bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Jangan Disamakan! Inilah Perbedaan Antara Deep Web Dan Dark Web

Pernahkah kalian mendengar istilah Deep Web? Pasti pernah kan? Nah kebanyakan orang mengaitkan Deep Web dengan sesuatu yang berbahaya, psikopat, sarang hacker, misterius bahkan penuh dengan hal-hal sadis.

Secara garis besar, World Wide Web dibagi menjadi dua bagian penting yaitu Surface Web dan Deep Web. Nah sebenarnya ada juga yang mengatakan bahwa dunia maya dibagi menjadi tiga bagian yaitu Surface Web, Deep Web dan Dark Web.
Umpamakanlah kalau dunia maya ini adalah sebuah bongkahan es yang mengapung di lautan bebas. Bagian atas bongkahan es yang terlihat adalah Surface Web yang memiliki persentase konten sebesar 4% dari total konten World Wide Web yang ada.

Deep Web adalah bagian terbesar dari dunia maya saat ini. Berisikan data-data rahasia seperti data akademik, data pemerintahan, kependudukan, info user media sosial dan lain-lain. Kemudian Dark Web adalah bagian dari Deep Web. 96% data di dunia maya adalah bagian dari Deep Web.

Jika dilihat-lihat banyak orang yang masih menganggap bahwa Deep Web dan Dark Web adalah hal yang sama. Bahkan ada yang menganggap bahwa Deep Web adalah tempat dimana banyak hal-hal ilegal seperti pasar gelap bersarang padahal anggapan itu keliru.

Sudah sangat jelas kita lihat perbedaan antara Deep Web dan Dark Web tetapi masih ada juga orang yang belum bisa membedakannya. Oke, sebelum kita tahu apa saja perbedaannya maka kita perlu ketahui terlebih dahulu definisi dari dua hal ini.

Apa itu Deep Web?

Pertama adalah Deep Web. Deep Web adalah semua kontent yang tidak terindeks oleh mesin pencari biasa seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. Database Twitter, Google, dan Facebook adalah beberapa contoh dari konten Deep Web.

Percakapan yang kalian lakukan di LINE, WhatsApp, Messenger, Game Online itu termasuk bagian dari Deep Web. Mengapa demikian? Karena percakapan kalian tersebut tidak terindeks di mesin pencari. Coba deh kalian cari, gak bakalan ketemu sampai kiamat.

Apa itu Dark Web?

Kita melangkah lagi ke Dark Web. Dark Web atau yang dikenal sebagai Darknet didefinisikan sebagai kumpulan situs web yang sangat terenskripsi dan disembunyikan dari kebanyakan pengguna internet. Secara teknis, Dark Web merupakan bagian dari Deep Web dan tidak bisa diakses oleh browser biasa seperti Chrome dan Firefox.

Nah, Dark Web sendiri adalah sisi negatif dari Deep Web ini. Memang keduanya adalah hal yang serupa yakni tidak terindeks mesin pencari namun keduanya punya sifat yang berbeda.

Sekali lagi Deep Web dan Dark Web adalah dua istilah yang berbeda. Dark Web memang hanya bagian kecil dari Deep Web. Dark Web sedikit lebih besar dibandingkan dengan Surface Web, tetapi Deep Web tetap menjadi yang paling besar.

Bagaimana? Sudah tahu kan perbedaan antara Deep Web dan Dark Web? Yang kalian anggap berbahaya, sadis, dan misterius itu sebenarnya adalah Dark Web bukanlah Deep Web. Jadi jangan salah artikan antara kedua hal ini lagi.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

Posting Komentar