bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Mengecilkan Ukuran/Kompres Gambar Di Android Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar

Hari ini pada cuaca yang agak mendung, admin akan nemberikan sedikit tips bagi kalian yang ingin hemat kuota ataupun yang ingin hemat space pada penyimpanan hp. Biasanya foto/gambar hasil jepret maupun hasil edit biasanya memiliki ukurang yang cukup besar. Ukuran gambar tersebut tergantung dari kualitas kamera dari hp atau gambar yang diedit.

Tips dan tutorial ini cocok bagi kalian yang memang suka mengunggah gambar di media sosial ataupun bagi kalian yang menekuni dunia bloging. Khusus untuk para blogger, ukuran gambar yang besar pada halaman blog dapat mengakibatkan loading blog menjadi berat.

Dari pengalaman admin sendiri, biasanya memanipulasi gambar lewat aplikasi Canva. Hasil manipulasi gambar yang ada di Canva sangatlah jernih, namun ukuran menjadi besar dengan ukuran paling kecil berkisar 1.5 MB. Maka dari itu, dibutuhkan yang namanya aplikasi kompresi gambar.

Di luar sana ada banyak aplikasi kompresi gambar untuk android namun admin hanya merekomendasikan satu aplikasi saja heheh. Aplikasinya ialah Photo Compress. Kalian bisa download gratis di Play Store ataupun di situs penyedia aplikasi android mirip Play Store yang terpercaya seperti ApkPure.


Jika kalian sudah mengunduh aplikasinya saatnya kita lanjut ke tahap kompresi gambarnya. Cara kompres gambarnya sangatlah mudah cukup cari gambar yang ingin di kompres/dikecilkan ukurannya. Usahakan gambar yang akan dikompresi memiliki kualitas yang bagus atau tidak burik minimal ukuran 100 KB. Sekarang lihat gambar di bawah ini.
Gambar di atas adalah contoh gambar yang akan dikompresi (Admin ambil gambarnya dari akun instagram davikah.). Kita sudah lihat bahwa ukuran gambar aslinya adalah 165 KB. Sudah itu kalian buka aplikasi kompresornya (Photo Compress) di hp android kalian. Setelah kalian buka, akan muncul tampilan seperti ini.
Silahkan kalian klik Gallery dan pilih foto yang akan jadi bahan untuk dikompres tadi. Setelah kalian pilih gambarnya dan akan muncul tampilan seperti ini lagi.
Di sini ada beberapa pilihan untuk mengecilkan ukuran gambar ada yang dikompres, diresize dan dipotong/crop. Agar gambar yang dikompres tetap utuh kalian pilih Compress. Atur kompresinya menjadi 80% agar hasil kompresinya nanti tidak menjadi burik atau kualitasnya menurun pesat.
Setelah kalian klik Compress maka secara otomatis ukuran gambar akan menjadi berkurang sesuai dengan tingkat kompresi yang diatur sebelumnya.
Karena hasil kompresinya sudah ada kalian hanya tinggal menyimpan hasil kompresi tersebut. Sebelum menyimpannya, kalian akan mendapati dua opsi lagi untik menyimpan gambar. Yang satu ada Replace & Exit dan satunya lagi cuma Exit.
Untuk yang replace & exit, gambar hasil kompresi akan menggantikan gambar asli yang ada di media penyimpanan hp kalian. Untuk exit, gambar akan disimpan dengan nama yang baru dan tentunya di folder yang lain juga dan tidak menggantikan gambar yang asli.
Kita bisa lihat hasil kompresi dari aplikasi Photo Compress tidak terlihat perubahan kualitas yang terjadi pada foto tersebut, bagus bukan? Jadi buruan unduh aplikasinya dan pakai sekarang juga :v.

Oke, itu sudah tutorial dan tips mengecilkan ukuran gambar dengan menggunakan aplikasi Photo Compress di android. Dan admin ucapkan terima kasih telah mengunjungi blog ini dan sampai jumpa, semoga bisa bertemu lagi di sini. 😊
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar