bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Tindakan Tidak Terpuji Yang Dilakukan Oleh Blogger Tak Tau Malu

Dari pada cuma scroll beranda facebook mendingan buat artikel seperti ini 😊. Yap dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai tindakan atau perilaku tidak terpuji yang dilakukan oleh blogger tertentu. Mengapa admin katakan blogger tertentu? Alasannya ialah karena tidak semua blogger melakukan hal tidak terpuji itu.

Tindakan tidak terpuji dalam hal ini mencakup semua tindakan yang sifatnya merugikan orang lain, baik itu ia lakukan ke sesama blogger maupun ke orang lain yang bukan blogger. Bahkan admin sempat baca artikel dari salah satu member grup Blogger Indonesia mengenai pelaku jingling dan gangguan mental.
Ada banyak sekali motivasi, alasan atau dorongan untuk melakukan hal yang tak terpuji ini. Alasan yang paling berpengaruh dan masuk akal adalah rasa iri atas kesuksesan orang lain karena ia tidak mampu melakukan apa yang orang pada umumnya bisa lakukan.

Kita sebagai manusia wajarlah memiliki rasa iri, cemburu dan benci tapi janganlah kalian lampiaskan kepada orang yang membuat anda menjadi iri. Kalian lihat blognya yang bagus sedangkan kalian tidak, lalu dengan rasa iri kalian menghalalkan segala cara untuk menumbangkan blog tersebut ckckckck, manusia apa itu? Bukan manusia tapi setan.

Kemudian tidak bisa melakukan apa yang orang lain lakukan, ini karena orang tersebut maunya instan terus, tidak mau kalau ada hal yang ribet. Orang yang sukses tidak meraih kesuksesannya melalui jalur instan melainkan melalui jalur perjuangan.

Bukannya menyudutkan atau menyinggung blogger baru sih, jujur blogger yang baru muncul tahun ini kebanyakan maunya instan semua. Baru buat blog langsung monetisasi, blog belum memenuhi syarat otomatis ditolak. Kemudian masuk grup bertanya bagaimana cara agar bisa diterima adsense.

Bukan cuma itu yang ia tanyakan, yang paling sering mereka tanyakan adalah syarat blognya agar bisa diapprove. Bahkan yang memberikan komentar sudah memberikan penjelasan panjang lebar tapi masih saja belum mengerti, dan bahkan ada yang ditolak berkali-kali. Intinya mereka malas membaca alias sedang mengalami darurat membaca.

Lanjut ke topik, tindakan tidak terpuji ini banyak admin temukan dalam diskusi grup Blogger Indonesia, dan bahkan admin pernah menerima dan menjadi korban atas tindakan tidak terpuji itu. Ya biarin saja, admin sih kagak peduli yang penting tetap fokus ngeblog 👍.

1. Jingling Blog Orang Lain

Gambar Jingling by John Asto
Inilah tindakan tidak terpuji yang paling sering terjadi pada beberapa blog. Kebanyakan targetnya adalah kategori blog kecil sampai menengah. Bahkan sepertinya banyak blogger yang khawatir akan hal ini, termasuk admin dulu sewaktu blog ini masih unyu 😁.

Karena itulah banyak blogger yang enggan share link blognya di grup-grup tertentu. Lalu siapa pelakunya? Belum diketahui, yang pastinya orangnya usil dan juga memiliki rasa benci terhadap blog yang punya visual bagus (mungkin blognya jelek ya 😂).

Oh iya admin hampir lupa, bagi yang bukan blogger ataupun blogger tapi masih pemula mungkin kata jingling masih terdengar asing ditelinga. Jingling itu semacam kegiatan yang mengirim bot atau pengunjung palsu ke blog yang sudah ditarget. Lalu, apa sih efek dari jingling ini?

Jingling ini sangat berbahaya bagi yang memasang iklan adsense pada blognya. Karena jika terjadi akan banyak sekali invalid klik pada iklan, alhasil akun adsense dibanned untuk sebulan bahkan ada yang permanen. Untuk blog-blog besar, dijingling ratusan ribu pun tidak akan memiliki efek yang kelihatan.

2. Copy Paste & AGC

Jaman sekarang ini, kasus copy paste maupun agc sangat marak terjadi. Mengapa? Seperti yang admin katakan sebelumnya, blogger baru kebanyakan maunya yang instan agar cepat jadi kaya. Hmm jadi apa hubungannya instan dengan copy paste dan agc? Jelas ada hubungannya.

