bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Mengetahui Web Hosting Sebuah Website dengan Mudah

Cara Mengetahui Web Hosting Sebuah Website
Saya yakin pasti banyak dari kalian yang bertanya "Bagaimana caranya mengetahui layanan hosting mana yang digunakan website orang lain?". Apakah itu hanya karena penasaran atau oleh hal lain seperti konten blog Anda dicuri oleh website lain.

Berikut ini sedikit tips cepat bagi siapa saja yang mencari cara mudah untuk mengetahui layanan mana yang meng-hosting sebuah website tertentu . Mencoba mencari tahu layanan mana yang meng-host website bisa menjadi aktivitas yang cukup menjengkelkan jika Anda mencoba menelusuri dengan mencarinya di WHOIS, dll.

Bahkan sering kali Anda hanya akan mendapatkan perusahaan atau layanan yang mendaftarkan domain seperti Namecheap dan Domainesia, tetapi bukan perusahaan hosting yang sebenarnya dari website yang berusaha Anda cari tahu.

Cara Mengetahui Hosting Sebuah Website

Who is Hosting This adalah sebuah situs yang memiliki fungsi untuk memberi tahu Anda perusahaan apa yang meng-hosting website tertentu. Saya sangat suka ini karena sebagian besar alat pengecekan situs web online serupa tidak memberikan jawaban yang jelas dan ringkas.

Setelah membuka situs Who is Hosting This, silakan masukkan alamat website yang ingin Anda ketahui layanan mana yang meng-host sebuah website. Sebagai contoh Saya akan mencari tahu layanan hosting mana yang menyokong situs Sugeng.Id.
Masukkan Domain Situs di Who is Hosting This - Cara Mengetahui Web Hosting Sebuah Website
Tekan 'Enter' atau klik 'Search' untuk melihat hasilnya, jika muncul reCaptcha silakan lewati. Jika sudah selesai memuat, hasilnya seperti pada gambar di bawah ini:
Hasil dari Pencarian Domain Sugeng.Id - Cara Mengetahui Web Hosting Sebuah Website
Dari gambar di atas kita bisa mengetahui bahwa situs Sugeng.Id memakai layanan hosting DigitalOcean. Dan lagi ada pertanyaan, bagaimana jika blog yang daftar di Blogger? Hasilnya akan seperti di bawah ini.
Hasil untuk Blog di Blogger - Cara Mengetahui Web Hosting Sebuah Website
Karena Blogger adalah salah satu produk Google seperti YouTube maka hostingnya tentu di Google. Nah jika Anda masih ragu hasil di atas yaitu menggunakan layanan "Who is Hosting This", di bawah adalah cara untuk memastikannya.

Sebelum itu, salin terlebih dahulu alamat IP dari situs yang telah Anda periksa di atas sebelumnya. Kunjungi IP Whois Lookup dan kemudian pastekan alamat IP pada kotak isian yang tersedia. Setelah itu tekan 'Enter'.
IP Whois Lookup - Cara Mengetahui Web Hosting Sebuah Website
Tunggu sampai prosesnya selesai. Apabila sudah selesai gulir kebawah sampai menemukan variabel "netname". Hasil lookup tiap domain berbeda-beda, bagian paling atas dan pertama belum tentu itu yang dimaksud. Lebih lengkap lihat gambar di bawah ini.
Menggunakan IP Whois Lookup - Cara Mengetahui Web Hosting Sebuah Website
Hasilnya sama bukan dengan cara yang pertama? Di netname tercantum nama DigitalOcean dan descr (description) tertera DigitalOcean, LLC. Bagaimana mudah kan?

Kebanyakan orang mencari tahu layanan hosting yang dipakai website tertentu karena website tersebut melakukan pelanggaran seperti pencurian konten dan publikasi konten terlarang. Tapi terkadang layanan hosting tetap bersikeras mempertahankan dan menutupi pelanggaran kliennya.

Demikian tutorial bagaimana cara mengetahui web hosting yang dipakai oleh website tertentu. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa pada artikel berikutnya.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

Posting Komentar