bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

Cara Membuat Diagram Pie atau Diagram Lingkaran di Excel

Ikon Microsoft Excel dan teks cara membuat diagram pie di excel
Cara Membuat Diagram Pie di Excel - Di dalam Microsoft Excel terdapat beberapa diagram seperti diagram batang, garis dan tentu saja diagram lingkaran atau yang biasa disebut Pie Chart. Dan diagram lingkaran atau pie chart inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Diagram lingkaran atau Pie Chart sesuai namanya adalah diagram yang memiliki bentuk seperti lingkaran. Visualisasi data dalam bentuk lingkaran tersebut akan dibagi-bagi menjadi seperti potongan-potongan kue pie yang mewakili nilai masing-masing data.

Lalu bagaimana cara membuat diagram pie di excel? atau bagaimana cara membuat diagram lingkaran excel? Untuk mengetahui caranya silakan simak uraian di bawah ini:

Cara Membuat Diagram Lingkaran di Excel

1. Sebagai langkah awal untuk persiapan, buatlah tabel dengan data seperti pada gambar di bawah ini:
Tabel Populasi Penduduk di Kota yang Ada di Pulau Sulawesi pada Microsoft Excel
2. Setelah membuat tabel data seperti di atas, lanjut dengan menyorot atau menyeleksi range data yang akan digunakan dalam diagram nantinya.
Menyorot atau menyeleksi data tabel di Microsoft Excel untuk membuat diagram pie
3. Kemudian masuk ke tab Insert lalu pada grup Charts klik Pie dan pilih bentuk atau format diagram lingkaran yang diinginkan.

4. Untuk mengatur posisi diagram klik dan tahan pada kotak diagram lalu geser dan lepaskan pada tempat yang diinginkan.
Memindahkan dan mengubah ukuran box diagram pie di excel
Lalu untuk mengubah lebar dan tinggi kotak diagram maka klik salah satu sudutnya kemudian tahan dan gerakkan pointer secara diagonal untuk mengatur lebar dan tinggi sesuai dengan keinginan kamu.

5. Ketika ingin mengubah judul diagram, cukup klik dua kali pada bagian Title Chart dan isi dengan teks yang kamu inginkan. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini:
Mengubah judul diagram pie pada Microsoft Excel
6. Berikutnya adalah kamu bisa mengganti layout diagram seperti memunculkan persentase dan nama, persetase saja bahkan ada yang hanya mewakili warna saja.
Mengubah layout diagram pie pada Microsoft Excel
Untuk itu kamu harus mengklik kotak diagram yang akan kamu ubah layoutnya. Kemudian masuk tab Design dan pada grup Chart Layouts, pilih layout yang kamu inginkan.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara membuat diagram pie di excel dengan melakukan beberapa modifikasi seperti mengubah judul, mengubah layout dan mengubah posisi serta ukuran dari diagram lingkaran. Sekian dan terima kasih.
Posting Komentar

Posting Komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.