Copy paste maupun agc dilakukan oleh orang yang tidak mau capek-capek membuat artikel. Jadi karena malas, mereka mencuri artikel milik orang lain tanpa menyertakan link sumber. Selain karena malas, mereka sangat dipastikan tidak bisa membuat artikel original.

Satu sampai tiga paragraf saja mengenai apa itu google, mereka tidak bisa apalagi mau membuat satu konten artikel penuh dalam sebuah halaman 😂. Selain karena malas dan tidak bisa membuat artikel original, mereka juga mungkin suka dengan artikelnya maka dari itu mereka simpan ke blognya. Dan tipe orang seperti pasti menyertakan link sumber.

Yang terpenting di sini banyak yang mengatakan bahwa pelaku copy paste memiliki kecenderungan untuk mencuri sangat tinggi dan merupakan mental pencuri yang dibawa sejak lahir. Sudah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun terjun ke dunia blogging masih tetap tidak bisa menulis artikel original sampai ajal menjemput...

3. Kloning template berlisensi

Kloning adalah istilah yang merujuk pada sebuah proses penggandaan suatu hal yang hasilnya sama dengan yang dikloning. Dan kini kita membahas kloning pada template blogger.

Sudah banyak yang melakukannya karena beberapa alasan, seperti menyukai template tersebut tapi tidak memiliki biaya yang cukup untuk membeli template kualitas premium. Jalan keluarnya adalah mengkloning template tersebut.

Tak jarang juga ada yang terciduk 😂 karena di dalam template ditanamkan link redirect yang mengarah ke situs asal template yang asli. Yap, selain copy paste, ini adalah salah satu bentuk pelanggaran hak cipta yang bisa berujung pidana jika pemilik template serius.

Dan walaupun bukan kloning tapi mirip template salah satu situs yang ada itu merupakan bentuk kejahatan peniruan identitas. Jadi hati hati ya kawan.

4. Menghina sesama Blogger

Menghina? Di dunia nyata saja sudah sangat tabu dilakukan, bagaimana dengan dunia maya? Banyak bentuk-bentuk penghinaan yang seorang blogger lakukan kepada sesama blogger. Salah satu bentuk penghinaannya adalah dengan memamerkan apa yang dicapai atau dimiliki. Bentuk penghinaan ini adalah secara tidak langsung.

Kemudian ada lagi yang menjadi layaknya seorang haters. Meninggalkan komentar di blog target dan isinya pun penuh dengan cacian, penuh dengan perkataan kotor, bahkan mengatakan bahwa tidaklah kita layak untuk menjadi seorang blogger.

Dan ya, ini yang admin alami terdahulu. Tapi untung saja komentar blog ini dimoderasi jadi admin bisa memilah komentar mana yang layak di tampilkan. Coba tidak ada moderasi komentar, blog ini akan berisi cacian yang memang disengaja bahkan meninggalkan komentar sebagai anonymous. Dan tak sedikit juga, identitas mereka admin ketahui.

Yakin kalian masih kuat ngeblog? Admin sih masih kuat dan semangat karena memang tujuan admin ngeblog itu cuma sharing pengalaman dan informasi, dengan begitu siapa tahu rejeki bakal ngikutin di belakang.

Admin lihat di grup banyak yang bermental kerupuk. Baru ditolak adsense sekali saja sudah mewek, ngambek kagak mau ngeblog lagi. Blognya kena jingling mulu, dia nggak mau nerusin blognya lagi bahkan dia jual ke blogger lain. Bahkan ada yang tidak bisa menulis dan kerjaanya cuma copy paste, mewek kena bully karena nggak bisa nulis artikel.

Dan tindakan tak terpuji mana yang sering kalian alami selama ngeblog. Admin sih sering dapan komen dari para haters, bagaimana dengan kalian? Semoga aman-aman saja ya 😊. Oh iya BTW besok libur yak? Jadi admin punya banyak waktu untuk memikirkan ide postingan berikutnya. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten memasak dan kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

30 komentar

  1. Sore mas admin TahuPost.. Alhamdullilah saya pernah ngalamin yg no 1 di jingling yahh pas awal" ngeblog.. Kl gak salah judul tulisan sy itu
    Alasan saya ngeblog.... Diartikel itu sy dpt jingling dr jinganjing.blogspot gt deh.Awalnya sy gak ngerti apa itu jingling... Sy jg pernah di panggil "hode" hi hi tdnya sy jg gak tau apa itu hode... Sejenis makanan apa gt Padahal blog sy cmn blog emak"yg unfaedah. ..ngapain sirik yaahh hi hi



    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga waktu awal buat blog ini banyak sekali yang jingling. Tapi sekarang sudah tidak pernah lagi..

