bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Teknologi Internet Dan Web


Nama:John Asto
NIM:1825041021
Jurusan    :Teknik Elektronika
Sebelumnya diucapkan terima kasih atas tugas yang diberikan kepada saya oleh Ibu Resty sebagai Dosen mata kuliah PTIK (Pengantar Teknologi Informasi Dan Komunikasi).

Yang akan dibahas dalam artikel kali ini adalah mengenai teknologi internet dan web. Kita sendiri sebagai manusia yang hidup di zaman modern saat ini tidak terlepas dari yang namanya INTERNET.

Ingin ke kampus rumah jauh dan tidak punya kendaraan, tinggal pesan Grab. Dan paling sering mungkin jika sudah agak terlambat, kirim pesan ke teman via Whatsapp untuk menanyakan apakah dosen sudah ada di dalam kelas :v.

Pertumbuhan internet dewasa ini memang telah mengalami banyak perkembangan yang sungguh menakjubkan. Internet telah menjadi jaringan terbesar dan terpenting saat ini dan telah berevolusi menjadi jalan tol informasi global.

Internet semakin meluas seiring semakin banyaknya komputer aktif, organisasi, dan bisnis yang telah bergabung. Selain itu kita juga dapat mencari berbagai informasi yang kita inginkan melalui mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Belakangan ini, kecepatan akses internet juga kian meningkat seiring bertambahnya kebutuhan. Aplikasi chat terus dikembangkan dan kemudian kita juga bisa komunikasi melalui suara dan bahkan juga bisa berkomunikasi dengan menggunakan video (suara dan gambar) layaknya saling bertatap muka.

Pemerintah Dalam Memblokir Situs Terlarang Ternyata Sia-Sia Dan Masih Bisa Diakses
Selain hal di atas, jumlah web juga mengalami pertambahan jumlah yang banyak dari waktu ke waktu. Website-webiste tersebut ada yang dibuat untuk keperluan pribadi dan ada juga untuk kebutuhan orang banyak seperti organisasi dan lembaga pemerintah. Dan untuk saat ini kita bisa mengakses milyaran website aktif yang ada di internet.

Sebelum lanjut, kita perlu mengenal konsep-konsep internet terlebih dahulu.

Konsep Internet

Menurut saya, internet adalah sekumpulan jaringan-jaringan yang ada di seluruh dunia sehingga bisa memungkinkan banyak komputer untuk saling terhubung satu sama lain.

Dengan kata lain, internet ini bisa diibaratkan sebagai sebuah wilayah atau daerah. Masing-masing komputer yang mengakses internet memiliki IP yang berbeda-beda satu sama lain. IP adalah alamat rumah, untuk mengirim pesan (pesan diibaratkan sebagai barang kiriman) kita hanya perlu menggunakan komputer sebagai kendaraan dan jaringan internet adalah jalannya.

Selain definisi yang ada di atas, ada juga definisi lain, yakni internet adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang bersisikan informasi dan juga merupakan sarana komunikasi data baik itu teks, gambar, suara maupun video.

Sejarah Internet

Sebelum internet ini ada, Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang pada tahun 1969, membuat jaringan komputer tersebar dengan maksud untuk menghindari informasi yang terpusat pada satu titik saja yang jika terjadi perang dan di hancurkan maka semua informasi atau data akan lenyap semua.

Jadi, apabila ada satu bagian dari jaringan tersebut dirusak/dinganggu oleh musuh maka informasi yang ada pada jalur jaringan tersebut akan secara otomatis dipindahkan ke jalur lainnya.

Kemudian kalangan akademis (UCLA) menggunakan internet untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Setelah itu barulah pihak pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin penggunaan internet untuk komersial.

Aplikasi Internet

Internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan berbagai macam aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan tertentu.

Inilah Cara Untuk Membuat E-mail Tanpa Menggunakan Nomor HP
Kesemua aplikasi-aplikasi tersebut berjalan di atas sebuah protokol tertentu. Istilah mengenai protokol ini mengacu pada suatu aturan yang mengatur aplikasi tersebut berkomunikasi dalam jaringan.

