bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Ciri Khas Yang Paling Menonjol Dari Berbagai Macam Media Sosial

Setiap individu di dunia ini yang sudah mengenal internet pastinya punya akun media sosial. Ada yang hanya punya satu akun, ada pula yang punya banyak akun baik itu dari media sosial yang sama walaupun ada juga yang dari media sosial lain.

Setiap media sosial memiliki ciri khas yang membedakan media sosial yang satu dengan yang lain. Ciri khas itu mencakup berbagai hal seperti fitur, user interface, konten mayoritas dan yang paling menentukan adalah penggunanya dengan memegang kendali besar.

Oke, berikut mimin akan menjelaskan satu per satu ciri khas yang menonjol dari setiap media sosial yang ada.

1. Facebook

Facebook termasuk media sosial yang paling populer dewasa ini. Belum ada situs media sosial yang bisa menandinginya sampai saat ini. Hampir semua orang yang mengakses internet mempunyai akun Facebook kecuali penduduk negeri tirai bambu, Tiongkok.

Ciri khas yang pertama adalah dijadikan sebagai prioritas kedua untuk melakukan auto login pada situs-situs lain. Selain itu Facebook mempunyai plugin komentar yang dipasang pada blog ataupun situs berita ternama.

Kedua adalah tempat transaksi pambayaran barang atau jasa. Misalnya beli domain, bahkan blog beserta akun adsense itu sendiri. Dan kalian harus tetap hati-hati ketika transaksi di Facebook karena banyak penipuan terjadi. Mending kalian beli domain sendiri di situs penyedia domain & hosting. Untuk adsense kalian bisa approve sendiri asal tahu Syarat dan Ketentuan.

Ketiga adalah sebagai ladang suburnya benih-benih hoaks yang tumbuh menjadi dewasa dan berkembang sana-sini. Ini juga terjadi pada saudaranya Whatsapp, yang juga menjadi tempat penyebaran hoaks yang sungguh membuat mimin khawatir. Keberadaan hoaks di Facebook tidak akan terbantahkan.

Keempat adalah di beberapa grup terlarang banyak hidup manusia-manusia sumbu pendek. Selain beberapa ciri-ciri di atas Facebook juga menjadi basis Fanpage perorangan atau kelompok yang terkenal di seluruh dunia.

2. Instagram

Ya, Instagram masih satu Genus dengan Facebook beserta Whatsapp karena berada di bawah satu perusahaan. Walaupun tidak sepopuler Facebook, Instagram telah menjadi pilihan bagi para artis dan orang kaya.

Pertama adalah sebagai tempatnya orang antah berantah berlomba-lomba untuk menjadi influencer. Kemudian kedua adalah tempat yang lebih baik daripada Facebook sebagai wadah menjual barang.

Ketiga adalah media yang bagus untuk stalking artis idola karena kebanyakan para artis basis akunnya di Intagram dan tentunya akun asli jadi jangan khawatir selama akunnya punya banner checklist.

Terakhir adalah tempat orang kaya pamer harta dan menjunjukkan betapa kayanya dirinya. Kemudian sebagai tempat para artis memamerkan fisik rupawannya sehingga menggoda orang yang melihatnya. Intinya Instagram sebagai tempat pamer dan menyombongkan diri.

3. Twitter

Beda dengan Facebook yang menyebut postingan sebagai status, Twitter sendiri menyebutnya sebagai kicauan karena logo Twitter sendiri adalah seekor burung entah burung apa namanya 😅. Twitter sudah menjadi tempat bagi para pejabat untuk menyuarakan pendapatnya terhadap suatu kejadian.

Pertama, Twitter sebagai media lahirnya jokes yang berkualitas, sebab jokes adalah nomor wahid di situs ini. Kedua adalah banyaknya bertebaran postingan berbau dewasa alias 18+ yang no sensoritas walaupun sebenarnya semi. Selain itu Twitter adalah sumber munculnya skandal para artis.

Ketiga adalah sebagai medan perang antara cebong melawan kampret sewaktu kampanye pilpres berlangsung bahkan sampai saat ini masih ada dengan kampret berubah nama menjadi pasukan sakit hati.

4. Quora

Sebenarnya Quora lebih mendekati kata forum tapi jika dilihat sejenak Quora juga termasuk media sosial karena memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi satu sama lain dan membahas masalah yang ada.

Dari semua media sosial yang ada pada poin sebelumnya, inilah situs yang paling nyaman mimin gunakan karena sangat jarang muncul perdebatan, semua pengguna menghormati pendapat orang lain.

Ciri khas Quora yang pertama adalah kebanyakan penggunanya adalah orang yang bersumbu panjang dan orang-orang berwawasan luas. Makanya telah disebutkan sebelumnya jarang terjadi perdebatan.

Kedua, Quora situs media sosial yang tidak diblokir oleh pemerintah saat aksi ricuh 22 Mei 2019 lagi memanas. Facebook, Twitter, Whatsapp, Intagram tidak bisa diakses memakai IP Indonesia.

Ketiga adalah banyak pengguna Quora yang tidak memiliki akun media sosial lain. Mereka hanya punya akun media sosial dari Quora. Kemudian keempat adalah sebagai tempat orang bertanya jika mencari di Google lalu tidak paham apa keywordnya.

Terakhir adalah tempat berkumpulnya orang orang yang punya kredensial super wow dan silau men!. Dengan kata lain banyak diisi oleh orang-orang berpendidikan.

Kesemua media sosial yang mimin sebutkan di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Fungsionalitas media sosial tergantung siapa penggunanya. Jika kalian menggunakan untuk hal baik, maka keluarannya juga baik. Sebaliknya jika digunakan untuk hal-hak buruk niscaya hasilnya akan lebih buruk.

Mulai sekarang gunakanlah media sosial dengan bijak. Jangan gunakan untuk hal-hal yang tidak pantas. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa.
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

5 komentar

  1. Di antara itu yang paling sering ku mainin Facebook

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama juga di Facebook. Tapi dari waktu ke waktu, kesempatan untuk OL di Facebook semakim berkurang karena ada Quora yang lingkungannya lebih nyaman.

      Hapus
    2. Entah kenapa aku malah gak betah di Quora

      Hapus
  2. Saya mah ga terlalu ngonline banget sih.. Makanya jrg update status gitu di fb.. Kl ig sih kebanyakan ft pemandangan... Foto selfi mlh jrg banget.. Kalopun ada ya rame" wk wk..akun jg sy private sih... Kl si ikon burung emprit ga punya.. Dulu prnh ikutan buat akun baru... Trus mundur teratur krn syook liat wanita" yg seksiiihhh.... Quora sy ga punya... Kl wa sebatas buat yg ud kenal deket aja sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw sama nih jarang selfie. Tapi kalau foto sama teman sih sering 😅

      Hapus

Posting Komentar

Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!