bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Mulai Dari Wibu Sampai Fake, Inilah 5 Jenis Akun Penghuni Media Sosial

Kehidupan sehari hari kita di jaman milenial ini pastinya tidak akan terlepas dari yang namanya dunia internet. Ingin bepergian, tidak perlu nungguin ojek lama-lama cukup panggil mereka lewat aplikasi Grab :v. Ingin bertanya tapi orang lain juga tidak tahu, cukup tanya ke Mbah Google, Mbah akan terbuka untuk seluruh penduduk dunia selama 24 jam.

Terlebih lagi dengan kemunculan media sosial yang ada di dunia maya (internet). Untuk menikmati layanan yang diberikan oleh tiap situs media sosial, kita diwajibkan untuk memiliki akun. Beda situs beda akun, dan admin akan membahas mengenai akun yang ada di media sosial Facebook.
Kita tahu sendiri jika Facebook ini merupakan situs media sosial nomor satu di dunia, penggunanya sudah milyaran lebih tepatnya 2.1 milyar pengguna aktif bulanan dan 1.4 milyar tiap hari (data 2018, detik.com). Dan lebih mengejutkannya lagi, akun yang ada banyak diisi oleh kaum wanita.

Di Facebook, kita akan menemukan berbagai jenis akun yang bisa dilihat dari cara memposting dan memberikan komentar. Ada yang suka memposting idolanya, kehidupan sehari-harinya, sampai ada yang jualan barang atau jasa secara online. Kadang juga kita menemukan pengguna yang toxic, pansos, bacot kagak jelas, penipu, penebar SARA dan hoax serta ada juga yang bijak dan berbobot dalam berkomentar.

Tipe - Tipe Pengguna Media Sosial Yang Ada Di Dunia Maya
Belum tentu sikap yang ada di dunia nyata bisa tercermin di dunia maya. Contohnya jika orangnya pemalu di dunia nyata, tidak mungkin dia juga malu di dunia maya. Tapi kebanyakan memang sesuai dengan yang ada di dunia nyata. Seperti suka berbohong, dan menipu di dunia maya pasti orangnya yang di dunia nyata juga seperti itu.

5. Artis Dunia Maya (ADM)

Sama halnya dengan artis-artis pada umumnya mereka juga terkenal, tapi untuk yang satu ini memang terkenal karena aksinya yang unik dan menghebohkan di jagad media sosial. Karena aksinya tersebut banyak orang yang menyukai mereka, namun di samping itu mereka juga punya banyak haters, sebut saja Bowo dan Mimi Peri.

Bowo terkenal karena Tik-Tok. Yap admin di sini bukan haters atau fans dari si Bowo. Sempat juga admin menemukan komentar terpedas dari yang terpedas dari sesosok netizen yang isinya "Tuh muka kont*l kenapa kagak disensor?" Inilah salah satu haters dari Bowo.

Kemudian Mimi Peri. Sebenarnya admin jijik sama orang yang satu ini, mengapa? Jelas kalau jika terdapat video dari sosok ini pasti isinya selalu ngeBANCI. Tapi sekali lagi bersikap netral lagi karena admin lihat banyak orang yang juga terhibur karena aksinya itu. Jadi selama orang tersebut bisa bermanfaat dan berarti bagi orang lain, janganlah dibenci. Balas kejahatannya dengan kebaikanmu. ๐Ÿ‘

4. Otaku Dan Wibu (Weabo)

Otaku dan Wibu merupakan dua hal yang berbeda namun masih banyak orang yang salah pengertian termasuk admin sendiri, karena apa? Karena kebiasaan ketika melihat orang yang suka nonton anime langsung menyebut si target dengan sebutan wibu, bahkan untuk beberapa orang yang kontra memanggilnya "wibu bau bawang".

5 Karakter Wanita Di Anime Paling Kawaii Atau Cantik Bagian 2
Admin jelaskan, otaku ini semacam sebutan orang Jepang untuk seseorang yang benar-benar menekuni hobinya seperti menulis, menggambar komik dan lain sebagainya. Kemudian wibu adalah sebutan untuk orang asing (bukan orang Jepang) yang suka mengenai hal-hal yang berbau Jepang seperti budayanya, bahasa, orangnya dan anime/manga.

Ciri-ciri akun jenis ini apa saja sih. Akun wibu/otaku ini biasanya dalam timeline atau kronologi yang ada pada profilnya berisikan konten anime dan hal-hal lainnya yang berbau Jepang, baik itu foto, teks, maupun video. Jadi mudah untuk menentukan jenis akun ini. Dan ketahuilah bahwa jenis akun ini sering ditemukan di berbagai penjuru media sosial. Kebanyakan penggunanya di dunia nyata adalah nolep.

3. Akun Fake/Palsu

Siapa nih yang pernah membuat akun palsu tapi dengan menggunakan nama orang lain, ayo ngaku? Beda akun fake dengan kloningan ya. Kalau akun kloningan biasanya nama dan identitasnya sama dengan akun asli dan ada pengakuan dari sang pemilik. Akun fake ini benar-benar menutup identitas asli pemilik akun dengan menggunakan identitas orang lain sebagai tirai penutup.

Akun fake biasanya menggunakan atau memakai identitas orang-orang terkenal. Profil dari akun ini juga tidaklah jelas dan secara naluriah langsung ada rasa curiga (bagi yang sudah terbiasa aktif di media sosial). Selain itu, akun fake juga memakai nama-nama tidak jelas, lokasi yang tidak wajar dan unggahan fotonya ngawur (burik karena hasil curian).

