bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Tips Dalam Mempercepat Loading Blog Yang Terasa Berat Dan Lambat Loading

Kalian pada tahu bukan, kalau kecepatan dan responsivitas blog itu sangatlah penting. Lalu bagaimana jika loading blog kalian sangat lambat? Ada banyak solusi, satu masalah banyak solusi. Blogger yang bijak dan cerdas akan mencari solusinya sendiri di mesin pencari Google tanpa menayakannya lagi di grup atau chat orang lain 😂.

Faktor terbesar yang menentukan cepat atau lambatnya loading blog adalah template dan konten yang ada di dalam blog tersebut. Walaupun template sudah ringan tapi kontennya kebanyakan media loading blog akan menjadi sangat lambat dari keadaan normalnya.

Kecepatan loading blog dapat mempengaruhi posisi suatu blog pada hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Banyak bloger pemula yang hanya mementingkan tampilan saja dan mengesampingkan kecepatan loading blog.

Lalu bagaimana cara mempercepat loading blog? Di sini admin akan memaparkan beberapa cara untuk mempercepat loading blog.

1. Unggah gambar di server blog

Kita bisa mendapatkan gambar dari situs mana saja. Tapi ingat, harus menjaga etika dalam mengambil gambar, jangan asal-asalan. Bloger pemula biasanya langsung memasang URL gambar pada blognya. Tapi alanglah baiknya kita mengunggahnya kembali ke server blog kita sendiri. Mengapa demikian?

Baca juga: Pentingnya Memakai Gambar Hasil Manipulasi Sendiri Pada Tiap Artikel

Karena ketika browser memproses gambar yang akan ditampilkan, maka yang dikomunikasikan bukan hanya satu server gambar saja tapi banyak, itu tergantung jumlah gambar yang dipasang. Kemudian apabila kita mengunggahnya kembali di blog, browser akan memproses komunikasi ke satu server saja.

Sekali lagi, saran admin silahkan buat dan edit gambar sendiri supaya terlihat originalitas dan keunikan blog yang kalian miliki. Orang mengedit dan membuat gambar memiliki ciri-ciri khusus atau kekhasan tersendiri yang berbeda dari orang lain.

2. Menghapus widget alay yang tidak begitu penting

Mengapa admin mengatakan widget alay? Widget yang dipasang itu tentu memiliki fungsi yang vital dalam sebuah blog. Contoh widget alay yang kadang tampil di beberapa blog adalah visitor counter, online counter, slideshow gambar, dan lain-lain.

Baca juga: Memasang Widget About Me Keren Dan Responsive Pada Sidebar Blog

Cukup gunakan widget yang penting dan berguna ketika dipasang seperti subscribe, popular posts, label, about me, featured post dan contact form. Untuk owner blog yang sudah berpengalaman pasti sudah tidak memasang widget visitor counter lagi karena sudah ada Google Analytics dan statistik pageview bawaan.

3. Jangan kebanyakan memasang iklan

Ini ada hubungannya dengan batasan memakai javascript, dan iklan sendiri kadang mengandung javascript sebagai pendukung iklan tersebut untuk bisa tampil. Di sini juga akan kelihatan mana blog yang cuma fokus uang/penghasilan dan mana yang tidak. You knowlah ciri-cirinya.

Baca juga: Perihal Mengenai Iklan Matched Content Google AdSense Dan Syarat Mendapatkannya

Saran admin, pasang iklan maksimal 4 buah saja dalam satu halaman. Misalnya ada yang di atas postingan, di tengah, di bawah setelah artikel dan satu lagi ada di bagian teratas sidebar (widget). Jangan juga kebanyakan pasang iklan di bagian header, karena konten di bawahnya akan dimuat setelah iklan selesai diproses.

4. Kompres gambar sebelum diunggah

Di luar sana tersedia banyak aplikasi untuk mengompres gambar sebelum diunggah baik itu untuk mobile maupun desktop. Gunanya apa? Selain menghemat pemakaian kuota internet, juga akan membuat loading blog lebih cepat dibanding menggunakan ukuran gambar yang asli.

Baca juga: Mengecilkan Ukuran/Kompres Gambar Di Android Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar

Yang mau download aplikasi kompres gambar untuk hape android silahkan unduh di bawah ini.


