bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Apakah Perbedaan Antara Bahasa Pemrograman Dan Bahasa Markah?

Balik lagi dengan mimin yang kurang update 😅. Yoi, kebanyakan orang yang admin temui seringkali menyamakan bahasa markah dengan bahasa pemrograman dan itu sudah jelas berbeda dari segi fungsinya.

Bahkan admin pernah dengar ada yang menganggap bahwa HTML dan CSS itu adalah bahasa pemrograman. Coba kita lihat salah satu bahasa pemrograman yaitu JavaScript.

JavaScript mengintruksi atau mengomando komputer untuk melakukan sebuah tugas. Sederhananya, bahasa pemrograman memiliki fungsi untuk membuat program dan memproses data. Berikut adalah contoh penulisan bahasa pemrograman (JavaScript).

See the Pen
MWgPLxz
by John Asto (@johnasto)
on CodePen.

Untuk pengguna mobile, klik Result untuk melihat hasil sintaks.
Nah diatas adalah contoh penulisan sederhana bahasa pemrograman, lebih tepatnya JavaScript. Bisa kita lihat di atas bahwa susunan penulisan sintaks yang ada mengintruksikan komputer untuk melakukan operasi perkalian.

Lain hal lagi dengan bahasa markah. Contoh bahasa markah adalah HTML. Bahasa markah hanya mendefinisikan setiap tag yang ada untuk menampilkan sebuah dokumen dalam file HTML. Misalnya <a>...</a> didefinisikan sebagai link dalam dokumen HTML, dan itulah yang akan ditampilkan oleh browser.

Dibawah ini adalah contoh dari Bahasa Markah (HTML).

See the Pen
xxKyBOw
by John Asto (@johnasto)
on CodePen.

Untuk pengguna mobile, klik Result untuk melihat hasil sintaks.
Di atas adalah kumpulan tag HTML yang sering digunakan untuk menyusun konstruksi sebuah dokumen HTML. Tag-tag tersebut akan mendefinisikan elemen yang berada dalam cakupannya yakni <tag> sampai </tag>

Sudah tahu perbedaannya? Jikalau kalian masih belum paham dari penjelasan semu diatas, admin akan sampaikam dibawah ini lebih jelas lagi.

Berdasarkan Fungsi

Bahasa Markah adalah bahasa komputer yang diterjemahkan dan didefinisikan oleh browser. Sedangkan Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang diterjemahkan oleh penerjemah atau dikompilasi oleh kompilator.

Berdasarkan Pengertian/Definisi

Bahasa Markah adalah bahasa komputer yang mendefinisikan elemen dalam sebuah dokumen. Sedangkan Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang menginstruksikan, memerintah atau mengomando komputer untuk melakukan tugas dan menghasilkan output.

Berdasarkan Penggunaan

Bahasa Markah digunakan untuk menyajikan informasi dalam sebuah dokumen. Sedangkan Bahasa Pemrograman dibuat untuk memberikan instruksi kepada komputer dalam menyelesaikan tugas.

Sudah jelas? Atau masih suram dan samar-samar? Kalau masih tetap bingung ya kembali pada setiap pribadi. Kesimpulannya adalah bahasa markah dan pemrograman jelas tidak sama baik dalam penulisan sintaksis, fungsionalitas, segi pemakaian dan terutama definisi itu sendiri.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

2 komentar

  1. Balasan
    1. Butuh proses yang panjang untuk bisa menguasai keduanya.

      Saya pun sebenarnya salah karena langsung loncat ke javascript tanpa mempelajari bahasa c++ terlebih dahulu.

      Hapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Hanya yang memiliki akun Google bisa berkomentar.