bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Kegiatan Bloger Di Dunia Maya Selain Mengelola Dan Menulis Di Blog

Oke brehh, kali ini kita akan membahas mengenai kegiatan atau aktivitas apa saja yang dilakukan oleh para bloger selain mengelola dan menulis artikel di blognya. Ini hasil pantauan admin beberapa waktu lalu di grup-grup facebook.
Di antara aktivitas tersebut ada yang bermanfaat dan bahkan justru ada yang merugikan orang lain, seperti yang admin jelaskan pada artikel sebelumnya yaitu Tindakan Tidak Terpuji Yang Dilakukan Oleh Blogger Tak Tau Malu. Dan karena artikel itulah blog admin saat itu juga kena jingling.

Mungkin saja, ada di antara kalian yang sering melakukan aktivitas tersebut jika lagi tidak ada ide untuk di tuangkan ke dalam blog. Atau mungkin hanya untuk hiburan semata demi ketenangan alam pikiran setelah menulis artikel di blog.

Berikut admin paparkan beberapa kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh bloger selain mengelola dan menulis artikel di blog saat waktu senggang di dunia maya.

1. Bertanya di grup atau forum

Kebanyakan bloger pemula saat ini lebih condong bertanya di grup dan alasan utama mereka lebih suka bertanya di grup karena rasa malas mencari informasi dan tentunya tidak tahu kata kunci permasalahan yang mereka hadapi.

Yang ditanyakan adalah mengenai dunia blog. Pertanyaan yang paling sering mereka lontarkan adalah perihal mengenai monetisasi blog dengan AdSense. Itu adalah pertanyaan yang paling populer di beberapa Grup Facebook Blogger Indonesia.

Masa admin waktu pertama kali ngeblog tidak pernah bertanya ke grup, forum atau bahkan ke orang lain. Apa yang admin lakukan? Ya seperti biasa Google adalah jalan keluar dari setiap masalah ngeblog yang ada. Kemudian jika admin penasaran bagaimana membuat tampilan blog yang menarik, admin akan view source blog target tersebut.

Ingat, beda masa beda juga pengalaman blogging dari setiap generasi. Jaman admin dulu pertama kali ngeblog, orang lebih menyukai belajar ngeblog dengan metode otodidak dibanding harus bertanya ke orang lain yang harus menunggu jawaban datang.

2. Jualan online

Yang dijual tentu adalah barang dan jasa yang ranahnya tidak jauh dari kebutuhan ngeblog para bloger. Lalu apa saja yang dijual? Banyak jenisnya, dimulai dari blog, template, domain dengan harga promo, akun adsense, hosting, GDrive unlimited dan sebagainya.

Untuk jasa mungkin tidak terlalu banyak. Contohnya jasa pembuatan blog, penulisan artikel, jasa approve adsense, dan lain-lain. Penyedia jasa ini sudah pastinya adalah orang yang sudah berpengalaman dan tentunya sudah layak disebut master 😅.

Kemudian untuk masalah keamanan dalam transaksi cukup mengecewakan. Sudah banyak yang tertipu dan ini adalah kasus penjualan domain berpromo. Jadi hati-hati jika ada orang baru dalam grup yang tiba-tiba datang jualan barang dan jasa. Mereka patut dicurigai.

Intinya jika ingin keamanan tetap terjaga hindari pembelian melalui perantara. Misalnya beli tempalte langsung saja dari pembuat templatenya seperti Mas Sugeng dan Igniel. Domain juga harus beli di NameCheap, Domainesia dan RumahWeb.

3. Menjawab pertanyaan bloger lainnya

Kebanyakan yang menjawab pertanyaan adalah bloger sudah lama menekuni dunia blogging. Tipe bloger seperti ini sering kali muncul disetiap postingan yang ada di grup tertentu.

Sudah menjadi kebiasaan mereka berbagi ilmu dengan bloger yang lain. Lah untuk apa punya ilmu kalau tidak pernah dibagikan ke yang membutuhkan? Itulah prinsip mereka, selalu ingin berbagi dengan yang lain.

Tapi kadang di kondisi tertentu mereka hanya memilih diam karena memang pertanyaan yang diajukan sering muncul di grup dan si penanya tidak berusaha mencarinya padahal ada kasus yang sama dengannya kemarin.

Tapi ya, mungkin karena capek ataukah bosan dengan pertanyaan dan masalah yang itu-itu saja (terkhusus monetisasi AdSense), mereka langsung menjawab "Cari di Google, banyak kok yang bahas". 😂😂😂

Bagi yang membaca postingan ini, misalnya blognya ditolak AdSense dan tidak tahu apa alasan penolakan, silahkan ke Pusat Bantuan Google. Pastinya kalian akan segera tahu alasan penolakannya. Kuncinya rajin membaca ☺.

4. Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan yang paling ikonik dari tahun awal admin ngeblog yakni sekitar tahun 2014-2016. Kebanyakan yang melakukan blogwalking adalah bloger yang memiliki blog artikel ori. Mengapa demikian?

Seperti yang admin lakukan saat ini adalah mengecek keaslian artikel dari blog yang akan dikunjungi. Karena jangan sampai kita mengapresiasi konten sampah yang merupakan hasil curian.

Blog download bagaimana coba? Sangat jarang owner blog download melakukan blogwalking. Karena begini, yang meninggalkan komentar kebanyakan singkat dengan hanya mengatakan ijin download, nyimak dan komentar lainnya yang hanya basa-basi.

Tujuan blogwalking apa coba? Selain menjalin hubungan pertemanan, juga bisa menambah wawasan bagi yang melakukannya dan tentunya meningkatkan sikap menghargai dengan mengapresiasi hasil karya orang lain.

Tidak semua bloger berbakat dalam blogwalking. Ciri-cirinya adalah, meninggalkan komentar berisikan link dan nama blognya, komentar "nyimak, nice info" saja tidak ada kata lain dan paling parah berkomentar tidak sesuai dengan konteks postingan 😂.

Dalam hal blogwalking, admin salut dengan beberapa bloger seperti Takashi Draylus, HENI Ajaa, abang ichal, Monstanima, Abdul Majid, Irvan Fauzi, Anak Gblog, ANEKA CARA BLOG, dan Amelia Putri Rania. Mereka adalah bloger yang dalam hal blogwalking menurut admin mantap 👍.

5. Mencari yang melakukan copas/agc pada blognya

Jarang yang melakukan kegiatan ini. Tapi ini adalah aksi wajib bagi yang mengelola blog artikel orsinil. Kecuali bagi kalian yang memiliki blog download dan artikel hasil rewrite sepertinya tidak usah.

Salah satu cara menemukan pelaku copas/agc blog kita yaitu dengan menyalin satu paragraf dari artikel yang ada dalam blog kita, kemudian mencarinya di Google. Selain itu, lakukan penelusuran gambar pada mesin pencari.

Tapi ini agak bermasalah bagi yang memakai gambar bukan hasil editannya. Karena banyak sekali nanti gambar serupa yang ditemukan. Apabila gambar yang dipakai merupakan hasil manipulasi sendiri itu akan sangat membantu.

Selama ini, admin menemukan sudah ada 30 lebih blog yang telah melakukan pelanggaran hak cipta dari blog ini. Kebanyakan adalah artikel rewrite dan copas manual. Sisanya adalah AGC. Nah yang AGC ini gampang ditemukan, karena 100% isinya sama persis.

Selain yang ada di atas, masih banyak kegiatan lainnya yang admin belum sebutkan seperti menjingling blog orang lain, nongkrong di dashboard adsense dan google analytics, belajar bahasa markah, pemrograman dan css, serta kegiatan lainnya.
Disclaimer: Gambar asli yang dipakai dalam artikel ini sepenuhnya berasal dari Pexels.com
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

8 komentar

  1. Kayaknya saya yang no 1 belajar ngeblog otodidak deh.. Paling mentok ya googling sendiri.. Mo tny " gak pede sy... Karuan googling... Yg no 4 kadang BW jg biar pun ga sering" amat... Biar tmbh temen dan wawasan.... Btw duh nama sy msk ya. 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pejuang otodidak 👍. Lanjutkan mbak ☺

      Hapus
  2. Yang jelas ane gak jualan hehe

    BalasHapus
  3. Yee, masuk tv :v yang no. 1 w gak pernah nanya karena dikacangin terus :v no. 3 saya mah gak tahu apa-apa jadi gak pernah jawab pertanyaan blogger di fb. Kan sama-sama nuub :v no. 4 mah sering banget ngelakuin :v sumber traffic utama :v kadang males juga :v soal yang bisa diajak bw dari grup wa blogger. Kalau dari fb susah gak bisa naruh link :v maaf kalau kebanyakkan masang emot pac man :v Gak tahu kenapa setiap selesai nulis kalimat satu kali langsung bikin emot pac man :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, tiap akhir kalimat atau penjelasan pasti naruh emot pacman 😅

      Hapus
  4. Btw thanks udah ngasih kesan positif ke anak gblog mantap bang jhon

    BalasHapus
Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.