2. Akun Hode (Homo Detected)

Admin yakin 100% pemilik asli akun hode adalah laki-laki, kalau bukan laki-laki siapa lagi ๐Ÿ˜‚. Akun ini mudah ditebak karena selalu saja ada kejanggalan, misalnya ketika komen dia bicaranya seperti laki-laki, kemudian lihat profil, foto cewek yang diunggah gonta-ganti alias tidak tetap.

Motifnya apa sih buat akun seperti itu? Banyak ya. Ada untuk tujuan mendapatkan banyak followers, teman dan like. Kemudian ingin akunnya jadi terkenal dan bahkan ada yang menggunakannya untuk tujuan penipuan. Biasanya sih akun hode chat ke kita untuk minta pulsa dan itu pernah admin alami ๐Ÿ˜‚. Untung kagak tertipu.

Alasan Kebanyakan Pria Indonesia Lebih Tertarik Kepada Cewek Jepang
Jujur, admin punya akun hode dan bahkan akunnya lebih populer dari pada akun admin yang asli. Nama akunnya susah diketik karena pakai tulisan Thailand. Agar terlihat real, temannya sebagian besar orang Thailand walaupun ada juga orang Indonesia tapi sangat sedikit. Kemudian tiap postingan rata-rata 500 tanggapan bahkan ada yang 1000. Dijual tapi kagak laku. Terpaksa dipakai saja :v.

1. Akun Asli, Biasa Atau Normal

Merupakan akun yang memiliki tingkat dipercaya paling tinggi diantara akun-akun sebelumnya. Sepenuhnya akun jenis ini adalah akun resmi dari seseorang yang berkepentingan. Pemiliknya menggunakan akun media sosial secara positif serta tidak akan berani melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dengan menggunakan akun asli.

Akun fake dan hode dibuat oleh pemilik akun asli yang mungkin saja punya kepentingan lain sehingga membuat akun lagi yang diluar identitasnya. Akun adm dan wibu kadang juga adalah akun asli yang memang pendirian identitasnya memang disitu, memang suka anime dan juga terkenal di jagad media sosial.

Dari kelima jenis akun di atas, mana jenis akun yang kamu pakai saat ini. Kalau admin sendiri pakainya akun asli saja, kadang juga yang hode sih ๐Ÿ˜‚. Lagian akun asli lebih nyaman tanpa ada tekanan dari luar.

Sampai di sini saja admin bisa menemani kalian, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.
Disclaimer: Gambar asli yang sudah dimanipulasi bersumber dari situs yang ada di bawah ini:
  • Pexels.com (thumbnail, 1, 4, 5, dan 6)
  • Facebook.com (2 dan 5)
  • Instagram.com (3)
Penjelasan nomor. Nomor gambar dihitung dari gambar pertama (setelah thumbnail tapi thumbnail tidak muncul di mode baca). Jadi nomor 1 adalah gambar pertama (gambar laptop).
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

15 komentar

  1. Tes komentar..

    https://tahupost.blogspot.com/2019/04/macam-dan-jenis-akun-yang-ada-di-media-sosial-2019.html

    BalasHapus
  2. W udah pasti akun wibu dung :v btw, w pasang pp cewek di akun blogger dan fb ku, apakah aku hode?? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting memakai karakter wanita dalam sebuah akun baik itu game ataupun akun yang lainnya itu sudah disebut HODE :v. Admin juga punya akun hode..

      Hapus
  3. Untung syvakun asli... Tp sebetulnya sy rd krg setuju ama yg pemalu itu... Sy sebetulnya aslinya rd pemalu dan sedkt intovert alias tertutup... Tp di medsos aja keliatannya ceria... Soalnya kan orangnya gak keliatan ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baguslah kalau akun asli :v

      Hapus
    2. Kadang kepribadian dunia nyata adalah kebalikan dari kepribadian dunia maya...

      Hapus
  4. Kalo ente yg mana pak admin??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akun asli lah (primary).

      Kadang juga pake yang akun hode tapi kurang enak dipakai karena kebanyakan temennya orang Thailand. Jadi gak ngerti.. ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  5. saya suka berbagai hal yang berbau jepang, tapi baru tahu kalau saya termasuk wibu... he
    mungkin bukan yang garis keras ya..
    kalau akun sosmed pakai asli..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa dikatakan termasuk kelas bawah. Untuk kelas atas biasanya seluruh tingkah laku dan penampilannya hampir mirip orang Jepang walaupun bukan orang Jepang.

      Ada juga tingkatan-tingkatan dari fans anime ini mulai dari newbie, anime lovers, otaku, otamega sampai wapanese.

      Di antara otamega dan wapanese gua kagak tahu, maklum pengetahuan gua mengenai dunia Jejepangan masih minim dan perlu ditingkatkan untuk perkembangan penulisan selanjutnya :v

      Hapus
  6. nomor 2 dan 3 itu kerjaannya orang gabut.

    BalasHapus
  7. Saya sendiri mungkin bisa dibilang masuk di nomer 4 hehe. Mau gimana lagi kalau suka anime ya jalanin aja ya kan? Toh, berteman dengan otaku juga lumayan asik. Tapi aku bukan wibu yang garis keras yah, cuman suka anime dan film live-actionnya.

    BalasHapus
  8. Kalau saya sih termasuk akun asli yang otaku gan ๐Ÿ˜ kalau ente apa gan?๐Ÿค”

    BalasHapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!