bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Tutorial Membuat Outline Warna Putih Pada Gambar Di Android

Kesempatan kali ini, admin akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat gambar dengan garis luar atau outline berwarna putih yang banyak terdapat pada thumbnail konten tertentu. Oke, simak artikel ini sampai selesai agar bisa mengerti.

Yap efek outline ini memberikan penekanan fokus dan nuansa tegas terhadap sesuatu. Makanya yang diberikan outline itu biasanya hal terpenting dalam sebuah konten. Ada juga yang hanya untuk membuat sebuah gambar tampak lebih spesial.

Sebenarnya banyak cara dan aplikasi yang digunakan untuk membuat efek ini. Kalian bisa menggunakan Picsay Pro, PixelLab, Autodesk, Picsart dan lain sebagainya. Selain di perangkat Android, kalian juga bisa membuatnya di PC dengan memakai PS atau CD.

Tutorial

Pertama, unduh dulu aplikasi StickIt! di Play Store ataupun situs penyedia aplikasi android lainnya. Jika sudah mengunduh aplikasinya, kita lanjut ke tahap berikutnya.

StickIt! 2.0.4 Apps
Buka aplikasinya dan klik Album. Kalian akan diperintahkan untuk memilih gambar yang ingin dimanipulasi efek outline nantinya. Silahkan pilih gambar sesuai selera dan kebutuhan. Karena kalian masih pertama kali pilih Smart Cut agar lebih mudah seleksinya.
Tampilan lembar kerjanya seperti pada gambar diatas. Agar lebih baik, kalian harus memahami fungsi beberapa ikon utama yang akan dipakai nantinya seperti seperti FG (fillground/pensil putih) dan BG (background/pensil hitam), cukup tahu dua ikon itu saja.

Nah fungsi dari FG adalah untuk menyeleksi bagian dalam outline atau bagian yang akan diberikan efek outline nantinya. Kemudian untuk BG itu adalah bagian luar dari outline gambar. Kemudian BG ini juga berfungsi agat membatasi penyeleksian otomatis pada FG agar tidak terlalu luas dan berada dalam lingkupan yang diinginkan.
Terlebih dahulu kita mulai membuat garis dengan menggunakan tools BG (pensil hitam) di sekitar pinggiran model pada gambar. Kemudian buat lagi garis FG (pensil putih) di dalam garis BG sesuai dengan kondisi gambar. Jadi tidak semua gambar punya pola garis yang sama.
Jika seleksi warna merah masih kurang rapi, silahkan rapikan secara manual di mode brush. Untuk itu silahkan klik ikon kuas yang ada di sebelah ikon tempat sampah pada toolbar bagian atas layar kerja. Nah hasil seleksi yang rapi dengan kuas akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
Sesudah itu, kalian tinggal mengklik tombol panah yang ada di pojok kanan atas untuk ke tahap finalisasi seleksi gambar yang dilakukan sebelumnya.
Pada tahap ini, kalian hanya tinggal memilih dan menentukan efek, ketebalan border, warna border dan pengaturan bayangan garis pinggir pada gambar. Setelah menurut kalian sudah cukup silahkan simpan ke penyimpanan handphone kalian.
Nah di mode simpan ada beberapa pilihan yang akan diberikan kepada kalian. Ada All, Selected, Selected(s), dan As Project. Semua punya arti masing masing. Untuk All, menyimpan seleksi beserta backgroundnya. Selected yakni untuk menyimpan satu objek yang dipilih kemudian Selected(s) menyimpan dua atau lebih objek yang dipilih. Dan As Project untuk menyimpan editan sebagai project, artinya masih bisa diedit walaupun kita sudah keluar aplikasi. Jadi ini semacam file PSD pada Photoshop.

Tutorial ini terbilang instan dan cocok untuk pemula walaupun ada sedikit manual. Namun kekurangan menggunakan aplikasi StickIt! adalah kita tidak leluasa menggunakannya. Dalam artian fiturnya tidak lengkap.
Jika tutorial diatas masih belum cukup, admin siap lanjutkan tutorial 2, dan jika sudah cukup sampai disini saja. Terima kasih sudah datang berkunjung, sampai jumpa ☺.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

Posting Komentar