bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula

Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula
Tahupost.Net - Di masa pandemi COVID-19 makin banyak orang yang memasarkan produknya di internet terutama media sosial. Nah, dalam artikel kali ini saya akan membantu dan memandu teman-teman bagaimana cara jualan online di Facebook bagi pemula lengkap dengan gambar.


Menjual dan mempromosikan produk di Facebook merupakan pilihan yang tepat bagi yang ingin memasarkan sebuah produk tanpa harus keluar rumah dan menyebarkan selebaran iklan lalu menempelkannya di tembok atau pepohonan di pinggir jalan.

Ada banyak cara atau jalan untuk memasarkan produk di Facebook antara lain menggunakan Facebook Ads melalui Fanpage, grup jual beli dan tentu saja yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah Facebook Marketplace.

Apa Itu Facebook Marketplace?

Facebook Marketplace adalah sebuah terobosan e-commerce terbaru dari Facebook. Sesuai dengan namanya, Facebook Marketplace merupakan sebuah pasar online yang mewadahi kegiatan jual beli pengguna. Kamu bisa mengaksesnya dengan mengklil ikon toko yang ada di bagian header aplikasi.

Mengapa Lebih Memilih Facebook Marketplace?

Nilai jual terbaik Facebook adalah layanannya yang gratis tanpa dipungut biaya dan kenyamanannya. Tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk memasarkan sebuah produk di Facebook Marketplace. Dengan demikian resiko kerugian hampir tidak ada.

Manfaat Berjualan di Facebook Marketplace

Facebook Marketplace menawarkan metode atau cara pemasaran yang mudah dilakukan untuk menemukan audiens yang tepat bagi produk kamu.

Jangkauan yang Luas

Para seller memasarkan produknya di Facebook Marketplace bisa memasukkan nama produk dengan jangkauan pelanggan yang luas sesuai dengan lokasi terdekat.

Pengalaman Pelanggan yang Dipersonalisasi

Facebook Marketplace menampilkan produk yang relevan dengan konsumen sehingga dapat membantu bisnis kamu menemukan pelanggan yang tepat.

Ini membantu memastikan bahwa produk kamu dilihat oleh audiens yang tepat, yang pada akhirnya menghasilkan peningkatan peluang bahwa interaksi jual beli tersebut akan mengarah pada pembelian (tahap closing).

Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook?

Caranya tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kamu bisa memasarkan produk melalui laptop atau lewat smartphone di aplikasi Facebook ataupun websitenya. Untuk tutorialnya simak ulasan berikut ini:

1. Pertama-tama buka aplikasi Facebook apapun itu (Lite atau for Android), bisa juga kamu mengaksesnya melalui website di browser. Di sini saya sendiri mengakses Facebook lewat browser menggunakan laptop. Untuk yang menggunakan smartphone tombolnya tidak jauh beda.

2. Klik ikon toko yang ada pada bagian header (atas) tampilan Facebook. Sudah itu klik tombol "+Jual Barang" (tanpa tanda petik) kemudian klik lagi Barang Dijual yang memiliki ikon teko. Lebih jelas lihat gambar berikut:
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula
3. Akan muncul tampilan dialog yang baru. Di sini kamu awali dengan mengunggah beberapa gambar dari produk yang ingin dijual atau dipasarkan dengan mengklik tombol Tambahkan Foto. Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah:
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula
4. Gulir ke bawah dan isi pada bagian Judul, Harga, Kategori, Keterangan, Label dan Lokasi (terisi secara otomatis). Untuk beberapa opsi akan muncul tergantung dari kategori yang kamj pilih. Sebagai contoh saya memilih kategori Telepon Seluler. Jadi bagian tambahan yang akan muncul adalah Kondisi dan Nama Perangkat.
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula
5. Setelah pada poin sebelumnya semua bagian terisi maka langkah berikutnya adalah mengklik tombol Selanjutnya. Pilih grup tempat nantinya memasarkan produk selain di Facebook Marketplace (bisa juga tidak memilih grup).
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula
Setelah semuanya selesai, tinggal menunggu produk kamu ditinjau hingga dikatakan bisa untuk dipasarkan di Marketplace. Dan tentu saja siap-siap untuk merespon pembeli melalui Messenger seperti di bawah ini.
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula
Sampai di sini saja artikel mengenai cara jualan online di Facebook bagi pemula di Marketplace. Ngomong-ngomong saya memang menjual smartphone bekas tersebut dan jika berminat silakan hubungi saya.
Posting Komentar

Posting Komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.