bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

Tugas 1 Sistem Isyarat Elektronik

TUGAS 1
Mata Kuliah:Sistem Isyarat Elektronik
Nama Tugas:Tugas 1 Sistem Isyarat Elektronik
Dosen Pengampu:Dr. Hendra Jaya, S.Pd., MT.
Nama:John Asto

Tes Formatif (hal. 24)

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengolahan sinyal?

JAWAB:
Pengolahan sinyal adalah suatu operasi matematik yang dilakukan terhadap suatu sinyal sehingga diperoleh informasi yang berguna. Dalam hal ini terjadi suatu transformasi. Pengolahan sinyal analog memamfaatkan komponen-komponen analog, misalnya dioda, transistor, op-amp dan lainnya. Pengolahan sinyal secara digital menggunakan komponenkomponen digital, register, counter, dekoder, mikrokontroler, dan lainya.

2. Jelaskan pengertian sinyal diskrit dan sinyal kontinyu!

JAWAB:
Sinyal diskrit atau sinyal digital adalah sinyal tak kontinyu yang memiliki dua kemungkinan keadaan yaitu logika 0 dan logika 1. Inilah alasan mengapa disebut sinyal tak kontinyu. Selain itu sinyal diskrit/digital juga mempunyai istilah tepi naik dan tepi turun. Tepi naik merupakan transisi dari negatif ke positif, sedangkan tepi turun merupakan transisi dari positif ke negatif.

Sinyal kontinyu atau sinyal analog adalah sinyal yang mempunyai puncak positif dan puncak negatif dimana karakteristik dari sinyal tersebut akan berubah-ubah sesuai dengan informasi yang dibawanya. Karakteristik yang akan berubah-ubah adalah amplitudo dan frekuensi.

3. Jelaskan pengertian representasi sinyal!

JAWAB:
Representasi sinyal adalah fungsi dari variable bebas yang menyampaikan informasi mengenai suatu keadaan atau lingkungan dari sistem secara fisik. Variable bebas tersebut dapat berupa waktu, jarak, posisi, dan lain-lain.

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pergerseran, pemantulan, dan penskala waktu!

JAWAB:
Operasi pergeseran adalah operasi menggeser sinyal ke kanan atau ke kiri pada sumbu waktu. Dalam aplikasi pengolahan sinyal, hal ini dilakukan dengan tunda waktu. Operasi pemantulan adalah operasi yang dilakukan dengan mencerminkan isyarat terhadap sumbu vertikalnya. Penskalaan waktu adalah upaya menyempit dan melebarkan isyarat pada sumbu waktu.
Posting Komentar

Posting Komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.