bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

Inilah 6 Berita Hoax Yang Pernah Booming Di Jagad Maya Indonesia

Sudah lama nih gak ngepost di blog hehehe 😅. Kemarin versi terbaru dari template blog ini yakni Igniplex baru saja rilis, admin langsung saja pasang dan karena itulah admin punya keinginan untuk kembali update di blog ini.

Yang kita akan bahas hari ini adalah mengenai berita hoax yang pernah booming atau ramai dibicarakan di jagad maya Indonesia. Khususnya yang menggunakan media sosial. Dan sampai saat ini ada daru beberapa hoax tersebut yang masih dipercaya oleh orang Indonesia walaupun ada juga yang sudah tidak percaya lagi.

Bisa dikatakan hoax yang ada di Indonesia ini tujuannya kebanyakan untuk provokasi kelompok tertentu agar muncul pertikaian. Ada yang selalu dijadikan kambing hitam termasuk negara calon adidaya Tiongkok yang selalu jadi bahan hoax.

Ada juga hoax yang bertujuan untuk menakut-nakuti anak-anak seperti dikutuk jadi batu, tikus, anjing, bahkan jadi hewan yang menjijikkan karena melawan orang tua. Mendidik anak tak perlu menakut-nakuti apalagi menyampaikan informasi yang tidak benar.

Oke, tanpa banyak basa-basi kita langsung saja ke pembahasan tiap berita hoaxnya.

6. Tim 7 Jadi Anggota Akatsuki

Sekitar tahun 2010-2013, hoax tentang tim 7 yang terdiri dari Naruto, Sasuke dan Sakura yang dikabarkan menjadi anggota organisasi Akatsuki pun bertebaran dimana-mana. Banyak yang percaya terutama penggemar berat Naruto akan berita bohong ini. Tapi sampai tamat pun tidak ada scene dimana mereka masuk akatsuki kecuali Sasuke yang pernah masuk walau hanya sementara ketika berada di luar desa Konoha.

5. Anak Durhaka Dikutuk Jadi Manusia Tikus

Kalangan kids jaman old pasti pernah dengar berita hoax yang satu ini. Walaupun jelas gambarnya mengada-ada dan terlihat konyol tapi banyak yang percaya akan berita bohong ini.

Dalam narasinya dijelaskan bahwa ada seorang anak perempuan yang tidak mau melaksanakan sholat terkena azab menjadi manusia tikus. Dalam gambar ditunjukkan seekor makhluk yang berbadan manusia tapi wajahnya mirip tikus. Sebenarnya itu adalah karya dari seniman asal Italia yang bernama Patricia Piccinini.

4. Hacker Palestina Yang Mencuri Uang Dari Bank Israel

Ngaku deh yang masih percaya dengan hoax yang satu ini. Inilah hoax paling awet yang pernah admin temui, karena apa? Masih banyak yang percaya kalau berita tersebut memang benar adanya. Bahkan terakhir kali admin lihat dua hari yang lalu di grup Meme Comic. Ini termasuk salah satu rekayasa Pallywood.

Dalam narasinya dijelaskan bahwa seorang hacker bernama Hamzah Dalj membobol 217 bank di Israel dan membagikannya kepada rakyat Palestina. Ia ditawari Israel untuk bekerja sama namun menolak dan akhirnya dihukum gantung diri.

Berita ini sudah kelihatan kebohongannya dari awal karena nama yang disebutkan beda dengan yang ada di gambar. Sebenarnya Hamzah Bendelladj tidak dihukum gantung tapi dipenjara. Yang ada di gambar adalah seorang yang bernama Husain Khudri atas kasus pembunuhan yang terjadi di Iran.

3. Anak Durhaka Yang Dikutuk Jadi Ikan

Ini termasuk hoax jaman old sama seperti poin nomor 5 sebelumnya. Hoax ini sempat populer di youtube pada kisaran tahun 2010-2011. Dalam video yang berdurasi kurang dari satu menit tersebut menunjukkan seekor ikan lebih tepatnya ikan pari yang berwajah manusia. Katanya sih itu anak durhaka yang dikutuk oleh orang tuanya. Tapi bagian bawah ikan pari memang begitu dan sudah terbukti kalau ikan pari tersebut adalah hasil tangkapan nelayan.

