bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Mengatasi Kamera Gagal (Error) di Semua Merk HP

Cara Mengatasi Kamera Gagal (Error) di Semua Merek HP
Cara Mengatasi Kamera Gagal - Kamera adalah komponen penting yang tidak lepas dari penggunaan pada smartphone modern. Karena itu, banyak orang yang panik ketika hp mengalami kesalahan kamera yang tidak bisa dinyalakan serta tidak bisa mengambil gambar.


Ini mungkin karena kamera sedang digunakan oleh aplikasi lain, sehingga tidak dapat diakses pada saat yang sama atau karena cara keluar pengguna yang tidak tepat saat selesai menggunakan kamera.

Selain itu, penggunaan jangka panjang membuat kamera pada hp rusak sehingga tidak lagi seperti kualitas aslinya yang olej karena ponsel rusak atau terpukul keras di suatu tempat. Saat menghadapi error ini, pengguna hanya perlu mengikuti beberapa pedoman standar di bawah ini untuk memperbaiki kamera yang gagal dibuka.

1. Restart HP Anda

Nyalakan kembali ponsel dengan menekan dan tahan tombol Power pada hp dan ketika muncul layar opsi, lepaskan. Kemudian klik Mulai Lagi / Restart untuk memperbaiki masalah tidak menyalakan kamera di Android.

2. Bersihkan Data Aplikasi Kamera

Jika cara sebelumnya masih belum bisa menyelesaikan masalah pada kamera Anda dapat memilih solusi berikutnya yaitu menghapus data aplikasi kamera dengan mengakses aplikasi di Pengaturan. Dari pengaturan pilih Aplikasi dan klik Manajer Aplikasi.
Cara Mengatasi Kamera Gagal - Manajemen Aplikasi
Menuju ke tab Semua lalu cari dan pilih aplikasi Kamera. Akan muncul informasi mengenai aplikasi Kamera yang berkaitan kemudian klik tombol Hapus Data. Keluar dari pengaturan dan buka aplikasi Kamera apakah sudah bagus ataukah masih bermasalah.
Cara Mengatasi Kamera Gagal - Hapus Data

3. Kembali ke Pengaturan Pabrik

Jika cara sebelumnya tidak bisa memperbaiki masalah ini, maka Anda dapat mencoba untuk mengembalikan hp ke pengaturan pabrik. Cara ini memperbaiki sebagian besar kesalahan pada Android sampai ke akar-akarnya.

Cara ini akan menghapus semua aplikasi yang pernah Anda instal sebelumnya. Dengan kata lain hp Anda akan seperti baru saat pertama kali dibeli. Untuk kembali ke pengaturan pabrik, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Masuk ke menu pengaturan, kemudian gulir ke bawah cari dan buka menu Cadangkan dan reset.
Cara Mengatasi Kamera Gagal - Factory Reset
Langkah 2: Gulir sampai ke paling baah dan klik Reset data pabrik. Tunggu beberapa saat hingga proses reset pabrikan selesai. Setelah hp sudah menyala kembali, cobalah untuk membuka dan menggunakan kamera.

4. Ganti Kamera

Jika semua cara di atas tidak ada satupun yang berhasil, langkah terakhir yang harus Anda ambil adalah dengan mengganti kamera hp dan silakan bawa ke tempat servis elektronik terdekat di tempat tinggalmu.

Dan lagi-lagi jika masih bermasalah, pilihan terakhir untuk Anda adalah tetap menggunakan hp tersebut walau kameranya rusak ataukah membeli hp baru yang kameranya sudah lebih baik. Pilihan ada di tangan Anda, pilih yang menurut Anda bijak.

Itulah tadi artikel mengenai bagaimana cara mengatasi kamera yang gagal dibuka pada semua merk hp. Semoga bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih sampai jumpa.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

Posting Komentar