bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Cara Menghilangkan Notifikasi Pop Up Lisensi Pada Aplikasi Yang Dibuat Di Gonative


Sesuai dengan janji admin kemarin bahwa akan membagikan bagaimana cara menghilangkan notifikasi lisensi pada aplikasi yang telah dibuat di situs Gonative. Tutorial kemarin adalah cara membuat aplikasi webview di situs Gonative, dan postingan ini ada hubungannya dengan postingan yang kemarin itu.

Terlebih dahulu kita mengetahui apa itu lisensi. Lisensi ialah suatu perjanjian untuk memberikan hak milik ataupun hak istimewa kelada seseorang untuk melakukan produksi dan menggunakan sesuatu (Menurut PH Collin).

Jadi bisa kita sebut lisensi ini adalah semacam pemberian ijin dari sang pembuat kepada orang lain untuk mengelola produk yang telah dilisensikan. Nah, lisensi ada bermacam-macam jenisnya.

Aplikasi yang telah kalian buat di Gonative ternyata belum dilisensikan oleh si pemegang hak cipta/hak paten. Kalian tidak bisa mempublikasikan aplikasi tersebut apabila kalian belum mendapat lisensi dari pihak Gonative. Secara normal cara mendapat lisensi dari Gonative yaitu dengan membelinya.

Sebenarnya trik yang akan admin paparkan ini cuma menghilangkan pop up lisensinya. Supaya aplikasi yang kalian telah buat terlihat sudah dilisensikan maka dari itu pop up lisensinya dihilangkan saja. Bagaimana caranya? Simak tutorialnya di bawah ini.

Sebelum lanjut ke tutorial, kita akan mempersiapkan perlengkapannya agar pengerjaannya menjadi lancar dan tidak terganggu.

  1. Aplikasi APK Editor. Aplikasi ini berguna untuk membongkar file APK sehingga kita bisa mengganti beberapa komponen penyusun yang ada di dalamnya.
  2. Aplikasi Teks Editor. Ada banyak aplikasi teks editor. Kalian juga bisa memakai HTML Code Editor ataupun yang sejenisnya. Notepad juga bisa. Karena di sini kita akan mengedit file yang berekstensi .json
  3. File Manager. Sebenarnya aplikasi ini hanya sebagai wadah untuk mencari file .json yang sudah diekstrak dari file APK dengan menggunakan APK Editor.

Pertama, buka aplikasi APK Editor dan pilih Select an Apk File. Silahkan kalian cari dimana kalian menyimpan aplikasi yang telah kalian buat di Gonative sebelumnya.


Buka aplikasinya dan pilih Simple Edit, karena di sini kita hanya me-replace atau mengganti file .json yang telah diedit nantinya. Sudah itu akan muncul beberapa daftar file dan folder. Pilih assets sesuai dengan gambar di bawah.


Dalam folder assets, terdapat tiga (3) file. Langsung saja klik ikon save pada file appConfig.json sepertu pada gambar yang ada di bawah ini.


Silahkan simpan file tersebut pada folder yang kalian inginkan. Dan jangan lupa untuk mengingat letak direktori dimana kamu menyimpan file appConfig.json tersebut.

Saatnya kalian memanfaatkan aplikasi HTML editor di sini. Buka aplikasi HTML editornya dan cari file appConfig.json yang telah kalian simpan tadi. Akan muncul kumpulan kode dan hapus value dari publicKey dan deviceRegKey. Ingat hapus yang bagian dalam tanda petiknya saja.


Sudah itu kalian simpan hasil editannya. Nah, buka lagi aplikasi APK Editor-nya dan dengan aplikasi yang sama kalian buka folder assets lagi. Dan replace file appConfig.json yang lama ke baru dengan mengklik ikon .

Sampai di sini sudah sukses mengikuti tutorial? Oke, jika sudah maka kita boleh lanjut ke tahap berikutnya. Jika kalian berhasil mereplace, maka tombol Close berubah menjadi tombol Save. Simpan APK hasil editan kalian dengan mengklik tombol Save dan tunggu beberapa waktu hingga berrhasil tersimpan.


File APK hasil editan kalian tersimpan di Penyimpanan Internal > ApkEditor > tmp. Silahkan install aplikasinya dan lihat perubahannya. Sebelumnya muncul notifikasi lisensi maka setelah kalian edit notifikasinya sudah hilang.

Jika ada yang masih bingung, silahkan bertanya di komentar. Dan jika kalian tetap tidak bisa menghilangkannya silahkan kirim file APK-nya ke e-mail admin. Oke sampai di sini saja tutorial hari ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa.
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar