bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Perihal Mengenai Iklan Matched Content Google AdSense Dan Syarat Mendapatkannya

Kemarin admin berniat untuk menambahkan iklan tipe link dari adsense ke blog ini tapi sempat kaget dan tentunya heran melihat sudah ada empat tipe iklan yang akan menjadi pilihan untuk dipasang pada unit iklan. Padahal sebelumnya cuma tiga tipe iklan saja dan kini bertambah satu yakni iklan "Konten yang sesuai" (Matched Content).
Inilah yang dinamakan nasib. Ketika kita menginginkan suatu hal dengan sangat serius, maka susah untuk mendapatkannya dan ketika cuek-cuek saja atau tidak serius serta santai menanggapinya eh malah dapat dengan mudah. Walaupun tidak semuanya seperti itu ya, tapi pasti ada yang seperti itu.

Apa itu Matched Content?

Matched content adalah semacan fitur yang menampilkan daftar konten yang sesuai dengan postingan, dengan kata lain matched content ini hampir mirip dengan Related Post. Yang membedakannya adalah matched content pemberian milik Google Adsense sedangkan related post adalah bawaan dari template yang sudah kita atur tersendiri.

Seperti pada kebanyakan bloger, mungkin hanya admin yang bodoamat terhadap iklan jenis matched content ini tapi di pasang juga sih jadi related post hahahaha. Dengan kata lain admin hanya beruntung saja mendapatkannya, mengapa demikian? Yang admin dengar dari beberapa member di grup facebook Blogger Indonesia, bahwa syarat untuk mendapatkannya sulit.
Iklan Matched Content

Ternyata sulit untuk mendapatkannya, tapi admin secara tidak segaja bisa mendapatkannya. Apa karena sering update? Tidak juga! Kalau kalian periksa blog ini, rata-rata update itu 4-5 hari sekali posting artikel. Atau karena setiap artikel minimal ada 500 kata? Iya juga sih, bisa jadi karena untuk artikel fakta yang daftar 5 itu rata-rata di atas 1300 kata.

Ini sama juga dengan monetisasi Google AdSense bulan Oktober 2018 lalu. Admin hanya coba daftar sembari melengkapi syarat kelayakan yang admin dapat dari Dukungan Google Resmi, karena menurut admin saat itu blog yang punya iklan adsense terlihat keren dan profesional. Alhasil diterima juga dan senangnya bukan main. Mulai saat itu admin pasang iklan paling banyak 3 buah saja di blog.

Lalu bagaimana dengan penghasilan admin? Cuma receh doang, 1k-2k perhari dan menurut admin itu wajar dengan penayangan rata-rata tiap hari 400 dan iklan yang dipasang cuma dua biji lagian letaknya tidak ada yang di dalam artikel. Mengapa tidak pasang iklan banyak-banyak saja supaya banyak penghasilan? Admin ngeblog menomorduakan uang, 90% fokus ke penyaluran hobi menulis saja.

Fokus dengan hobi saja terlebih dahulu, karena secara otomatis rejeki bakal datang dengan sendirinya kalau kita menekuni hobi tersebut. Lanjut ke topik, di forum admin baca kalau syarat untuk mendapatkan iklan matched content itu yang paling utama adalah visitor lebih tepatnya jumlah visitor. Visitor yang sedikit tidak mungkin mendapatkan iklan matched content itu kata mereka.

Tidak semua blog yang memiliki akun AdSense bisa mendapatkan fitur matched content ini. Hanya blog tertentu saja yang bisa memasangnya dan tentunya blog tersebut terpilih untuk menggunakan fitur tambahan AdSense ini. Dan belum ada yang memastikan bahwa syaratnya itu, ini hanya kemungkinan karena kebanyakan blog yang memasang iklan matched content telah memiliki karakterisik yang ada di bawah ini.

1. Trafik Blog

Banyak bloger pemula yang tidak bisa membedakan antara pageview dan unique visitor. Intinya satu visitor bisa menghasilkan pageview lebih dari satu alhasil jumlah pageview lebih banyak daripada unique visitor. Untuk mendapatkan iklan matched content, blog harus memiliki trafik ribuan tiap harinya.

Tapi menurut admin ini hanyalah hoaks belaka. Trafik blog ini hanya rata-rata +400 (300-500) tiap harinya dalam periode satu bulan dan secara tidak sengaja mendapatkan fitur ini. Jadi ini bisa menjadi motivasi bagi kalian yang ingin memiliki fitur matched content tapi visitor masih unyu alias sedikit.

2. Optimasi Iklan

Maksud optimasi iklan adalah bagaimana kita meletakkan iklan-iklan pada blog kita, apakah sudah sesuai dengan kebijakan Google AdSense ataukah justru melanggar. Optimasi bukanlah sekedar memasang banyak iklan justru iklan yang sedikit malah lebih bagus. Buktinya admin cuma pasang iklan dua biji saja di blog ini. Intinya pasang iklan jangan sampai berada di atas kewajaran, 5 iklan sudah lebih dari cukup.

3. Update dan Jumlah Artikel

Rutin update blog secara berkala akan terlihat hidup dan tentunya pengunjung tidak bosan dengan melihat artikel-artikel lama yang sudah diposting sebelumnya. Juga membuat artikelnya jangan asal-asal dengan hanya menulis kata tidak melebihi 450, usahakan lebih dari itu dan tentunya original. Dan kalau artikelnya sedikit, buat apa dipasangin iklan matched content?

Dari berbagai sumber situs yang admin baca beberapa bulan lalu, ada yang mengatakan minimal 400, 500, 700 bahkan 1000 artikel untuk mendapatkan fitur matched content. Dan lagi-lagi hoaks, jumlah artikel blog ini yang sudah dipublikasikan ada 80, dan dalam bentuk draft ada 16. Sungguh jauh dari kata layak.

Selain syarat di atas masih banyak ketentuan lain yang harus dipenuhi diantaranya:
  1. Blog memiliki postingan yang original serta unik tentunya.
  2. Artikel tidak melanggar ketentuan Google Adsense.
  3. Memakai template responsive, ringan dan berkualitas
  4. Blog tidak memiliki komentar negatif dan spam.
  5. Memiliki kejelasan pada pemilik blognya.

Cara Memasangnya Bagaimana?

Bisa dikatakan sangat mudah. Cukup kalian buka akun AdSense pada blog terdaftar dan pilih Iklan, lalu pilih Iklan Otomatis. Silahkan ubah setelan global dan aktifkan iklan Konten yang sesuai (Matched Content). Jangan lupa kode iklannya harus dipasang antara tag <head> dan </head> karena ini adalah iklan otomatis. Lebih lengkapnya lihat gambar di bawah.
Selain cara di atas, masih ada cara yang lebih tepat dan akan sesuai ekspektasi nantinya tapi agak susah bagi yang belum mengerti struktur template blogger. Seperti pada blog ini, admin mengganti Related Post bawaan template menjadi Matched Content dari AdSense. Caranya bagaimana? Simak di bawah ini.
Sebelumnya ke menu Unit Iklan terlebih dahulu, silahkan klik + Unit Iklan Baru. Sesuai dengan gambar di atas, pilih konten yang sesuai. Nah selanjutnya kalian adan dipersilahkan untuk mengedit tampilan dari iklan Matched Content yang akan ditampilkan nantinya. Saran admin edit sesuai template yang blog kalian pakai. Jangan lupa untuk menyimpannya lalu menyalin kode iklannya.
Setelah kalian mendapatkan kode iklannya, silahkan pasang pada tempat yang sesuai. Jangan asal pasang kode iklan karena nanti kagak nyambung. Usahakan pasangnya di bawah tobol share dan kalau perlu ganti Related Posts bawaan template blog kalian dengan iklan Matched Content agar bisa terlihat keseuaian iklan.

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan sampaikan di kolom komentar, jangan lupa follow blog ini ya. Sampai di sini admin bisa menemani kalian, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jupa.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

23 komentar

  1. Wih.. Udah dapat, semoga saya juga segera dapat

    BalasHapus
  2. Apalah dayaku. Visitor cuma 100-200 :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat lagi nulisnya gan. Lagian blog agan kan blog anime jadi mudah untuk dapat visitor dari kaum wibu :v

      Hapus
    2. Benar ugha sih :v apalagi kalau w bahas anime yakusoku no neverland :v itu visiornya paling banyak :v

      Hapus
  3. Mau daftar adsense aja pasti ditolak :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penuhi syaratnya bang. Syaratnya ada di Google Support..

      Hapus
  4. Wah selamat om bisa dapat iklan matched

    BalasHapus
  5. saya belum dapet adsense gan...email yang sebelumnya tidak bisa dihubungkan...
    saat ini saya sudah ganti email...tapi belum berani mengajukan lagi...karena postingan masih dari email sebelumnya...
    walaupun adminnya sudah ganti email yang sekarang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana ya? Gua sendiri jadi bingung ๐Ÿ˜…

      Hapus
    2. saya juga bingung, tapi tetep posting aja walaupun tanpa adsense...he

      Hapus
    3. Yang penting tetap semangat ngeblog bang. Dan suatu saat pasti blog abang bisa punya iklan adsense ๐Ÿ˜Š. Usaha abang tidak akan mengkhianati hasil..

      Hapus
  6. Keren nih dah dapet .. mantap.. btw makasih infonya.. semoga saya cepet dapat

    BalasHapus
  7. Wahhh iklan saya belum juga di acc acc huhuw :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh kesabaran gan untuk menunggu ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  8. oo itu to istilah yg isinya related post itu iklan.

    BalasHapus
  9. Konten iklan sesuai juga bisa menaikkan penghasilan walaupun nilainya kecil.

    BalasHapus
  10. Baru tahu kalau unit iklan ini namanya matched content. Pantesan saya cari di menu nggak ada hehehe. Jadi makin makin semangat buat bloggingnya. Trafik juga udah mulai nyentuh 300-400 pv perday.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ☺. Semoga menyusul dapat iklannya :v

      Hapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!