bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Tips Bebas Plagiarisme Saat Cek Di Small SEO Dan Copyscape

Tak semua para sobat bloger diberkahi dengan kemampuan menulis yang mumpuni. Makanya banyak yang melakukan copas dari berbagai sumber tanpa memperhatikan etika yang berlaku. Yup, admin juga pernah begitu, tapi untuk sekarang sudah tidak lagi.

Kebiasaan para blogger sebelum update, cek dulu artikelnya di situs Plagiarism Checker seperti Small Seo Tools dan Copyscape. Mereka adalah orang-orang yang dilanda kekhawatiran akan artikelnya yang mengandung unsur plagiat.

Beda dengan admin, tidak perlu cek plagiarisme. Karena apa? Sudah tahu kok artikelnya memang murni dari otak malah dicek segala, kan percuma! Toh kemarin admin cek 20+ artikel semuanya unik 100% tidak ada unsur plagiat. Postingan lain admin belum tahu karena belum periksa.

Bahkan diluar sana masih ada jasa tulis artikel yang belum 100% bebas dari unsur plagiat menurut situs yang bersangkutan. Mindset pembeli, yang penting ada artikel, gak capek nulis, blog update ya sudah. Intinya cari zona aman ☺. Pembeli yang punya mindset seperti ini sangatlah menguntungkan.
Sebenarnya tips ini gak penting amat sih menurut admin. Karena banyak artikel page one di mesin pencari yang masih memiliki unsur plagiat walaupun persentasenya sangat kecil, dibawah 20%. Jadi tips ini hanya untuk orang yang mau saja. Bagi yang tidak mau, silahkan skip postingan ini.

Mau tahu tipsnya? Tips dibawah ini berdasarkan pengalaman admin dalam menulis artikel bebas unsur plagiat pada situs Small Seo Tools (SST) dan Copyscape.

1. Ganti pola copas menjadi referensi.


Ini yang paling penting. Jangan jadikan situs target sebagai bahan yang akan dicopas melainkan jadikan sebagai referensi. Dengan menerapkan hal seperti ini, sudah dipastikan artikel yang kalian buat unik 100% menurut SST dan Copyscape.

Jika diperlukan hilangkan kebiasaan copas. Bagi para pelajar, kebiasaan copas akan berimbas pada masa-masa kuliahmu nanti.

2. Rewrite tulisan yang sudah disediakan.


Rewrite yang admin maksud disini ada dua. Pertama, rewrite pakai tools. Kedua rewirte pakai akal pikiran sendiri. Keduanya sama-sama bisa menghilangkan unsur plagiat tapi yang paling efisien adalah metode kedua.

Mengapa metode kedua? Karena kita mengganti lebih dari 90% kata yang terkandung tapi tidak akan menghilangkan inti pembahasan dari artikel yang di-rewrite. Dibanding dengan rewrite pakai tools, hasilnya ngawur dan tidak jelas bahkan merusak arti yang terkandung.

Tetapi metode 2 ini punya kelemahan. Pertama, membutuhkan waktu yang sangat lama. Kemudian yang kedua, butuh kreatifitas dan penguasaan kosakata yang cukup. Bagi yang belum punya pengalaman membuat karya tulis, pasti akan kesulitan menerapkan hal ini.

Jadi pilih mana, rewrite pakai tools atau pakai otak sendiri.

3. Terjemahkan artikel dari luar negeri atau sebaliknya


Cara ini sangat efisien dimana artikel tersebut kemungkinan besar tidak ada dalam bahasa kita. Bisa pun sebaliknya, terjemahkan artikel Bahasa Indonesia asli ke Bahasa Inggris ataupun bahasa lainnya.

Kekurangannya ialah tidak sesuai dipraktikkan oleh orang yang minim bahasa Inggris. Mengandalkan Google Translate adalah langkah yang salah, karena kadang hasil terjemahannya tidak sesuai dengan bahasa asli.

4. Jadikan konten Youtube sebagai tulisan.


Salah satu cara yang cukup efisien untuk menghindari unsur plagiat. Apalagi konten yang ada di channel Calon Sarjana, Mahasiswa Abadi, Daftar Populer, MAQ dan The Shiny Peanut tidak akan ada dalam bentuk tulisan. Kalau ada itu pun bisa dihitung jari.

Tetapi cara ini sangatlah menyusahkan dan ribet. Karena tidak semua apa yang dikatakan akan diubah dalam bentuk tulisan. Kemudian butuh waktu lama karena harus mendengarkan vokal per kalimat sampai akhir video.

5. Tulis konten dengan materi yang sudah dikuasai.


Pastinya untuk bisa lolos dari unsur plagiat harus benar-benar menulis artikel yang kita kuasai. Merangkai kata dengan tepat dan tentunya sesuai dengan pembawaan kalian sendiri.

Artikel yang memang dibuat dan ditulis berdasarkan hasil pikiran sendiri tidak perlu cek ke situs Plagiarism Checker seperti Small Seo Tools dan Copyscape karena hasilnya pasti 100% unik, 0% plagiat.

Kalian pilih cara yang mana. Sesuaikan kemampuan kalian dan jangan dipaksakan. Karena Prof. Herp pernah mengatakan "Otak Manusia Bukanlah Wikipedia". Ingin menulis artikel orsinil? Mulailah dari sekarang!
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

6 komentar

  1. Kalau aku sih paling ngerewrite tapi agak jarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kebanyakan langsung menulis dengan sumber langsung dari otak 👍

      Hapus
  2. Tapi kalo Saya masih butuh referensi saat mau bikin Artikel ..
    Sama butuh Kopi dan Udud biar gak ngblank ^^.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih dengerin musik slow biar lebih fokus.

      Hapus
  3. bener banget njierrr, banyak blogger yang buat konten dengan cara copas menth2 artikel luar negri, wwkwkwkw
    *btw jangan lupa mampir ya slurrr AORLIN(.)com

    BalasHapus
  4. Aku sih langsung copas aja

    BalasHapus

Posting Komentar

Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!