Sedangkan software aplikasi yang berjalan diatas sebuah protokol disebut sebagai aplikasi client. Berikut adalah berbagai macam aplikasi internet.

  1. WWW (World Wide Web). WWW atau yang disebut sebagai web adalah aplikasi internet yang paling populer. Karena saking populernya, kebanyakan orang tidak bisa membedakan antara web dan internet. Web adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, video dan lain-lain tersimpan dalam server yang dipresentasikan dalam bentuk hypertext atau hypermedia.
  2. E-Mail (Electronic Mail). Dengan e-mail, data dapat dikirim dalam bentuk elektronik ke sebuah alamat hingga sampai tujuan dalam waktu yang singkat. E-mail juga bisa dipakai untuk mengirim data berupa gambar, suara, dokumen dan lain-lain.
  3. Mailing List. Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk saling bertukar informasi atau diskusi dalam suatu kelompok melalui e-mail. Mailing list merupakan bentuk lain dari e-mail dan juga memiliki sifat yang sama juga.
  4. Internet Relay Chat (IRC). Ialah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap atau yang biasa disebut dengan chatting. Chatting dilakukan cukup dengan mengetikkan teks dan kemudian dikirim ke teman. Melalui chatting, kita bisa berkenalan dengan banyak orang yang ada dibseluruh dunia.
  5. File Transfer Protocol (FTP). Aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim dan mengambil file dari komputer yang satu ke komputer yang lain atau lebih dikenal dengan istilah unggah dan unduh. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengunggah file ke website yang kemudian bisa diakses oleh seluruh orang yang ada di dunia.

Direktori Mesin Pencari

Cara yang tersedia untuk mencari informasi di web adalah dengan mencarinya melalui mesin pencari (search engine). Saat ini ada beberapa mesin pencari yang banyak digunakan seperti Google, Yahoo, Bing, Duck Duck Go, dan Yandex. Untuk mencari informasi di mesin pencari, kita cukup memasukkan kata kunci yang relevan lalu submit.

Mesin Pencari Google.Com

Misalnya kalian ingin membuat blog, kalian bisa mengetikkan kata kunci "cara membuat blog di blogger" di kotak (textarea) yang telah disediakan oleh mesin pencari. Dengan begitu akan muncul informasi yang sesuai dengan kata kunci tadi.

Hasil pencarian di Google.Com

Oleh karenanya agar website kalian bisa ditemukan di mesin pencari maka sebelumnya website anda harus tercantum di mesin pencari. Untuk Google sendiri, mencantumkan website ke mesin pencari bisa melalui Search Console.

Mesin PencariPopularitas
Google80,82%
Yahoo6,42%
Baidu4,89%
Bing3,91%
Yandex1,7%
Ask0,52%
AOL0,3%
Tingkat Popularitas Mesin Pencari

Search Engine Optimization

Disingkat SEO dan dalam bahasa Indonesianya Optimasi Mesin Pencari adalah bagaimana halaman website yang didaftarkan bisa tercantum pada halaman mesin pencari.

Yakin, Buat Blog Itu Susah? Ternyata Kenyataannya Tidaklah Seperti Itu!
Kalangan blogger (orang yang memiliki blog) biasa menyebutnya sebagai cara atau serangkaian proses agar halaman yang disubmit di bisa tampil di mesin pencari, setidaknya bisa masuk dalam 10 besar atau halaman pertama. Dengan begitu bisa mendapatkan pengunjung yang lebih.

Smilies dan Acronyms

Saling berkomunikasi di internet merupakan bentuk interaksi interpersonal yang unik. Komunikasi umumnya dilakukan melalui teks dengan menggunakan sarana e-mail dan chatroom.

Cara berkomunikasi seperti di atas sangat rentan terhadap kesalahpahaman/salah interpretasi terhadap maksud lawan bicara. Maka dari itu, kita menyiasatinya dengan membuatkan smilies atau yang umumnya kita kenal sebagai emoticon.