5. Gunakan template versi terbaru dan ringan

Template blog yang ringan adalah template berjenis minimalis, kalian bisa menemukan jenis template ini di situs penyedia template premium atau gratis seperti soratemplates, way2templates, gooyaabitemplates dan masih banyak lagi.

Selalu mendapat update template yang sudah dipakai dari developer dimana kita sudah membeli template tersebut. Itu sangat penting, karena secara otomatis ketika mendapat update tamplate yang sudah diupdate tentunya memiliki beberapa kelebihan dari template sebelumnya.

6. Memasang script Lazyload

Sebenarnya sudah banyak yang menggunakan trik ini untuk mempercepat loading blog agar pagespeed yang ada pada tool tertentu seperti Google Speed Insight dan GTmetrix. Trik ini memang ampuh karena cara kerja lazyload yang akan menunda proses pada konten yang terpengaruh.

Konten tersebut baru akan dimuat ketika sudah discroll dan tepat tampil pada layar (load on scroll), jika belum di scroll maka konten yang terpengaruh tidak akan dimuat. Lazyload ini banyak jenisnya ada yang untuk gambar, javascript bahkan ada untuk iklan seperti Google AdSense. Dan blog ini memakai lazyload gambar dan AdSense.

7. Jangan menggunakan gambar sebagai background

Banyak yang menggunakan gambar hanya untuk mempercantik tampilan blog. Ya memang terlihat sangat memukau dan indah namun yang jadi korban adalah kecepatan loading blog yang begitu buruk.

Saran admin, lebih baik menggunakan warna saja sebagai latar karena dengan warna saja loading blog sudah cepat.

Sampai di sini saja untuk kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

17 komentar

  1. Dan katanya sih, pake gambar ekstensi png.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih pendapatnya.. Karena PNG bisa dikompresi sampai 80% tanpa mengurangi kualitas asli. 👍

      Hapus
    2. itu sih masih katanya... blog saya aja pake gambar2 dengan ekstensi campur... ada yg png dan jpg.

      Hapus
  2. Wah saya msh belom paham banget nih... Harus sy cari sendiri dulu nih di google biar ngerti.. Maklum mak" gaptek 😁😂tp trims yah... Biar sy jadi tambah pinteran dikit ilmunya...

    BalasHapus
  3. Saran yang terakhir w terima dah :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa cuma gw aja yang gak tahu arti uh she up? :v

      Hapus
    2. Itu bacanya ahhsiiyaaappp (Atta Halilintorrrr) 😂😂

      Hapus
  4. Benar sekali artikel di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bang sudah datang berkunjung 😊

      Hapus
  5. Jeleknya masang script lazyload itu, kadang gambarnya tidak muncul waktu halaman sudah selesai dimuat.

    Yang kasian ya pengunjungnya, jadi gabisa ngeliat gambar di artikel tersebut.

    Niatnya pengen blognya keliatan cepet di GTMetrix dan Google Pagespeed Insight, tapi pengunjung yang jadi korban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gan. Kasus ini juga terjadi di saya, entah apanya yang salah di saya lazyload malah sama sekali tidak membantu. Akhirnya saya lepas kawkawk.

      Untuk yang iklan ini karea saya pake auto, jadi agak susah juga ngendaliinnya, kadang malah muncul banyak kadang muncul dibeberapa tempat doang.

      Hapus
    2. Ya itu benar. Tapi tergantung spek gadget pengunjung. Juga semua lazyload tidak seperti itu, hanya sebagian saja. Blog ini cuma pakai lazyload gambar pada halaman depan/index.

      Hapus
  6. ane gak paham poin 1 bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya itu diunggah ulang. Jangan copy paste url gambar ☺

      Hapus
  7. Cara-cara diatas sudah pernah saya terapkan semua tapi masih aja lambat blog saya gan :') sempet nambah expires header juga, lumayan work tapi di pagespeed insight sama aja atuh. Cuman yang nggak work di template sekarang yang menggunakan teknik hapus bundle widget,css, dan js dari blogger. Kalo dihapus template nya malah crash :'v

    BalasHapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!