bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Yakin, Buat Blog Itu Susah? Ternyata Kenyataannya Tidaklah Seperti Itu!

Kali ini admin hanya iseng-iseng saja nulis sebuah artikel. Dan sesuai dengan judulnya pasti ada orang yang langsung kontra atau tidak sependapat dengan admin 😂. Sebelum salah paham baca dulu artikel ini sampai selesai ya kawan 😊.

Admin katakan sekali lagi membuat blog itu sangatlah mudah, jadi hanya cara membuatnya yang mudah bukan mengelolanya karena mengelola sebuah blog butuh keseriusan dan itu tergantung dari pemilik sebuah blog.

Jadi sudah jelas bukan? Yang mudah itu cara membuat blognya. Untuk cara membuat sebuah blog, kalian cukup kunjungi Blogger.com dan silahkan untuk membuat blog baru dengan akun Google yang kalian miliki. Lalu tentukan nama dan judul blog yang unik. Mudah bukan?

Yang mengatakan membuat blog itu susah siapa saja sih? Mungkin orang yang masih awam berselancar di dunia maya. Tapi admin dulu masih kelas 2 SMP sudah punya blog walaupun masih ngawur kontennya 😂.

Admin pertama kali membuat blog di situs MyWapBlog. Bagi para blogger yang baru terjun tahun kemarin mungkin belum tahu tentang situs ini. Situsnya keren, walaupun orang India yang buat tapi sebagian besar penggunanya adalah orang Indonesia.

Mendaftarnya cuma butuh pemahaman yang mendalam kok. Tinggal masukkan nama pengguna, e-mail, dan kata sandi. Tetapi saat itu belum ada yang namanya verifikasi akun lewat e-mail. E-mail yang admin masukkan juga asal-asalan dan mungkin tidak ada alamat e-mail seperti itu di dunia ini 😂.
Untuk menjadi blogger di jaman sekarang ini rasanya jadi serba nyaman. Mengapa admin katakan begitu? Jaman sekarang sudah ada android, kebanyakan tampilan website mobile friendly jadi mudah di akses. Lalu bagaimana dengan jaman admin pertama kali ngeblog dulu?

Jaman admin dulu, hape Nokia S40 ukuran layar 240×320 dipaksa membuka situs-situs blog seperti blogspot dengan tampilan desktop. Loadingnya sangat berat bahkan mau scroll atas bawah harus nunggu sampai semenit 😂. Benar-benar lag dan butuh kesabaran ekstra.

Kalian tahu nggak kalau saat itu jaringan yang admin pakai masih GPRS dan kadang juga EDGE. Untuk kecepatan aksesnya tidak perlu ditanyakan lagi. Maksimal kecepatan aksesnya itu sekitar 50-75 kbps. Dan sekarang ini, jaringan bisa dikatakan memiliki kecepatan terendah 500 kbps (untuk TKP admin dengan jaringan 4G).

Untuk jaman sekarang, sepertinya tidak wajib lagi untuk tahu ngoding atau memahami bahasa markah seperti HTML. Jadi apa susahnya? Serba mudah bukan? Kita tinggal mengetik di Word. Aplikasi sejenis Word kini sudah tersedia di perangkat mobile khususnya android.

Dulu waktu jaman MyWapBlog memang sudah ada platform bloging Blogger.com tapi tidak mobile friendly dan hanya bisa membuat artikel lewat PC. Dulu browsingnya pakai UC Browser Java atau Opera Mini Java. Opera Mini bisa tapi lag, kemudian UC Browser lancar tapi tampilannya kalau buka Blogger.com ngawur tanpa tombol Entri Baru.

Seingat admin, metode penulisan artikel di MyWapBlog ada dua yakni memakai BBCode dan HTML (Advance/Lanjutan). Karena keterbatasan tag yang ada pada BBCode, maka dari itu admin beralih ke HTML yang nampaknya lebih rumit namun lengkap. Dari situlah admin membiasakan menulis artikel dengan HTML walaupun copas, maklumlah karena masih pemula 😂.
Jadi dulu itu kita ngeblog sudah menjadi keharusan untuk memahami bahasa markah HTML. Karena di halaman post artikel, tombol otomatis seperti mempertebal teks sangat terbatas. Hanya ada tombol input image, bold, italic, underline, dan anchor.