Smilies merupakan sekumpulan simbol-simbol yang secara umum dipahami oleh komunitas pengguna internet untuk mencerminkan emosi yang mewakili sebuah tulisan. Berikut di bawah ini adalah bentuk-bentuk smilies yang familiar.

SmiliesArti
:)Senyum/bahagia
:(Sedih/murung/cemberut
-_-Melihat sinis
:DTertawa
:PMenjulurkan lidah

Acronyms menggunakan sarana tulisan dalam berkomunikasi yang menuntut kemampuan mengetik cukup baik. Sebagian besar orang-orang menyingkat kata-kata jika mengirim pesan kepada lawan komunikasi. Untuk itu digunakanlah singkatan-singkatan yang memiliki arti tertentu. Diantaranya adalah:

AcronymsArti
OTWOn the way (dalam perjalanan)
BTWBy the way (ngomong-ngomong)
OOTOut of topic (keluar dari topik)
PAPPost a photo (posting sebuah foto)

Remote Login

Remote login mengacu pada program atau protokol yang memungkinkan pengguna internet untuk login ke sebuah terminal dalam lingkungan jaringan internet. Dengan adanya remote login, pengguna internet dapat mengoperasilan sebuah host dari jarak jauh tanpa kontak fisik secara langsung dengan host yang bersangkutan.

Protokol yang sering digunakan untuk remote login adalah Telnet. Penggunaan remote login khususnya Telnet, sebenarnya mengandung resiko dari tangan-tangan jahil di internet.

Mereka memonitor lalu lintas data, dengan begitu mereka menerima banyak data terutama data penting dan rahasia seperti username dan password. Jika begini, sudau dipastikan mereka dengan mudahnya mengambil alih host tersebut dan paling bahaya jika mereka menggunakannya dengan salah.

Messenger

Dalam bahasa Indonesia Messenger berarti Mesias yaitu sebagai penyampai pesan atau duta. Melalui program ini, pesan yang anda kirim dalam sekejap bisa sampai ke tujuan dimana pesan anda sampaikan.

Messenger dan chatting hampir sama, tapi untuk masalah privasi, messenger jauh lebih aman dan terjamin. Selain itu, fitur yang disediakan messenger lebih banyak dibanding dengan chatting. Walaupun orang yang anda kirimi pesan sedang offline, pesan yang dikirim tetap sampai dan akan muncul ketika orang tersebut online lagi.

Aplikasi-aplikasi yang saya jelaskan diatas hanya aplikasi-aplikasi dasar saja. Selain aplikasi diatas, masih banyak lagi yang belum disebutkan. Teknologi semakin maju dan jumlah aplikasi juga kian bertambah.

Aplikasi yang bermunculan sekarang ini, masih terus dilakukan pengembangan agar menjadi lebih baik dan sempurna untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Demikianlah pembahasan mengenai Teknologi Internet Dan Web. Kurang lebihnya mohon dimaafkan. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa.

[Klaim Gambar] Gambar pertama atau thumbnail yang asli, hak cipta dipegang oleh: lyashenko [Telah di edit seperlunya oleh administrator]
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten memasak dan kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

6 komentar

  1. Keren gan artikelnya saya suka...

    Blog walking gan, www.pintuwawasan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih 😊. BTW sudah saya kunbal tadi..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Sekali lagi jika ingin share cantumkan link sumbernya. Jangan asal mengambil karya orang lain 😊.

      Dan terutama blog anda, meniru nama blog saya. Ini bisa saja jadi masalah, karena kasusnya hampir sama dengan penyamaan identitas.

      Saya sudah sampaikan di grup. Hargai karya orang lain. Menulis artikel itu tidak semudah membalikkan telapaj tangan kawan. Butuh pengorbanan waktu, materi dan pemikiran. Setidaknya cantumkan link sumbernya kalau tidak mau hapus artikelnya. Terima kasih atas perhatiannya.

      Hapus
  3. Informatif. Template blognya juga bagus.

    pingback: pak-boedi.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya. Nanti saya kunjung balik 😊

      Hapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!