      Oh jadi mbak pernah dipanggil hode ya. Hmm hode itu adalah laki-laki yang memakai karakter perempuan..

      Dan yah dunia blog memang tidak sedamai yang kita pikirkan. Banyak para iblis-iblis dunia blog.

      Kebanyakan orang lain memperlakukan kita seperti itu karena sirik..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Hahahaha 😂. Makasih sudah datang berkunjung 😊

      Hapus
    2. kira2 kebayang gak kalo postingan saya dicopas?

      Hapus
    3. Bisa saja, karena copaser tidak memandang blog manapun yang akan dicuri artikelnya..

      Hapus
    4. waduh. jangan. jangan deh. jangan terjadi. coz saya pernah dapatkan postingan saya dicopas. jengkel lah.

      Hapus
  3. Salah satu hal yang saya liat secara langsung dari beberapa group itu, para blogger pemula jaman now maunya yang instans mulu mas bro..
    Belum ngeblog udah nanyain gimana caranya biar dapat adsense. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kata mas. Untuk itulah kadang gua komentar di grup cuma kirim stiker sijuki yang artinya gua lagi gak peduli.. 😂

      Hapus
  4. Apa yang di tuliskan itu saya sependapat Bang John, soalnya saya juga pernah ngalamin......ya saya mah legowo aja lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling sering gua alami itu adalah artikel di copy paste oleh banyak pihak. Kemudian sering juga dapat cacian entah dari siapa 😌

      Hapus
  5. Baru aja kemarin dijingling saya wkwkwkwk :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sabar bro, blog baru kadang kena jingling. Tapi ya nanti tukang jinglingnya bosan sendiri kok 😊

      Hapus
  6. Ngakak ane bang pas baca gak bisa menulis original sampe ajal menjemput wkwkwkwk, btw ane belum pernah ngalami semua itu bang dan gak pengen tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua paling kesel sama yang namanya copaser.. Kalau mau bisa menulis artikel original itu perbanyak membaca gan..

      Hapus
  7. Alhamdulillah sy sendiri tidak ada yg pernah sy lakukan. Semoga kendepan semakin konsisten menjadi blogger putih. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga tidak pernah melakukannya tapi kenapa saya yang selalu jadi korban :v

      Hapus
  8. Kalo sampai ada yang hina gw blom pernah, paling cuma blog w di jingling ama di copy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua mah sering dapat komen pedas :v.

      Dijingling yah palingan cuma dikit yakni kisaran 300-400 fake visitor..

      Kalau dicopy paste juga sering. Makanya kalau tiap posting, gambar harus ditambahkan wm biar kalau ngajuin dmca cepat di respon dan disetujui..

      Hapus
  9. Hamba visitor pake jingling hehe , Kunjungi balik mas di blog saya dan kasih jejak di komentar. Keep Support !

    BalasHapus
  10. ternyata ada juga orang yang sirik di Blogger ya, saya baru tahu istilah jingling, kalau sampai baned ya ngeri juga,,,,,,

    BalasHapus
  11. di copy sih yang parah, awalnya seneng karena blog saya yg kecil ada yang mau kopi paste. Meski nyantumin link sumber, tp bukan link aktif sih, sekadar teks bertuliskan link saya. Malah sampe sekarang masih nangkring di page one. Gara-gara ini rasa senang saya jadi hilang wkawjdwkawkwk (´・_・`)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kita sama deh. Wakti dulu awal-awal ngeblogn seneng banget kalau dapat salah satu artikel kita di ambil orang. Tapi sekarang gua malah kagak suka karena dulu dan sekarang itu dua hal yang berbeda. Dan ternyata gak baik kalau artikel kita ada yang copas.

      Hapus
  12. Jadi tahu perilaku curang yang dilakukan blogger tertentu

    BalasHapus
  13. Mantap bener penjelasannya bang ...
    Bener banget tindakan tindakan blogger yng melanggar itu,memang tidak terpuji

    BalasHapus
  14. Dulu saya pernah menjigling, sekarang malah sering :v

    BalasHapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!