bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Plagiat? 6 Lagu Indonesia ini Mirip dengan Lagu Luar Negeri

Lagu Indonesia Mirip Lagu Luar Negeri
Kita tahu bahwa sebuah lagu atau musik merupakan cerminan dari si penciptanya. Maka dari itu kemungkinan besar lagu yang diciptakan oleh seorang penyanyi/musisi adalah unik. Namun apa jadinya jika lagu yang ia buat memiliki kemiripan dengan lagu orang lain? Plagiat? Terinspirasi? Ataukah sudah mendapatkan hak cipta dari artis bersangkutan. Hanya dia yang tahu.

Berikut ini ada beberapa lagu Indonesia yang mempunyai kemiripan sebagian dan nyaris seluruhnya dengan lagu luar negeri. Walaupun kemiripan lagu itu tidak menjadi masalah bagi banyak orang, tetapi akan mempengaruhi mood orang yang lebih mengutamakan originalitas sebuah lagu.

6. Armada - Asalkan Kau Bahagia 《》 F4 - Liu Xing Yu

Bagi yang pernah nonton serial Meteor Garden pasti sudah menyadari bahwa lagu Asalkan Kau Bahagia mirip dengan lagu Liu Xing Yu yang dibawakan oleh F4, boyband asal Taiwan yang pernah terkenal pada tahun 90-an. Kemiripan lagu ini terletak pada reff-nya.

5. Cita Citata - Goyang Dumang 《》 Tom Boxer & Morena - Deep In Love ft. J Warner

Lagu Goyang Dumang (2015) yang dibawakan oleh pedangdut Cita Citata ini memiliki kemiripan yang lumayan banyak dengan lagu Deep In Love (2011). Bagian musik dari lagu Deep In Love yang khas divokalisasi pada lagu Goyang Dumang. Silakan anda nilai sendiri.

4. Melinda - Cinta Satu Malam 《》 Cascada - Everytime We Touch

Lagi-lagi lagu dangdut. Bisa dibilang kedua lagu ini memiliki kemiripan 80% mulai dari musik sampai vokal. Ketika mendengarkan lagu Everytime We Touch yang dibawakan oleh Cascada ini, anda akan seolah-olah mendengarkan lagu Cinta Satu Malam versi bahasa Inggris.

3. Kertas Band - Kekasih Yang Tak Dianggap 《》 I Want to Change the World/Inuyasha OST

Bagi kamu anak tahun 90-an pasti sudah pada tahu kalau lagu pembuka anime Inuyasha ini mirip dengan lagu Kekasih yang Tak Dianggap dari Kertas Band atau sekarang adalah Armada. Kedua kalinya dalam daftar ini Armada muncul. Dan lagi-lagi yang mirip adalah pada bagian reff.

2. Trio Macan - Iwak Peyek 《》 Cock Sparrer - Take 'Em All

Dari awal memutar lagu Take 'Em All pasti langsung tahu bahwa lagu ini mirip dengan lagu Iwak Peyek yang dinyanyikan oleh Trio Macan. Iwak Peyek sendiri merupakan lagu yang pernah populer pada tahun 2012. Disamping itu lagu Take 'Em All sendiri mulai dirilis pada tahun 1982.

1. Via Vallen - Sayang 《》 Kiroro - Mirai E

Lagu Sayang yang dibawakan Via Vallen ini memiliki kemiripan yang sangat kentara dengan lagu dari Jepang yang berjudul Mirai E oleh Kiroro. Siapa yang menyangka kalau lagu yang aslinya tentang kasih sayang seorang ibu disulap oleh Via Vallen menjadi lagu percintaan orang dewasa.

Selain keenam lagu di atas, masih ada banyak lagu yang memiliki kemiripan dengan lagu luar negeri. Bahkan ada lagu yang terinspirasi lebih dari satu lagu luar. Bagi orang Indonesia hal ini bukanlah masalah, yang terpenting lagunya itu bagus dan bisa dinikmati.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten memasak dan kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

Posting Komentar