bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Beralih Profil Dari Google+ Ke Blogger Serta Cara Menampilkan Profil Di Bawah Postingan

Apa kabar semuanya. Kali ini admin akan membagikan tips atau cara bagaimana kita mengalihkan profil yang awalnya Google+ menjadi profil Blogger. Beberapa hari yang lalu, telah dikonfirmasi bahwa Google akan menutup layanannya yakni Google+ pada tanggal 2 April secara bertahap.

Sebelumnya waktu penutupan Google+ ini adalah bulan Agustus, tapi entah kenapa kemudian dipercepat ke bulan April. Ada banyak alasan mengapa ditutupnya media sosial besutan raksasa internet ini. Salah satunya ialah tidak mampu bersaing dengan media sosial lainnya.

Selain itu pasa waktu-waktu sebelumnya, terdapat bug dimana orang lain bisa mengakses data pribadi tiap akun yang ada di Google+ ini. Karena Google tidak mau data penggunanya dicuri, maka satu-satunya jalan keluar adalah menutup layanan media sosial tersebut. Cukup sudah ceritanya, kita kembali lagi ke topik.

Mungkin dari kalian ada yang tidak terima Google+ ditutup untuk khalayak umum. Bahkan ada juga yang sebagian besar mendapat pengunjung blog dari Google+. Dan yang terpenting, mayoritas profil yang digunakan oleh para blogger yang ngehost di Blogspot adalah profil dari akun Google+. Termasuk admin sendiri wkwkwkwk.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa beralih profil dari Google+ ke Blogger? Caranya sangatlah mudah. Cukup buka gadget kalian masing-masing, terus buka browser dan pada address bar browser ketik "blogger.com" (tanpa tanda petik). Sudah itu kita lanjut ke tahap yang kedua.

Pada menu sebelah kiri, klik dan masuk ke menu Setelan.
Dengan mengklik menu Setelan, maka akan muncul lagi beberapa submenu. Dari submenu tersebut, klik Setelan pengguna yang letaknya berada paling bawah dari submenu lainnya. Setelah mengklik, di sebelah kanan pilih profil Blogger. Lengkapnya lihat gambar di bawah ini.
Jika diperlukan, kalian juga bisa mengedit beberapa informasi profil Blogger yang telah disediakan. Isi profil sesuai yang diminta. Contohnya kalian ingin mengisi Film favorit. Kalian harus mengisi film apa saja yang kalian sukai, jika lebih dari satu batasi dengan tanda koma.
Sejauh ini kita sudah mengalihkan profil dari Google+ ke Blogger dan melengkapi profil Blogger. Usaha-usaha tersebut juga akan sia-sia jika profil itu tidak tampil pada blog kita, lebih tepatnya berada pada tiap artikel yang sudah dipublikasikan.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita menampilkannya pada tiap postingan yang ada. Tujuannya ialah agar pengunjung blog kita mengetahui bahwa siapa yang membuat postingan tersebut, apakah orangnya ganteng atau cantik ๐Ÿ˜‚. Jadi bagaimana cara menampilkannya? Ikuti tahap demi tahap di bawah ini.

Pada tahap awal, sama ya dengan yang tutorial sebelumnya yakni terlebih dahulu masuk ke dasbor. Jika sudah ada di dasbor, silahkan masuk ke menu Tata Letak (link masuknya ada di sebelah kiri).
Setelah Tata letak terbuka, silahkan klik ikon pensil/edit yang ada pada bagian Blog Posts. Tampilan tata letak tiap template berbeda-beda. Gambar di bawah ini adalah tampilan dari tata letak template Enside. Semua ada menu editnya, tapi tampilan saja yang beda. Untuk beberapa template biasanya di situ ada link Edit.
Nah muncul lagi tampilan baru. Kalian gulir ke bawah hingga mendapati Susun Item. Tepat di atas Tampilkan Iklan Di Antara Postingan, silahkan centang Tampilkan Profil Pengarang Di Bawah Pos. Tunggu beberapa menit hingga profil kalian muncul.
Jika masih belum tampil, berarti jelas ada masalah ๐Ÿ˜‚. Kalian dipastikan belum mengisi bagian terpenting pada profil Blogger. Bagian tersebut ialah perkenalan diri. Author box tidak akan tampil jika kalian tidak mengisinya karena itulah yang akan ditampilkan nanti sebagai deskripsi sang penulis. Lihat gambar di bawah ini.
Tampilan author box tempat profil ditampilkan itu berbeda-beda pada tiap template. Beda template beda tampilan. Bahkan ada template yang tidak memiliki author box jadi pilihlah yang mendukung author box. Kurang lebih tampilan author boxnya seperti di bawah ini.
Nah, itu sudah tutorial bagaimana beralih profil dari Google+ ke Blogger dan bagaimana pula cara menampilkan profil pada tiap postingan/artikel pada blog. Sebelumnya admin ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa. ๐Ÿ™‹
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

4 komentar

  1. Thx mas atas sharing ilmunya... Mudah"an amanah

    BalasHapus
  2. Yang saya cari-cari.. akhirnya ketemu.. makasih min sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya ada juga yang request di grup ๐Ÿ˜Š.

      Hapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!