-->
bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Apa Itu ESD (Electrostatic Discharge) atau Pelepasan Muatan Listrik Statis?

ESD (Electrostatic Discharge)
Singkatan dari Electrostatic Discharge (Pelepasan Muatan Listrik Statis), ESD adalah salah satu dari beberapa hal yang dapat merusak komputer atau bagian-bagian di komputer Anda. Seperti kejutan yang Anda terima saat menggosok kaki di karpet dan menyentuh sesuatu yang terbuat dari logam, ESD dapat terjadi saat bekerja di komputer dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen.

ESD dapat terjadi tanpa Anda sadari adanya kejutan dan hanya terjadi saat bekerja di bagian dalam komputer atau menangani expansion card serta perangkat keras lainnya.

Mencegah ESD dan Grounding Diri Anda

Gelang Anti Listrik Statis
Metode terbaik untuk mencegah ESD adalah dengan menggunakan gelang anti listrik statis, alas grounding , atau grounding workbench. Namun, karena sebagian besar pengguna tidak memiliki akses ke item seperti itu, Saya telah menyertakan langkah-langkah di bawah ini untuk membantu mengurangi peluang ESD sebanyak mungkin.
Info & Tips
Jika Anda berencana mengerjakan bagian dalam komputer lebih dari satu kali, Saya sangat menyarankan untuk membeli dan menggunakan gelang anti listrik statis.
  1. Potensial Nol - Yang terpenting, pastikan Anda dan komputer berada pada potensial nol dengan terus menyentuh permukaan logam yang tidak dicat pada casing atau catu daya komputer.
  2. Berdiri - Selalu berdiri saat bekerja di dalam komputer. Jika Anda duduk di kursi atau lantai, itu dapat menghasilkan lebih banyak listrik statis.
  3. Kabel - Lepaskan koneksi segala sesuatu dari bagian belakang komputer (misalnya kabel daya, monitor, dan kabel USB).
  4. Pakaian - Pastikan untuk tidak mengenakan pakaian apa pun yang mengisi daya listrik seperti sweater yang terbuat dari wol.
  5. Asesoris - Untuk membantu mengurangi ESD dan membantu mencegah masalah lain, sebaiknya hapus semua perhiasan yang terbuat dari logam.
  6. Permukaan - Anda harus berdiri di atas permukaan yang keras, dan komputer atau perangkat lainnya yang sensitif terhadap kistrik statis harus berada di atas meja.

Alat ESD

Memperbaiki Laptop
Saat bekerja dengan komputer, Anda setidaknya harus memiliki tali telepon untuk membantu melindungi komponen sensitif dari kerusakan ESD. Jika Anda menjalankan pekerjaan yang berhubungan dengan banyak peralatan yang sensitif, alas grounding dan meja grounding sangat disarankan.

Perangkat yang Rusak

Jika komputer Anda tidak lagi melakukan booting setelah mengerjakan bagian dalamnya, coba beberapa tips yang ada di bawah ini.
  1. Jika Anda telah menambahkan komponen baru, lepaskan dan coba boot komputer lagi. Jika komputer melakukan boot, bagian tersebut tidak terhubung dengan benar atau tidak kompatibel dengan komputer. Coba lagi untuk memeriksanya.
  2. Jika komputer masih tidak bisa boot dengan benar setelah melepas semua perangkat keras baru atau Anda tidak menambahkan perangkat keras baru, pastikan semua kabel dan expansion card tersambung di komputer.
  3. Pastikan setiap expansion card atau kartu ekspansi terpasang dengan kuat dan tidak terpasang sebagian.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

Posting Komentar