke perangkat desktop. Namun dengan hadirnya KineMaster mengedit video pun bisa dilakukan di smartphone seperti Android dan iOS. Dengan demikian kamu bisa mengedit bahkan membuat video sendiri di mana pun dan kapan pun menggunakan hp.


Sampai saat artikel ini ditulis, KineMaster merupakan aplikasi video editor paling bagus dan lengkap untuk perangkat Android yang saya temukan. KineMaster juga termasuk mudah digunakan karena tampilannya memang didesain sedemikian rupa agar user friendly. Jadi pemula pun bisa menggunakan aplikasi KineMaster ini.

Perlu diketahui, untuk saat ini KineMaster merupakan aplikasi video editor yang paling sering digunakan oleh kebanyakan Youtuber tanah air. Selain itu, KineMaster memang banyak digandrungi oleh orang dari berbagai kalangan dewasa ini.

Fitur-Fitur yang Ada Dalam KineMaster

Sama seperti video editor pada umumnya, fitur-fitur yang ada dalam aplikasi KineMaster adalah tools yang menunjang aktivitas editing video seperti penambahan layer video, gambar, teks dan audio, efek suara, efek teks/title dan masih banyak lagi.

KineMaster Diamond 4.12 Aplikasi Android

Sebelum lanjut ke cara untuk mengedit video, silakan unduh aplikasinya di atas. Aplikasi di atas adalah KineMaster Diamond dimana sudah dimodifikasi sehingga tidak memiliki watermark.

Cara Mengedit Video di KineMaster

Di bawah ini ada beberapa cara dalam mengedit video di kinemaster untuk pemula. Dan sebelum itu siapkan sebuah video yang akan diedit. Kamu bisa ambil dan download video yang akan saya gunakan ini:



Atau jika mau yang lain cari saja video berdurasi pendek karena di sini kita hanya belajar menggunakan alat-alat yang ada dalam KineMaster.

1. Cara Memasukkan Video di KineMaster

Buka aplikasi KineMaster kemudian klik ikon klip video dengan tanda plus di dalamnya.
Tampilan awal aplikasi Kinemaster dan terdapat tiga perintah
Kemudian akan muncul 3 opsi rasio video, silakan pilih sesuai rasio video yang akan diedit. Apakah landscape (16:9), portrait (9:16) atau sama sisi untuk Instagram (1:1).
3 pilihan rasio untuk mengedit video di KineMaster, landscape, portrait dan bujur sangkar
Klik Media pada bundaran yang ada di sebelah kanan untuk menambahkan video baru ke dalam project.
Tampilan editor mode di KineMaster
Cari dan pilih video yang akan kamu edit menggunakan aplikasi KineMaster. Apabila muncul notofikasi karena videonya tidak support, klik opsi Re-encode. Sesudah memilih video, klik tanda centang yang ada di pojok kanan atas.
Memasukkan Video ke dalam project KineMaster

2. Menambahkan Backsound di KineMaster

Untuk menambahkan backsound, pada navigasi bagian sebelah kanan klik Audio.
Cara Mengedit Video di KineMaster
Setelah itu klik lagu yang akan dimasukkan, kemudian klik tanda plus dan terakhir klik centang yang ada di pojok kanan atas. Maka lagu secara keseluruhan akan masuk ke dalam project.
Cara Menambahkan Backsound ke Video di KineMaster

3. Cara Memangkas dan Membekukan Video di KineMaster

Caranya adalah klik video yang sudah dimasukkan tadi kemudian akan muncul video editor. Di bagian itu klik ikon Gunting untuk memangkas video.
Cara Memangkas, Memotong Video di KineMaster
Namun di sini saya sekaligus membekukan bagian tertentu dari video. Maka dari itu setelah mengklik ikon Gunting pilih opsi Bagi dan Sisipkan Bingkai Beku seperti pada gambar berikut:
Cara Membekukan dan Memangkas Video di KineMaster
Karena saya buat video meme jadi diusahakan yang dibekukan adalah bagian yang sesuai dengan backsoundnya. Dan jangan lupa klik centang (selalu diingat klik centang untuk menyimpan perubahan).

4. Menambahkan Efek Video di KineMaster

Efek umumnya diterapkan pada sebuah video untuk membuat video yang dimaksud menjadi dramatis. Untuk video yang saya edit kali ini cuma memakai efek filter warna saja.

Caranya adalah pertama-tama seperti biasa untuk mengedit video klik videonya terlebih dahulu. Sudah itu klik Filter Warna.
Memberikan Efek pada video di KineMaster
Lalu pilih efek warna yang kamu inginkan. Setelah memilih filter warna jangan lupa klik centang.
Efek Filter Warna di KineMaster

5. Memasang Watermark di KineMaster

Alangkah baiknya untuk menghindari ada yang mengklaim, setidaknya kamu memasang watermark sebagai tanda hak cipta.

Cara memasang watermarknya adalah klik Lapisan yang ada di navigasi kanan kemudian pilih Teks.
Memasang Watermark di KineMaster
Silakan masukkan teks yang kamu mau lalu atur posisi dan ukuran dari teks yang telah kamu buat tersebut dengan cara mengklik dan menggeser teks pada layar kerja.

Jadi dengan demikian orang akan tahu siapa yang telah mengedit pertama kali video tersebut.

6. Menyimpan Video yang Telah Diedit di KineMaster

Setelah semuanya selesai, saatnya kita menyimpannya ke media penyimpanan smartphone. Caranya adalah klik ikon Keluar yang ada di pojok kanan atas lalu kamu akan di arahkan ke tampilan depan KineMaster.
Menyimpan Video di KineMaster
Pada tampilan depan KineMaster, klik dan buka project yang telah dikerjakan sebelumnya. Biasanya letak project yang baru berada paling atas seperti pada gambar berikut:
Menyimpan Video di KineMaster
Setelah mengklik project, berikutnya akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
Mengekspor Video di KineMaster
Pada tampilan berikutnya kamu tinggal mengatur kualitas video lalu mengklik ekspor untuk menyimpannya di galeri ponselmu.
Menyimpan Video di KineMaster
Tunggu sampai KineMaster memproses videonya sampai tuntas. Jika sudah kamu bisa menjalankan videonya secara langsung atau mencarinya di galeri ponselmu.

Untuk contoh hasilnya kamu bisa lihat di bawah ini:



Demikianlah artikel mengenai cara mengedit video di kinemaster untuk pemula. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan tanyakan lewat kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

Posting Komentar