bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

Cara Merekam Layar Laptop Secara Online 100% Gratis!

Cara Merekam Layar Laptop Secara Online
Cara Merekam Layar Laptop Secara Online - Pernahkah terpikirkan oleh Anda apakah bisa merekam layar laptop tanpa aplikasi? Seperti di Windows 10, tanpa menggunakan aplikasi kita sudah bisa menggunakan Ctrl + G untuk memulai merekam layar.

Namun dalam postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara merekam layar laptop secara online tanpa download aplikasi dan tentunya layanan online ini sepenuhnya gratis. Nama website yang memiliki tools perekam layar online ini adalah RecordCast.

Cara Merekam Layar Laptop Secara Online

Langkah 1: Karena ini bersifat online dan cuma memanfaatkan fungsi browser maka untuk memulai merekam layar laptop atau komputer, Anda silakan buka situs RecordCast.com atau langsung saja klik linknya. Kemudian setelah webnya terbuka, klik tombol Start Recording.
Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi
Langkah 2: Akan terbuka tampilan halaman lain. Di halaman ini Anda sudah bisa memulai merekam layar laptop atau komputer dengan mengklik lingkaran merah yang ada diposisi tengah bagian paling bawah.
Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi
Adapun 3 metode audio yang ada yakni Microphone, System Audio dan No Audio memiliki fungsi antara lain sebagai berikut:
  1. Microphone berfungsi untuk merekam layar bersamaan dengan merekam suara lewat microphone laptop atau komputer. Fungsi ini cocok diterapkan jika Anda ingin membuat video presentasi dan tutorial.
  2. System Audio berfungsi untuk merekam layar sekaligus merekam suara sistem secara langsung. Jadi jika Anda bermain game maka secara otomatis audio dari game tersebut 100% akan direkam dengan hasil yang jernih.
  3. No Audio memungkinan Anda untuk merekam layar laptop atau komputer tanpa suara.
Langkah 3: Setelah mengklik tombol rekaman pada tahap sebelumnya, akan muncul pop up di mana Anda akan menentukan bagian layar mana yang akan direkam. Di sini terdapat 3 tab yang berbeda antara lain:
  1. Tab Your Entire Screen akan merekam semua bagian layar laptop atau komputer Anda.
  2. Tab Aplication Window akan merekam jendela program tertentu yang berjalan di laptop atau komputer Anda.
  3. Tab Chrome Tab akan merekam layar pada tab apa saja yang terbuka di browser kesayangan Anda.
Jika sudah paham dengan fungsi masing-masing tab yang saya jelaskan di atas, jangan lupa centang Share Audio agar nantinya suara dapat direkam melalui perijinan browser bersama dengan layar laptop atau komputer Anda. Jika sudah memilih layar mana dan mencentang Share Audio silakan klik Share untuk memulai rekaman layar.
Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi
Langkah 4: Setelah mengklik tombol Share pada langkah sebelumnya, maka secara otomatis akan mulai merekam layar laptop atau komputer Anda. Untuk mengakhiri merekam layar silakan klik tombol stop seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi
Langkah 5: Apabila sudah mengklik tombol stop maka secara otomatis akan muncul tampilan halaman di mana Anda bisa mengunduh video hasil rekaman layarnya atau lanjut dengan mengedit video tersebut.
Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi
Untuk merekam ulang klik tombol Re-record. Jika ingin mengunduh langsung videonya klik Download. Namun jika ingin lanjut mengedit videonya klik tombol Edit This Screencast Now yang ada di sebelah kanan bagian bawah.

Cara Mengedit Video Screencast di RecordCast

Jika diperhatikan dengan baik, editor video yang dimiliki oleh RecordCast hampir sama dengan tampilan dari aplikasi Wondershare Filmora pada platform PC. Namun editor video dari RecordCast lebih sederhana dan sangat cocok digunakan oleh pemula serta tidak membebani memori.
Editor Video yang super Ringan dari RecordCast
Fitur System Audio dan video editor yang ringan menurut saya adalah yang terbaik dari RecordCast. Tetapi fitur webcam masih belum tersedia. Mungkin kedepannya pihak developer akan segera merilis fitur webcam di RecordCast.com.

Bagi yang malas mengunduh aplikasi screencast dan video editor karena membebani memori laptop atau komputer, RecordCast bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda. Cukup sekian tutorial untuk cara merekam layar laptop secara online, sampai jumpa dan terima kasih.
Posting Komentar

Posting Komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.