2. Iron Man Indonesia

Bagi orang awam, ini adalah sebuah kebenaran namun bagi ahli saraf dan ahli elektronik mengatakan bahwa tangan robot milik Tawan tersebut adalah hoax karena gerakannya terlalu biologis tidak seperti robot pada umumnya yang kaku. Tawan sendiri membuatnya untuk tangannya yang lumpuh bisa bergerak dan berfungsi secara normal untuk menghidupi keluarganya.

Karena saking populernya banyak tokoh-tokoh terkemuka bahkan peneliti pun datang ke kediaman Tawan di Bali. Namun hasilnya selalu saja ada kejanggalan. Admin pun pernah melihat yang serupa dalam film Elysium (2013). Mungkin Tawan terinspirasi dari film tersebut.

1. Kesaktian Menggandakan Uang

Semua orang Indonesia pasti kenal siapa yang ada dalam foro di atas, siapa lagi kalau bukan Dimas Kanjeng Taat Pribadi. Dua tahun yang lalu, pria ini hebohkan seluruh Indonesia. Bagaimana tidak, dia disinyalir punya kemampuan atau kesaktian untuk bisa menggandakan uang. Masyarakat percaya? Iya, sebagian besar percaya.

Dia menggunakan ritual mistis untuk bisa menggandakan uang, bahkan katanya dia punya peliharaan yang bernama Jin Ifrit. Dalam ritualnya, kumpulan orang duduk melingkan tanpa memakai baju sambil mengumpulkan uang dari tumpukan uang pecahan 100 ribu.

Aksinya ketahuan ternyata bohong ketika orang tahu trik yang dia pakai. Dimas Kanjeng memiliki kursi khusus. Dengan memakai jubah panjang, ia mengambil uang dari dalam selipan kursi tersebut seolah-olah uang keluar tiada habisnya. Setelah terbukti menipu, Dimas Kanjeng pun diciduk aparat kepolisian.

Bagaiamana? Adakah salah satu dari hoax diatas yang kalian percayai? Untuk admin sendiri pernah percaya hoax Naruto Masuk Akatsuki 😂 Cuma itu doang :v. Jika ingin mengetahui suatu informasi hoax atau tidak, silahkan lapor ke kominfo atau masuk grup FAFHH di facebook dan kunjungi situs TurnBackHoax.Id

Sekian postingan untuk hari ini, sampai jumpa.
8 komentar

8 komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.
  • Adi Selamet
    Adi Selamet
    03 Februari, 2020 00:32
    Penggandaan uang adalah hoaks palibg heboh di negara kita gan. Banyak yang percaya sehingga mereka jadi korban penipu. Alangkah baiknya kita cek kebenarannya dulu sebelum percaya 😉
    Reply
  • Kuliner Nusantara
    Kuliner Nusantara
    27 Januari, 2020 21:14
    Ternyata hoax semuanya ya,,, duku saya hampir percaya, karena liat videonya
    Reply
  • Dendi mukrobun
    Dendi mukrobun
    14 Agustus, 2019 16:55
    Berita kanjeng dimas paling boming, sampe tetangga ane percaya sama beritanya
    Reply
  • Know Aesthetic
    Know Aesthetic
    13 Agustus, 2019 18:24
    Sumpah sih, dulu waktu aku liat video ikan pari suka takut sendiri, haha.
    Yang naruto juga , ternyata cuma fanart, tapi GG juga sih... haha
    • Know Aesthetic
      John Asto
      17 Agustus, 2019 03:07
      Hahaha
    Reply
  • Tukang Ketik
    Tukang Ketik
    13 Agustus, 2019 14:02
    Njayy.. Sampe naruto juga
    Reply
  • MRENEYOO
    MRENEYOO
    13 Agustus, 2019 13:44
    Siang min... Ni kunbal aku setelh sekian lm ga update artikel.. Ternyata kita sama yaa 😁hari gn msh ada aja ygvpercy ama hoax.. Udh abad 21...untung sy orngnya ga gmpng percy ama berita begituan.. Apalgi hoax jmn old yg ikan pari ama mbah kanjeng pribadi wk wk.... Old banget daah.. Parah parah parah 😆
    • MRENEYOO
      John Asto
      17 Agustus, 2019 03:08
      Katakan tidak pada Hoax! ☺
    Reply