bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Mengunci Folder di Windows 10 dengan Password

Cara Mengunci Folder di Windows 10 dengan Password
Kita semua tentu memiliki file yang ingin dirahasiakan dari orang lain, tetapi tidak semua orang tahu cara mengunci folder dengan password di Windows 10. Apakah menyembunyikan catatan dari seseorang yang memiliki akses ke laptop Anda atau ada file rahasia tingkat tinggi seperti film po**o?

Untungnya, di Windows 10 ada banyak software pengunci folder yang bisa diunduh secara gratis di internet. Sampai saat ini, software pengunci folder terbaik dengan perlindungan password adalah Folder Guard. Folder Guard juga memiliki fitur untuk mengatur kata sandi folder seperti pada software yang lain.

Namun, alih-alih untuk menyembunyikan data seperti program lain, Folder Guard memberi Anda opsi untuk mengamankan folder tetapi tetap menampilkan folder atau menyembunyikan file jika Anda mau. Folder Guard akan menampilkan jendela masukan untuk password langsung di Windows Explorer.

Selain itu, perangkat lunak ini juga mengontrol akses ke Control Panel, Start Menu, Desktop., Atau menghubungkan ke perangkat eksternal seperti USB, hard drive, kartu memori. Artikel berikut akan menunjukkan cara mengatur password folder di Windows 10.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

Langkah 1: Jika belum memasang software Folder Guard, Anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui link yang Saya berikan di bawah ini:


Versi gratis di atas hanya bisa dipakai selama 30 hari. Untuk bisa dipakai seumur hidup Anda bisa langsung membeli key lisensinya atau mengunduh versi bajakannya.

Langkah 2: Install Folder Guard pada komputer Anda dan jangan lupa pilih bahasa Indonesia dan atur master passwordnya. Jika sudah, buka software Folder Guard. Anda akan dimintai untuk mengisi lisensi, jika tidak punya klik 'Continue'.

Pada tab 'Dikunci' klik 'Kunci folder dengan kata sandi...' maka akan muncul jendela baru. Pilih folder yang ingin dikunci lalu klik 'OK'.
Pilih Folder yang akan Dipasangkan Password
Langkah 3: Saatnya mengatur password untuk folder yang Anda pilih pada langkah sebelumnya. Usahakan buat password yang mudah untuk diingat dan tidak terlalu pendek.
Atur Password untuk Folder di Windows 10
Langkah 4: Atur properti kata sandi seusai dengan kebutuhan Anda. Saya sarankan untuk tetap tidak diubah dan langsung klik 'OK'.
Atur Properti Kata Sandi Folder
Langkah 5: Untuk mengaktifkan password pada folder, klik 'Terapkan' kemudian klik 'Lindungi' pada jendela utama Folder Guard. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah.
Mengaktifkan kunci folder dengan password
Langkah 6: Coba buka folder yang Anda buatlan kunci password tadi. Tampilan yang akan muncul kurang lebih seperti lada gambar di bawah ini. Isi folder akan muncul jika password yang dimasukkan sudah cocok.
Folder Terkunci dengan Password
Sekarang dokumen rahasia Anda aman terjaga oleh Folder Guard dengan proteksi kata sandi. Untuk menghilangkan password pada folder tadi, kembali ke Folder Guard dan klik kanan pada folder yang ingin dihilangkan proteksinya kemudian pilih opsi 'Hapus kata sandi...'.
Hapus Password Folder
Akan muncul notifikasi dari Folder Guard untuk mengonfirmasi apakah kata sandi pada folder yang dipilih akan dihapus dan tidak dilindungi. Jika berniat untuk menghilangkan password-nya klik 'OK'. Jangan lupa untuk mengklik tombol 'Terapkan' setelah itu.

Demikian tutorial bagaimana cara mengunci folder di Windows 10 dengan password memakai software Folder Guard. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

Posting Komentar