-->
bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 (Permanen dan Sementara)

Cara Menonaktifkan Anti Virus Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen dan Sementara
Tahupost.Net - Pernahkan Anda dibuat kesal oleh Windows Defender karena memblokir software tertentu dalam komputer? Jika demikian Anda tidaklah sendirian. Di bawah ini Saya akan menjelaskan Apa itu Windows Defender biar Anda lebih tahu mengenai doi.


Apa Itu Windows Defender?

Windows Defender dulunya bernama Microsoft SpyWare. Windows Defender itu sendiri merupakan sebuah software atau aplikasi antivirus bawaan Windows. Walaupun pada awalnya Windows Defender bukanlah antivirus.

Di saat Windows 8 update, barulah Windows Defender menjadi antivirus yang sesungguhnya menggantikan Microsoft Security Essentials. Jadi dengan demikian tak perlu untuk mengisntal antivirus lain yang justru membuat penggunaan RAM bertambah terutama bagi Anda pengguna Windows 10.

Windows Defender tersedia gratis di Windows 10 dan itu dimaksudkan sebagai alat yang berguna yang mencegah malware dan bahaya yang datang ke komputer Anda. Tapi itu bisa menjadi sedikit terlalu protektif, seperti orang tua yang selalu mantau dari balik bahu Anda dan bertanya "apa itu?" setiap kali Anda beraktifitas.

Tipikal Windows Defender yang terlalu protektif inilah yang kadang membuat ruang gerak kita dalam melakukan pekerjaan di komputer menjadi terbatas. Susah menginstal software atau aplikasi yang baru saja kita unduh dan masih banyak lagi.

Jika itu benar-benar menjengkelkan, saatnya Anda menghentikan, menonaktifkan, mematikan dan mendisable Windows Defender.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Secara Permanen

Langkah 1: Untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen, pertama yang akan Anda lakukan adalah menekan tombol + R pada keyboard. Kemudian ketik regedit dan tekan OK atau Enter pada keyboard.
Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen
Jendela popup akan muncul dan menanyakan apakah Anda ingin mengizinkan aplikasi ini untuk membuat perubahan pada perangkat Anda. Lanjut dengan mengklik 'Yes.'

Langkah 2: Jelajahi jalur direktori ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender
Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen
Setelah menemukannya, klik kanan pada folder Windows Defender, pilih New pada drop-down dan pilih DWORD (32-bit) Value.

Langkah 3: Akan muncul item baru dan beri nama DisableAntiSpyware lalu tekan Enter. Item tersebut akan secara otomatis tersimpan di folder Windows Defender.
Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen
Langkah 4: Klik dua kali pada item DisableAntiSpyware lalu akan muncul jendela baru untuk mengedit DWORD. Ganti angka 0 dalam kotak menjadi 1. Klik OK untuk menyimpan.
Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen
Untuk menerapkan perubahan yang dilakukan, silakan restart komputer Anda. Di bawah ini Saya juga menyediakan tutorial bagaimana cara menonaktifkan windows defender di windows 10 untuk sementara.

Cara Menonaktifkan Windows Defender untuk Sementara

Langkah 1: Klik ikon start Windows yang ada di pojok kiri bagian bawah lalu klik Settings.
Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender di Windows 10 untuk Sementara
Langkah 2: Akan muncul jendela antarmuka Settings utama Windows. Cari dan pilih menu Update & security. Lebih lengkap lihat gambar di bawah.
Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender di Windows 10 untuk Sementara
Langkah 3: Pada menu sebelah kiri, klik Windows Defender. Di bagian Real-time protection, klik dan tahan bulatan ke kiri atau langsung saja klik kiri. Jika berhasil maka status On akan berubah menjadi Off.
Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender di Windows 10 untuk Sementara
Setelah mengikuti tutorial menonaktifkan Windows Defender untuk Windows 10 di atas, sekarang Anda dapat membuka web dan menginstal software baru tanpa gangguan.

Namun, pastikan Anda melanjutkan dengan hati-hati karena, meskipun kadang-kadang menjengkelkan, perilaku over-protektif Windows Defender sebenarnya melindungi Anda. Oke sekian dan terima kasih, sampai jumpa.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

Posting Komentar