bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Membuat Orderlink WhatsApp untuk Olshop

wa orderlink
WA Orderlink - Di zaman yang serba digital ini, hampir semua orang melakukan transaksi secara online. Salah satu tempat yang paling sering melakukan transaksi adalah toko online atau yang disingkat olshop. Bagi yang berjualan di media sosial, untuk tahap closing kebanyakan orang menggunakan WhatsApp.


Ternyata bukan cuma untuk chattingan, WhatsApp juga bisa digunakan sebagai media untuk menunjang kegiatan jualan online. Nah untuk memanfaatkan itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat link wa untuk olshop sehingga bisa mempermudah pembeli menghubungi penjual via WhatsApp.

Tidak lengkap rasanya jikalau tidak memasang WhatsApp pada perangkat smartphone kita. WhatsApp sendiri sudah menjadi aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia. WhatsApp menjadi populer karena kemudahan pemakaiannya serta fitur yang lengkap untuk komunikasi.

Karena fleksibilitas tersebut telah membuat WhatsApp menjadi pilihan utama orang banyak di Indonesia untuk melakukan kegiatan bisnis online. Semuanya dilakukan dengan mudah tanpa memmbuat akun dan cuma membutuhkan nomor telepon.

Berikut di bawah ini adalah cara membuat orderlink whatsapp untuk olshop di media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Caranya mudah. Kamu hanya memerlukan nomor telepon yang sudah terkoneksi dengan layanan WhatsApp. Nah untuk link chay WhatsApp dapat dibuat dengan format seperti berikut:

https://wa.me/KodeNegaraNomorTelepon

Untuk negara kita Indonesia, kode negaranya adalah 62. Jadi untuk penulisannya adalah menghilangkan angka 0 dan menggantikannya dengan angka 62 pada awalan nomor telepon.

Jadi apabila kamu memiliki nomor WA yaitu 082293300783, maka link WhatsApp untuk kamu adalah sebagau berikut:

https://wa.me/6282293300783

Link di atas bisa kamu pakai di media sosial seperti Facebook dan Instagram serta tempat lain seperti landing page ataupun blog kamu sendiri.

Seumpama ada calon pembeli yang mengklik link tersebut, maka akan muncul tampilan seperti di bawah. Dan jika tombol LANJUTKAN KE CHAT di tekan maka secara otomatis akan membuka aplikasi WhatsApp pada android atau WhatsApp web pada desktop.
wa orderlink

Cara Menambahkan Pesan Teks Default pada Link WhatsApp

Yang kita bahas sebelumnya adalah link chat WhatsApp biasa. Sekarang kita akan modifikasi sedikit agar bisa mengirim teks tertentu yang telah kita atur. Ini berguna jika kita memiliki format orderan tertentu seperti harus mencantumkan nama barang, alamat, nomor telepon dan jumlah orderan.

Untuk menambahkan pesan teks default pada link WhatsApp, kamu bisa mengikuti format yang saya berikan di bawah ini:

https://wa.me/6282293300783?text=PESAN

Untuk mengisi pesannya kamu harus melakukan encoding pada teks yang ingin kamu jadikan pesan default yang dimana hasilnya akan menunjukkan teks tanpa spasi sehingga valid sebagai URL. Formatnya adalah:
  • Spasi ganti dengan %20
  • Titik dua (:) ganti dengan %3A
  • Enter atau baris baru gantu dengan %0A
  • Koma ganti dengan %2C
Jika mengikuti format di atas dan ingin membuat pesan "Saya mau pesan satu" maka link order WhatsApp kamu akan menjadi seperti berikut ini:

https://wa.me/6282293300783?text=Saya%20mau%20pesan%20satu

Apabila teks atau pesan default yang ingin kamu buat lumayan banyak, maka untuk mempermudah kamu bisa menggunakan layanan online yaitu URL Encoder. Dengan layanan ini kamu cukup memasukkan teks yang diinginkan kemudian secara otomatis akan di proses.
wa orderlink
Apabila sudah kamu akan melihat pesan default yang akan dikirimkan seperti pada gambar di bawah ini:
Terkadang orderlink WhatsApp yang kita buat terlalu panjang maka kita perlu menyingkatnya agar lebih rapi. Dengan menggunakan layanan pemendek URL bit.ly kamu bisa menyingkat link chat WhatsApp dan mengubahnya sesuka hati. Caranya adalah sebagai berikut:

Silakan akses situs bitly.com lalu silakan login dan jika belum punya akun silakan mendaftar, caranya gampang kok.

Setelah itu kamu klik tombol Create yang ada di pojokan atas. Akan muncul tampilan lain dan silakan masukkan URL orderlink WhatsApp yang sudah kamu buat.

Tanpa menekan Enter maka secara otomatis akan diproses dan muncul URL yang sudah dipendekkan. Disitu kamu bisa mengedit ekornya sesuai dengan keinginanmu. Setelah dirasa cukup klik tombol SAVE.
wa orderlink

Membuat Orderlink WhatsApp Menggunakan Tools Online

Sebenarnya ada sebuah layanan online atau tool yang bisa membuat orderlink dengan sangat baik yaitu situs wa.orderlink.in, namun sayangnya setelah saya cek layanan tersebut sudah tidak bisa diakses.

Namun beberapa waktu lalu saya menemukan sebuah tool atau layanan online untuk membuat orderlink secara otomatis. Layanan yang saya maksud adalah wa.wizard.id dimana kamu cukup memasukkan nomor wa lalu mengisi teks atau pesan default.

Caranya adalah masukkan terlebih dahulu nomor wa tanpa awalan angka nol. Jadi jika nomor wa kamu adalah 082293300783 maka yang kamu masukkan adalah 82293300783 dan di bawahnya silakan masukkan pesan dan klik "GENERATE LINK".

Tunggu proses sampai selesai dan akan muncul tampilan baru. Silakan salin linknya dengan mengklik COPY LINK yang ada pada samping link. Sekengkapnya kamu bisa lihat pada gambar di bawah ini:
wa orderlink
Itu sudah artikel yang saya bawakan mengenai cara membuat orderlink WhatsApp untuk olshop di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Jika ada yang perlu ditanyakan silakan sampaikan di kolom komentar. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa.
Related Posts
John Asto
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

1 komentar

  1. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing blog that understand the value of providing a quality resource for free. Keep up the good work - COC MOD and GBWhatsapp

    BalasHapus
Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.