Beda dengan sekarang, di Blogger ada yang namanya Compose. Kita membuat artikel layaknya di Word. Jadi jika kalian pandai dalam mengetik di Word, ini akan menjadi nilai plus dari diri kalian. Walaupun kalian ngeblog dengan memakai hape, akan jadi terasa mudah dalam membuat artikel. Dan mode Compose ini sangat disarankan bagi kalian yang masih pemula.

Waktu ke waktu jumlah blog semakin bertambah diikuti bertambahnya juga pengguna internet. Tapi blog yang bermunculan sekarang ini kebanyakan blog download dan blog-blog yang punya konten hasil copas/AGC. Sangat disayangkan jumlah blogger yang mampu menulis artikel original sangatlah sedikit.

Bagi kalian yang baru terjun ke dunia blogging, admin punya saran nih. Jika ingin membuat blog, isi dengan apa yang sudah kalian kuasai dan minati. Atau apapun yang ada dipikiran kalian silahkan utarakan lewat blog kalian. Satu lagi, jangan pernah copas atau dengan kata lain mencuri artikel milik orang.

Jalani kegiatan blogging layaknya hobi kalian. Dan kalau bisa atau memungkinkan, kalian bisa memonetisasi blog kalian dengan iklan dari AdSense.

Sampai di sini saja artikelnya. Mungkin ada dari kalian para pembaca menganggap artikel ini unfaedah atau tidak bermanfaat. Mohon maaf jika ada yang tersinggung. Akhir kesempatan admin ucapkan terima kasih dan sampai jumpa. 😊
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

7 komentar

  1. Uch kl bwt sy mah berfaedah dunk.. Gak perlu ngoding yah.. Tp sy sk liat blog cowo yg bhs bhsa pemograman ato coding... Sumpah sy gk ngerti dan mumet liat huruf kecil" gitu 😁

    BalasHapus
  2. Menurut saya buat blog itu gampang, apalagi sekarang banyak penyedia fasilitasnya selerti blogger dan google bisa searching juga.

    Yang susah mah promosi dibidang marketing menurutku 😂 Tapi btw makasih gan. infonya sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa golongan orang yang menganggap membuat blog itu sangat susah, itu yang saya dapat dari lingkungan sekitar saya sewaktu SMA. Padahal anggapan mereka itu sepenuhnya salah, lalu bagaimana dengan yang masih SD sudah punya blog? Ada saya pernah menanyai salah satu blogger saat MyWapBlog masih ada. Katanya dia masih kelas 5 SD, nah yang bilang susah buat blog ini adalah anak SMA. What? Masakan dikalah sama anak SD 😂. Tapi ini sesuai dengan kemauan kita sendiri, tidak ada paksaan. Walaupun sebenarnya admin dulu memaksakan diri untuk bisa mempelajari bahasa markah HTML, dari rasa terpaksa ini ternyata ada manfaatnya juga dan lama kelamaan anggapan terpaksa tersebut mulai memudar..

      Masalah konten dan promosilah yang merukapan bagian tersulit dalam mengelola blog. Keaslian konten juga sangat diperhatikan jangan sampai artikelnya hasil copas :v.

      Terima kasih juga atas kesempatannya telah berkunjung di blog ini. Salam blogger..

      Hapus
  3. Dulu ngeblog di blogspot ga susah kok, era 2009-2010 blogger itu user friendly untuk HP Java. Bahkan HP Sony Ericsson kala itu sudah ditanamkan akses langsung ke blogspot untuk ngeblog. Beberapa tahun kemudian Blogger menutup akses dashboard buat pengguna HP. Sejak itulah pengguna mobile tak bisa lagi berkreasi di Blogspot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pertama kali ngeblog tahun 2014 bang 😅.

      Hapus
  4. Dan pertama kali masuk ke Blogger.Com pada Januari 2015 kalau tidak salah..

    BalasHapus
Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.