bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Jika Kita Bisa Menghentikan Waktu, Apa Yang Akan Terjadi?

Tahupost.Net - Pernahkah terpikirkan oleh kamu untuk menghentikan waktu sesaat? Jika kamu pernah demikian, maka kamu tak sendirian admin juga seperti itu. Dan kemungkinan kamu punya bayang-bayang bagaimana sih kalau waktu dihentikan?

Bisa kita bayangkan bahwa kita menjadi Doctor Strange yang memiliki Time Stone. Ya, dan itu pasti sangat menyenangkan bisa melihat orang tidak bergerak. Bahkan iblis terkuat Dormammu yang katanya tidak terpengaruh oleh waktu pun menyerah.
Ataukah kamu memecahkan sebuah telur misterius dan tiba-tiba waktu terhenti sampai kalian menjadi dewasa seperti pada film Vanishing Time A Boy Who Returned? (Mimin juga baru nonton kemarin, lumayan seru)

Nah yang tadi itu adalah waktu berhenti versi film, lalu bagaimana jika waktu berhenti versi hukum fisika? Tentu akan jauh berbeda dari ekspektasi. Lalu bagaimanakah keadaan sekitar jika waktu terhenti menurut hukum fisika? Mimin akan paparkan penjelasannya dibawah ini.

Apakah itu waktu?

Sebagai pelajar kita musti tahu apa itu waktu! Mungkin jawaban kalian adalah jarum jam yang bergerak, pagi-siang-malam ataukah umur dari tiap manusia. Semua jawaban itu benar dan tidak salah. Namun dalam istilah ilmiah, waktu adalah berkembangnya peristiwa dari lampau, kini sampai nanti.

Ahli fisika bisa membuat penjelasan waktu yang lebih rumit daripada itu. Tetapi intinya waktu adalah sistem pengukuran, menanyakan jam berapa sama halnya menanyakan berapa meter atau berapa kilogram. Masih ingat tentang Satuan Internasional (SI) yang diajarkan oleh guru kamu saat SMA?

Jadi jika kita menghentikan waktu artinya ukurannya adalah nol (0), dengan kata lain tidak ada apa apa! Ingat tentang pelajaran fisika yang membahas kecepatan, waktu dan jarak? Rumusnya adalah sebagai berikut:
Dimana dalam rumus tersebut:
  1. V adalah kecepatan benda.
  2. S adalah jarak yang ditempuh selama waktu itu
  3. t adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak
Kita coba analisis rumus kecepatan tersebut. Wah! Karena kita ingin melihat keadaan ketika waktu berhenti jadi kita masukkan nilai 0 (nol) kedalam t.

Waduh tapi dalam matematika salah jika kita membagi pembilang dengan nilai nol (0), itu tidak bisa! Hal itu sama saja jika teman kamu meminta kue dan kamu tidak mempunyainya, dengan kata lain tidak dapat dibagi dan tidak bisa berbagi. Coba kita ubah persamaannya sehingga yang kita cari adalah t, dengan demikian rumusnya akan seperti di bawah ini:
Mencari waktu (t) sama saja dengan membagikan jarak (S) dengan kecepatan (V). Kita atur t=0, nah untuk mendapatkan itu hasil pembagian jarak dengan kecepatan seharusnya nol (0) juga tidak boleh satu (1) atau lebih karena hanya nol (0) yang sama dengan nol (0).

Dengan begitu jika kita menghentikan waktu tidak ada yang akan bergerak karena kecepatan benda menjadi nol (0) [V=0]. Ya, seperti dalam film kamu bisa menyentuh apa saja saat benda itu melayang. Tapi tunggu dulu, jangan lupakan cahaya yang merupakan materi tercepat di alam semesta.

Wow! Cahaya punya kecepatan yang luar biasa tapi jika kecepatan cahaya sama dengan nol (0) maka apa yang terjadi? Gelap gulita! Kalian tidak akan bisa melihat apa-apa karena mata sangat membutuhkan cahaya untuk melihat!

Oopps! Bukan cuma cahaya saja yang tidak bergerak, molekul udara di alam bebas juga tidak akan bergerak! Sehingga dengan berhentinya molekul gas, kita tidak akan bisa bernafas dan dipastikan akan mati

Semua yang bergerak akan berhenti seperti gaya dasar alam semesta sehingga tidak akan ada gravitasi dan suhu akan sangat dingin. Tapi masih ada yang jauh lebih buruk dari pada itu!
Dalam teori relativitas oleh Einstein E=mc2 ruang dan waktu saling terhubung dan tergantung. Jadi jika tidak ada waktu maka tidak ada ruang. Jika waktu berhenti semuanya akan berhenti pada saat itu juga. Tidak akan ada alam semesta.

Bagaimana? Mengerikan bukan? Waktu berhenti tidak sesuai yang kita harapkan sangat keren seperti yang ada pada film sains fiksi. Masih mau memilih menghentikan waktu? Jika kamu punya Realitas Hipotesis mengenai pemberhentian waktu silahkan sampaikan di kolom komentar ya!
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

Posting Komentar