bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Jenis Artikel Apa yang Penulisannya Paling Sulit dan Ribet di Blog?

Artikel Tutorial
Sekali-sekalilah saya tidak usah riset kata kunci atau buat tugas kuliah di blog seperti kemarin 😅. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi sedikit pengalaman bagaimana rasanya membuat artikel panjang lebar kadang juga singkat di blog ini.

Dari awal memulai mengelola sebuah blog sampai detik ini, saya sudah mempublikasikan berbagai jenis artikel. Maklum dari dulu saya selalu mengelola blog gado-gado dan cuma sekali mengelola blog dengan niche tertentu (microniche). Itu pun niche-nya cerita fiksi dan blognya sudah lama hilang.

Jenis-jenis artikel berdasarkan isinya yang pernah saya buat di blog adalah fakta unik, tutorial, download, review film, lagu/musik, sampai artis. Dari semua jenis artikel yang saya sebutkan sebelumnya, mereka memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Nah jika saya urutkan dari yang paling mudah sampai yang paling sulit, urutannya adalah sebagai berikut:
  1. Artis
  2. Lagu/musik
  3. Download
  4. Fakta unik
  5. Review film
  6. Tutorial
Bisa dilihat jenis artikel yang paling sulit adalah tutorial kemudian diikuti oleh review film. Lalu yang paling mudah adalah artikel yang membahas tentang artis. Urutan kesulitan di atas berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Apa alasannya sehingga saya menempatkan artikel jenis tutorial adalah yang paling sulit? Tentu saja terlebih dahulu kita harus menguasai tutorial yang akan dibuat kemudian bisa mempublikasikan dan menjelaskannya ke orang lain yang membutuhkan.

Belum lagi mengedit gambar dengan memberikan penegasan dan arahan berupa tanda panah dan urutannya agar orang lain bisa mengerti. Saya ambil contoh seperti pada tutorial yang kemarin saya buat di blog ini.
Mengedit Gambar untuk Artikel Tutorial
Selain mengedit gambar untuk artikel tutorial yang rada-rada ribet dan harus teliti, perencanaan juga termasuk hal yang harus diperhatikan. Bagaimana kita harus merencanakan langkah apa yang selanjutnya akan ditampilkan setelah menyelesaikan satu langkah.

Namun dari semua hal-hal yang ribet dalam membuat artikel tutorial, masalah mengedit gambar adalah yang paling menonjol. Lebih lama mengedit gambar daripada memikirkan rangkaian kata yang akan diketik pada tiap langkah. Kadang juga kita harus mempersiapkan alat dan bahan bahkan hasil project dari tutorial yang dibuat.

Coba kita bandingkan dengan pembuatan artikel fakta unik yang dulu sering saya lakukan pada blog-blog sebelum blog ini. Jika pernah menonton acara On The Spot kurang lebih seperti itu artikel yang saya buat namun hanya terdiri dari lima fakta bukan tujuh.

Membuat artikel fakta unik cukup mengandalkan daya ingat saya yang bisa dikatakan lumayan ketika sudah menonton On The Spot di TV atau YouTube. Kemudian mengubah redaksi katanya dan menambahkan gambar terkait sesuai dengan daftar fakta yang dibahas. Cuma itu saja yang dilakukan, mudah dan cepat tapi tidak bisa diandalkan untuk mendapatkan traffic dari mesin pencari seperti artikel tutorial.

Ini cuma opini saya secara pribadi berdasarkan pengalaman dalam menbuat artikel di blog dari dulu sampai sekarang. Mungkin saja kamu yang membaca ini punya opini yang berbeda
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

2 komentar

  1. Betul banget mas buat artikel review itu sangat ribet... Dulu ane pernah disewa buat nulis review aplikasi juga sangat rumit dan lama. Bayangin aja 1 artikel buatnya sampai 3 jam, yang paling lama itu risetnya... karena sulit inilah ane hanya tahan 1 Minggu doang walaupun bayaran nya lumayan :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya saya respect banget sama orang yang mengelola blog niche review. Susahnya sampai ke ubun-ubun karena bukan cuma sekali pakai kita langsung bisa review, tapi harus berulang-ulang.

      Hapus
Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.