bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Perbedaan Antara Bloger, Blogger dan Blogspot

Perbedaan Bloger, Blogger dan Blogspot
Pernah mendapati atau mendengar istilah Bloger, Blogger dan Blogspot? Jika Anda pengelola blog pasti sering bukan mendengar istilah Bloger, Blogger dan tentunya Blogspot. Dari ketiga istilah itu banyak yang masih belum bisa membedakannya.

Ada yang mengatakan Blogger itu orang yang ngeblog dan ada juga yang berpendapat bahwasanya Blogger itu adalah sebuah layanan pembangun blog (Blog Builder). Ada yang menyamakan Blogspot dengan Blogger dan bahkan ada yang mengatakan istilah Bloger itu tidak ada.
Perbedaan Bloger, Blogger dan Blogspot
Maka dari itu dalam postingan kali ini Saya akan menjelaskan perbedaan yang mendasari ketiga istilah tersebut secara objektif berdasarkan data-data yang Saya temukan di seluruh penjuru Internet.

Istilah Bloger di KBBI

Saya rasa masih banyak orang di luar sana yang belum menyadari bahwa istilah untuk orang yang senang mengelola blog berubah menjadi "bloger". Istilah "bloger" adalah versi baku yang sudah ada dalam KBBI Jilid IV. Belum percaya? Lihat screenshot di bawah.
Kata Bloger Adalah yang Baku
Bloger sendiri adalah kata serapan dari Blogger dalam Bahasa Indonesia. Istilah Bloger dan Blogger keduanya adalah benar namun istilah Bloger adalah kata yang baku dalam Bahasa Indonesia sebagai sebutan untuk orang yang ngeblog.

Iya memang kata "Blogger" sudah lama melekat di hari para sobat pengeblog jadi pastinya istilah "Bloger" akan terdengar asing walaupun sebenarnya itulah yang sesuai dengan KBBI dan merupakan kata yang baku dari "Blogger" dalam Bahasa Indonesia.

Penjelasan Blogger di Wikipedia

Karena kata Blogger tidak ditemukan di KBBI, kita coba mencari apa yang dimaksud Blogger pada Wikipedia. Dalam Wikipedia Saya tidak menemukan jawaban yang menjelaskan bahwa Blogger itu adalah orang yang menulis di blog.

Malahan di Wikipedia dijelaskan bahwa Blogger adalah sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat blog dengan kata lain Blogger adalah situs Pembangun Blog (Blog Builder). Iya itu memang benar, sebutan Blogger sepertinya lebih cocok untuk menjelaskan sebuah layanan pembangun blog yang dibeli Google pada tahun 2003 dari Pyra Labs.
Pengertian Istilah Blogger yang Valid

Apa itu Blogspot?

Bagaimana dengan Blogspot? Saya mencarinya dan malah menampilkan halaman Blogger (layanan) di Wikipedia. Blogspot dulunya adalah istilah yang merujuk ke Blogger. Makanya jika orang menyebut Blogspot pasti yang dia maksud adalah Blogger dimana orang bisa membuat blog.

Namun Blogspot sendiri merupakan sub domain gratis yang kita dapatkan ketika membuat blog di Blogger. Itulah sebabnya, kita selalu melihat beberapa nama atau kata lain sebelum blogspot.com. Bahkan dalam Wikipedia dijelaskan bahwa blog-blog yang dibuat di Blogger diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain "blogspot.com".

Kesimpulan

Bloger adalah kata baku sebagai sebutan untuk orang yang ngeblog. Disamping itu kata Blogger tidak ditemukan di KBBI, namun di Wikipedia dijelaskan bahwa Blogger adalah sebuah layanan pembangun blog (blog builder). Sedangkan Blogspot adalah domain (SLD) gratis yang didapatkan ketika membuat blog di Blogger.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten memasak dan kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

Posting Komentar