bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS
Bookmark

5 Aplikasi Pelengkap Untuk Android Bagi Anda Yang Hobi Ngeblog

Anda seorang blogger? Jika anda adalah seorang blogger yang masih ngeblog lewat mobile, alangkah baiknya jika kita memasang beberapa aplikasi tambahan atau pelengkap pada perangkat kalian khususnya pengguna Android.

Kali ini admin akan share 5 aplikasi yang bisa mempermudah kegiatan ngeblog teman-teman 😅. Oke, beberapa aplikasi di bawah ini hanya sebagai pelengkap saja atau tambahan untuk mengelola sebuah blog. Tidak seperti browser yang benar-benar wajib kalian pasang pada perangkat masing-masing.

Aplikasi yang admin akan paparkan memiliki fungsinya masing-masing. Kalian bisa instal juga atau tidak, itu terserah pada kalian. Sesuaikan dengan kebutuhan, jika tidak perlu jangan pasang dan jika menurut kalian aplikasi tersebut penting, silahkan dipasang atau diinstal.

Di bawah ini ada beberapa aplikasi yang admin paparkan. Silahkan baca deskripsi tiap aplikasi untuk mengetahui fungsinya dan tidak lupa admin juga menyediakan link unduhnya.

1. Canva

Bagi yang punya blog artikel, menurut admin ini adalah aplikasi yang cocok sekali. Di mana aplikasi ini memungkinkan kita untuk membuat desain gambar yang keren dan jumlahnya pun sangat banyak serta bervariasi.


Di dalam aplikasi ini ada desain khusus gambar thumbnail youtube dan blog, sampul facebook dan channel youtube, banner blog, kolase foto, kiriman facebook, instagram, twitter dan sebagainya.

Kualitas hasil desainnya pun sangat memuaskan, di mana setelah mengekspor/menyimpan hasil desain ukurannya paling kecil sebesar 1 MB. Ngomong-ngomong, admin selalu memakai aplikasi ini. Thumbnail artikel ini adalah salah satu hasil desain admin dari Canva.

2. Photo Compress

Admin sebelumnya sudah post artikel mengenai cara mengompress gambar menggunakan aplikasi ini. Jika kalian sudah memasang aplikasi Canva, aplikasi ini sangat berfungsi untuk mengkerdilkan ukuran gambar yang sudah didesain pada Canva yang ukurannya cukup besar.



Ukuran gambar yang mungkin sebesar 2 MB bisa dikompres menjadi 300 KB tanpa mengurangi kualitas secafa signifikan. Untuk cara kompresi gambar yang benar, kalian bisa baca tutorialnya di sini.

3. Google AdSense

Nah, untuk aplikasi yang satu ini kayaknya hanya untuk blogger yang blognya sudah dimonetisasi oleh Google AdSense bisa memasangnya. Aplikasi ini menyediakan cara atau metode yang mudah dalam memantau penghasilan blog kita.


Aplikasi ini memberikan kita gambaran umum mengenai keterangan akun, unit iklan, saluran, situs, dan lain sebagainya. Tapi ingat, pendapatan iklan AdSense Youtube kalian tidak tersedia pada aplikasi ini. Jadi yang hanya bisa digunakan ialah AdSense dari blog.

4. Aplikasi Kode Editor

Ada banyak aplikasi pada perangkat android yang digunakan untuk mengedit kode ketika kalian mau buat artikel maupun ketika mengedit template blog. Sama halnya dengan Photo Compress, admin juga pernah memposting beberapa aplikasi editor HTML untuk perangkat android di blog ini. Bagi yang mau lebih banyak, silahkan klik link ini.


Ada beberapa perangkat mobile yang tidak bisa mengedit template secara langsung di Blogger, maka dari itu akan sangat membantu jika kalian mengunduh salah satu aplikasi kode editor yang admin telah sediakan pada artikel lain. Untuk yang masih mampu mengedit template secara langsung di Blogger, tidak usah download aplikasinya heheehe.

5. Picsay Pro

Terakhir ada aplikasi yang punya banyak fungsi. Jelas bahwa aplikasi ini berguna untuk memanipulasi gambar. Dengan aplikasi ini, kalian bisa memasang watermark, membuat kolase foto (agak rumit, saran admin pakai Canva saja kalau mau buat kolase), melingkari/menandai bagian gambar tertentu untuk artikel tutorial, dan lain sebagainya. Untuk di Play Store, aplikasi ini berbayar, tapi tenang ada kok yang gratis dan sudah versi pro.


Itulah tadi beberapa aplikasi pelengkap atau tambahan untuk para blogger agar kegiatan ngeblog semakin menyenangkan dan mudah. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa 🙋. Bye bye..
11 komentar

11 komentar

Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.
  • Ruposhi Bangla
    Ruposhi Bangla
    23 Mei, 2021 15:52
    5 complementary applications for Android for those of you who like blogging this article is very helpful and i love your article. you can also check my blog. Thanks for visit may site
    https://www.apkparking.com/picsay-pro-apk-download-free/
    Reply
  • ajay
    ajay
    29 Agustus, 2019 22:44
    Thanks for the share such awesome guide with us. i also love this one

    its really help for me.thanks for the sharing with us.

    you can also download from here download picsay pro apk
    Reply
  • Nam Marley
    Nam Marley
    06 Mei, 2019 15:19
    Kalo saya mau cukup picsay sama chrome dan text editor udah cukup:v
    Reply
  • Rio Kenzz
    Rio Kenzz
    03 Mei, 2019 22:01
    Mantap jg blog lu asw :v
    • Rio Kenzz
      John Asto
      04 Mei, 2019 10:33
      Iya kah? :v
    Reply
  • Admin
    Admin
    29 April, 2019 02:33
    Kalo masalah otak atik gambar ane lebih pilih langsung cari di situs yg no copyright bang soalnya kurang pandai edit gambar hehhe . Btw makasih sarannya mungkin bisa dicoba lain waktu
    Reply
  • Nokia Lover
    Nokia Lover
    13 Februari, 2019 13:26
    Mantul
    • Nokia Lover
      John Asto
      13 Februari, 2019 22:05
      Makasih sudah datang kawan 😁
    Reply
  • Sapto Triwibowo
    Sapto Triwibowo
    05 Februari, 2019 18:51
    Wow baru tau beberapa sih ...nice info langsung otw download ...thank you
    • Sapto Triwibowo
      John Asto
      07 Februari, 2019 02:12
      Oke kawan. Terima kasih juga atas kunjungannya 😊
    Reply