bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Mengganti Icon Folder dengan Gambar Sendiri di Windows

Cara Mengganti Icon Folder dengan Gambar Sendiri di Windows
Cara mengganti icon folder di laptop - Membuat folder adalah langkah yang bagus untuk mengatur program, file, dan bahkan pintasan (shortcut). Jika Anda memiliki banyak folder di desktop Anda, mereka dapat mulai terlihat hambar atau mungkin sulit untuk menemukan yang spesifik.

Untungnya, Windows menawarkan solusi untuk masalah ini dalam bentuk memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan tampilan folder mereka. Caranya bagaimana? Kita mengubah dan mengganti icon folder dengan gambar sendiri. Sebelum lanjut, persiapkan terlebih dahulu gambar yang akan dijadikan icon folder.
Siapkan Gambar yang Ingin Dijadikan Icon Folder
Di atas adalah contoh gambar yang akan dijadikan sebagai icon folder. Saya ingin mengganti icon dari folder film Cyborg She (2008) dengan cover DVD film itu sendiri. Untuk mencari gambar silakan cari di Google. Anda bisa mencari icon dalam bentuk PNG di PNGTree.com atau situs penyedia icon lainnya.

Untuk gambar harus berformat PNG, JPG atau BMP selain dari itu (seperti JPEG dan GIF) tidak bisa diunggah. Jika sudah punya gambarnya, kita lanjut ke tutorialnya.

Cara Mengganti Icon Folder dengan Gambar Sendiri

Langkah 1: Dari banyaknya layanan konversi gambar, saya memilih ICOConvert.com untuk mengkonversi gambar menjadi format ICO. Sebagai langkah pertama langsung saja buka situs ICOConvert.com. Kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini.
Unggah Gambar
Silakan Anda pilih gambar yang telah disiapkan tadi lalu klik "Upload". Tunggu proses pengunggahan sampai muncul sebuah gambar di bagian bawah (Step 2).

Langkah 2: Silakan potong (crop) gambar yang diunggah tadi dengan cara menahan pointer dan menggesernya secara diagonal ke bagian bawah. Anda bisa memilih area mana yang ingin tampil sebagai icon nantinya. Sebagai contohnya bisa Anda lihat di bawah ini.
Crop Gambar untuk Icon Folder
Area yang terang adalah bagian yang akan tampil sebagai icon pada folder nantinya. Sedangkan untuk area yang gelap adalah bagian yang tidak akan tampil pada icon folder karena sudah dipotong (crop).

Langkah 3: Pada tahap ini Anda akan memilih model (style) dari icon. Pilih model yang menurut Anda cocok untuk diterapkan pada icon folder. Untuk memilihnya, Anda hanya mengklik model yang disediakan.
Pilih Model Icon Folder
Catatan: Jangan memilih terlalu banyak model karena akan terjadi eror time out dalam proses memunculkan link unduh pada Step 5.
Langkah 4: Karena tujuan kita adalah membuat icon untuk folder di Windows, maka kita akan memilih opsi "ICO for Windows 7, Windows 8, Vista and XP". Jika sudah langsung menuju Step 5 untuk mengunduh icon.
Pilih Format dan Unduh Icon Folder
Jika model yang Anda pilih sebelumnya pada Langkah ke-3 lebih dari satu maka perlu diekstrak terlebih dahulu karena beberapa icon dikemas dalam file ZIP. Letakkan pada folder mana saja yang mudah anda ingat.

Langkah 5: Klik kanan pada folder yang akan diganti icon-nya. Klik "Properties" lalu menuju tab "Customize" dan klik "Change Icon...". Akan muncul jendela baru lagi dan langsung saja klik "Browse". Lebih jelas lihat gambar di bawah.
Mengganti Icon Folder dengan Gambar Sendiri
Langkah 6: Buka folder dimana Anda menyimpan icon yang telah diunduh tadi. Pilih icon yang Anda inginkan lalu klik "Open".
Pilih File ICO
Langkah 7: Setelah memilih icon, klik "OK" yang ada pada kedua jendela untuk menerapkan perubahan icon pada folder.
Terapkan Perubahan Icon pada Folder
Jika perubahan masih belum terlihat, silakan refresh dengan menekan tombol F5 pada keyboard dan lihat hasilnya.
cara mengganti icon folder dengan gambar yang kita inginkan
Anda juga bisa melakukan ini untuk folder lainnya. Demikianlah tutorial bagaimana cara mengganti icon folder dengan gambar sendiri pada Windows.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

Posting Komentar