bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

WhatsApp Web Vs Aplikasi WhatsApp Desktop: Pilih yang Mana?

WhatsApp Web Vs WhatsApp Desktop
Tahupost.Net- Apakah Anda sering menggunakan WhatsApp di PC? Lalu apa yang Anda gunakan, versi web atau aplikasi desktop? Pastinya Anda menggunakan salah satunya.


Nah dalam postingan kali ini kita akan membahas apa saja perbandingan penghunaan antara versi web dan aplikasi desktop.

Di bawah naungan Facebook, WhatsApp telah menjadi platform chatting atau pesan instan yang paling populer saat ini. WhatsApp sendiri bisa Anda gunakan pada PC (desktop) maupun ponsel.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, menggunakan WhatsApp di PC bisa melalui dua cara yaitu WhatsApp Web dan Aplikasi WhatsApp Desktop.

WhatsApp Web adalah antarmuka platform pesan instan yang berbasis web sehingga bisa diakses lewat browser manapun di PC. Sedangkan untuk WhatsApp Desktop merupakan aplikasi mandiri yang bisa Anda instal di Windows dan Mac.

Intinya WhatsAp Web adalah versi WhatsApp berbasis web sedangkan WhatsApp Desktop adalah aplikasi WhatsApp untuk komputer.

Antar Muka dan Fungsi

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop menawarkan estetika yang hampir sama seperti tampilan, pengalaman perpesanan, dan fitur.
Tampilan Antar Muka WhatsApp Desktop
Dari segi fungsionalitas, WhatsApp Desktop lebih unggul dibandingkan dengan WhatsApp Web. Hanya pengguna aplikasi WhatsApp Desktop yang dapat menggunakan pintasan keyboard WhatsApp untuk mengubah status baca pesan, membisukan obrolan, berpindah antar obrolan, dan masih banyak lagi.

Ketersediaan: Dimana Anda Bisa Mengaksesnya

Untuk menggunakan WhatsApp Web yang diperlukan hanyalah mengakses potal WhatsApp Web melalui browser dan memindai kode QR menggunakan aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel Anda.
Scan QR Code pada WhatsApp Desktop
Sedangkan untuk menggunakan WhatsApp Desktop, terlebih dahulu mengunduh lalu menginstal aplikasi WhatsApp Desktop yang sudah disediakan ke komputer Anda. Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi dan memindai kode QR menggunakan aplikasi WhatsApp pada ponsel.

Jumlah Penggunaan Memory

Sekarang kita mencoba membandingkan penggunaan memory pada WhatsApp Web dan aplikasi WhatsApp Desktop ketika dijalankan. Di sini Saya menggunakan Brave Browser untuk membuka WhatsApp Web. Jumlah memory yang digunakan adalah 23,2 MB dengan hanya membuka 1 tab saja untuk WhatsApp Web.
Penggunaan Memory WhatsApp Web dan Aplikasi WhatsApp Desktop
Kemudian untuk aplikasi WhatsApp Desktop penggunaan memorinya relatif rendah yakni sebesar 8,9 MB dengan membuka perpesanan yang sama pada WhatsApp Web di Brave Browser. Dapat disimpulkan bahwa konsumsi ruang memory aplikasi WhatsApp Desktop lebih sedikit dibanding membuka WhatsApp Web di browser.

Apa yang Diperlukan?

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop membutuhkan koneksi intermet yang aktif dan menginstal aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda. Direkomendasikan menggunakan Chrome, Firefox, Brave, Safari, dan Edge untuk membuka WhatsApp Web.

WhatsApp Desktop membutuhkan Windows 8 ke atas dan Mac 10.10 untuk bisa menginstal aplikasinya. Jika Anda masih menggunakan Windows 7, silakan upgrade Windows Anda ke versi yang lebih tinggi. Saya sudah menyediakan link download di bawah ini bagi yang mau menginstal WhatsApp Desktop.


Apa Bedanya dengan WhatsApp Seluler pada Ponsel?

Dibandingkan dengan aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, berikut adalah beberapa fitur yang hilang di WhatsApp Desktop dan WhatsApp Web.
  1. Voice Call (Panggilan Suara)
  2. Video Call (Panggilan Video)
  3. Unggah Status - Anda tidak dapat mengunggah/memperbarui status di antarmuka web WhatsApp. Namun, melihat pembaruan status kontak Anda didukung.
Jika Anda benar-benar membutuhlan hal-hal di atas, gunakan aplikasi WhatsApp Seluler yang ada pada ponsel.

Anda Harus Pilih yang Mana?

Memilih menggunakan WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop adalah pilihan Anda. Seberapa sering Anda menggunakan PC, seberapa sering Anda menggunakan WhatsApp pada PC, dan jika Anda memiliki kebutuhan khusus.

Jika sering menggunakan PC, Saya lebih menyarankan Anda untuk menginstal dan memakai WhatsApp Desktop. Alasannya karena penggunaan memory-nya lebih sedikit dibanding harus memakai browser untuk membuka WhatsApp Web.

Kemudian membuka WhatsApp lebih cepat dari pada memakai browser lalu membuka WhatsApp Web lagi. WhatsApp Web cocok bagi Anda yang tidak sering membuka PC.
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

Posting Komentar